Berikut Tips Memilih Tempat KKN Yang Cocok Buat Kamu

Berikut Referensi Kegiatan Asyik saat KKN, Mahasiswa Wajib Tau

Rumahteknologi.com – Memasuki semester akhir universitas, ada kegiatan yang sangat dekat dengan mahasiswa. Kegiatannya adalah kuliah kerja praktek (KKN). Kegiatan KKN adalah kegiatan dimana mahasiswa berkesempatan untuk mengabdi di daerah setempat. KKN dilaksanakan karena merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Saat melakukan KKN, Anda kebanyakan bisa bertemu teman-teman dari berbagai jurusan. Anda dan tim dapat bekerja sama untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan di area penempatan. Berikut beberapa referensi yang sebenarnya bisa Anda terapkan di KKN:

Referensi Kegiatan saat KKN

1. Mengajar peserta didik

Kegiatan pertama yang bisa kamu terapkan saat menjalani KKN adalah mengajar peserta didik. KKN seringkali menunjuk daerah atau desa penempatan yang memang perlu bantuan mahasiswa untuk mengembangkan desa. Salah satunya dalam hal pendidikan.

Di desa penempatan bisa saja terdapat sekolah yang memerlukan bantuan dalam hal tenaga kependidikan. Kamu dan rekan setimmu bisa banget membantu mengajar peserta didik di desa penempatan.

2. Sosialisasi media pembelajaran

Selain membantu mengajar, Anda juga bisa menginisiasi inovasi di bidang pendidikan dengan melakukan sosialisasi media pembelajaran. Sebagian besar siswa yang paham teknologi dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk meningkatkan kualitas.

Sosialisasi media dapat dilakukan dengan mengajak kepala sekolah dan guru untuk menonton presentasi media. Di masa pandemi, media berbasis teknologi dapat diperkenalkan untuk membantu guru selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

BACA JUGA:  bahan alam yang batangnya dimanfaatkan untuk membuat benda kerajinan adalah

3. Membantu dalam mendata peserta vaksin

Karena masih pandemi dan pemerintah sedang mendorong vaksinasi, Anda dan tim KKN bisa memimpin dalam membantu proses vaksinasi. Jika Anda tidak berafiliasi dengan pusat kesehatan masyarakat, jangan khawatir. Kami dapat membantu Anda mengumpulkan data dan pengadaan situs imunisasi.

Dengan membantu kegiatan imunisasi, Anda dapat memahami bagaimana mensosialisasikan imunisasi ke masyarakat pedesaan dan lebih memahami bagaimana proses imunisasi bekerja di daerah terpencil di kota.

4. Melakukan penghijauan

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan penghijauan hutan di Desa Baechi. Kota Anda mungkin memiliki lahan yang membutuhkan penghijauan. Anda bisa menggunakan dana KKN untuk membeli bibit tanaman untuk ditanam nantinya.

Anda dan tim dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan ini. Selain menambah pengetahuan tentang pertanian, kegiatan ini dapat menambah dan meningkatkan keakraban antara mahasiswa dan masyarakat desa.

5. Sosialisasi kesehatan masyarakat

Mengingat betapa pentingnya memiliki tubuh yang sehat di masa pandemi ini, tim KKN dapat menjadi tuan rumah sosialisasi kesehatan kepada masyarakat. Jika tim Anda memiliki latar belakang kesehatan, Anda bisa menjadi presenter untuk kegiatan ini.

Berikan contoh sosialisasi membahas makanan dan minuman bergizi, cara cuci tangan, gejala COVID-19, dan masalah kesehatan lainnya seperti stunting.

6. Mengenalkan makanan dan minuman berkhasiat

Kamu dan rekan KKN dapat juga mengenalkan makanan dan minuman berkhasiat. Kegiatan ini dapat kamu lakukan berbarengan dengan sosialisiasi tentang kesehatan masyarakat. Ambil contoh kamu mengenalkan cara membuat jamu serta gizi dan manfaat yang ada di jamu tersebut.

Dengan memperkenalkan makanan dan minuman berkhasiat, selain dapat menambah wawasan masyarakat, kamu juga dapat belajar cara berkomunikasi dan menyampaikan informasi yang baik kepada warga desa.

BACA JUGA:  contoh perilaku menjaga keharmonisan di lingkungan yaitu

7. Membantu produksi UMKM setempat

Saat melakukan kegiatan di desa penempatan, tim KKN juga dapat menemukan berbagai jenis usaha UMKM di desa tersebut. Tim Anda dapat berinisiatif membantu kegiatan UMKM.

Misalnya, desa Batch memiliki usaha kecil dan menengah yang menghasilkan kopi. Tim Pengabdian Masyarakat kami dapat membantu produksi, pengemasan, dan pemasaran kopi di berbagai daerah.

8. Sosialisasi pemasaran digital

Tim KKN dapat membawa digital marketing atau pemasaran ke dunia nyata melalui media digital. Dalam kegiatan yang sering menggunakan media digital, termasuk saat jual beli, mahasiswa saat ini dapat menggunakan ilmunya untuk memajukan desanya.

Tim Anda dapat mengundang penduduk desa untuk menjadi sukarelawan. Salah satu tim yang memiliki pengetahuan tentang digital marketing dapat menjadi presenter pada acara ini. Dengan diadakannya sosialisasi ini, kami berharap masyarakat dapat memajukan usahanya melalui digital marketing.

Penjangkauan masyarakat adalah kesempatan bagi setiap siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka untuk mengembangkan kota penempatan. Anda harus menggunakan periode KKN dengan tim Anda untuk melatih keterampilan Anda dan lebih memahami kehidupan desa. Semoga referensi kegiatan KKN dalam artikel ini bermanfaat. semoga beruntung!