Simak Pengertian Kimia Analisis, Jenis, Metode, Fungsi, dan Contohnya

Simak Pengertian Kimia Analisis, Jenis, Metode, Fungsi, dan Contohnya

RumahTeknologi.com – Penerapan studi kimia analitik dan menggunakan alat dan metode yang digunakan untuk memisahkan, mengidentifikasi dan mengukur materi. Dalam prakteknya, pemisahan, identifikasi atau kuantifikasi dapat membentuk keseluruhan analisis atau dikombinasikan dengan metode lain. Ada dua jenis kimia analitik, yaitu analisis kualitatif yang mengidentifikasi analit, sedangkan analisis kuantitatif menentukan kuantitas atau konsentrasi numerik.

Ada berbagai metode yang dapat digunakan dalam kimia analitik, antara lain analisis kualitatif, analisis gravimetri, analisis volumetrik, analisis termal, dan lain-lain. Bidang ilmu ini memiliki berbagai fungsi, salah satunya adalah untuk mengamati bagaimana sampel merespon sinyal listrik. Seiring dengan perkembangannya, penerapannya juga merambah ke berbagai bidang studi lain seperti forensik, bioanalisis, analisis klinis dan lain-lain.

Kimia Analisis

Kimia analitik telah berkembang secara dramatis selama beberapa dekade terakhir, dari ide-ide tradisional berusia berabad-abad menjadi kimia modern yang aktif. Perubahan terutama berkisar pada cara-cara baru untuk menggambarkan disiplin, tujuan dan sasarannya, gagasan yang lebih luas tentang referensi dasar nyata, definisi hasil penelitian dan kegiatan pengembangan, dan pendekatan holistik terhadap sifat analisis.

Kimia analitik dapat didefinisikan dalam empat cara sederhana sebagai:

  1. Disiplin yang bertanggung jawab atas “Analisis” (komponen keempat Kimia di samping Teori, Sintesis dan Aplikasi, yang semuanya saling terkait melalui simpul tetrahedron;
  2. Disiplin yang bertanggung jawab atas produksi yang disebut “informasi kimia” atau “informasi analitik”;
  3. Disiplin pengukuran (bio) kimia; dan
  4. Disiplin metrologi kimia, yang terkait dengan definisi sebelumnya.

Ahli kimia analitik menggunakan pengetahuan mereka tentang kimia, instrumentasi, komputer, dan statistik untuk memecahkan masalah di hampir semua bidang kimia dan untuk semua jenis industri.

Misalnya, pengukurannya digunakan untuk memastikan keamanan dan kualitas makanan, obat-obatan, dan air; untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan lingkungan dan lainnya; mendukung proses hukum; membantu dokter mendiagnosis penyakit; dan untuk menyediakan pengukuran dan dokumentasi yang penting untuk perdagangan dan perdagangan.

Ahli kimia analitik sering bekerja dalam pekerjaan yang berhubungan dengan layanan dan bekerja di industri, akademisi, dan pemerintah. Mereka melakukan penelitian laboratorium dasar; melakukan proses dan pengembangan produk; alat desain yang digunakan dalam analisis analitis; mengajar; dan saya bekerja di bidang pemasaran dan hukum. Kimia analitik dapat menjadi profesi yang menantang yang memberikan kontribusi signifikan pada banyak bidang sains.

BACA JUGA:  Tips Lolos Seleksi Tes Kesehatan untuk Daftar Magang atau Daftar Kerja

Pengertian Kimia Analisis

Kimia analitik adalah cabang kimia yang berhubungan dengan pemisahan, identifikasi dan kuantifikasi senyawa kimia. Teknik yang digunakan dalam cabang kimia ini didefinisikan sebagai prinsip kimia atau fisika yang digunakan untuk mempelajari suatu zat yang akan dianalisis (analit).

Teknik untuk mencapai hal ini dapat dikombinasikan atau masing-masing dapat dilakukan secara terpisah. Identifikasi bahan yang diteliti dilakukan dengan analisis kualitatif, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui jumlah (konsentrasi relatif atau jumlah total) zat yang ada dalam analit.

Kimia analitik memiliki dua tujuan penting. Salah satunya, yang bersifat intrinsik, adalah untuk mendapatkan kualitas metrologi setinggi mungkin (yaitu informasi analitis setepat mungkin dengan ketidakpastian seminimal mungkin).

Tujuan ekstrinsik lainnya adalah untuk memecahkan masalah analitis yang berasal dari kebutuhan informasi (bio) kimia yang ditimbulkan oleh “pelanggan” yang terlibat dalam berbagai kegiatan (kesehatan, industri pada umumnya dan pertanian, lingkungan).

Tujuan utama kimia analitik adalah untuk memperoleh sejumlah besar informasi kimia (bio) berkualitas tinggi dan tujuan utama pengurangannya adalah menggunakan lebih sedikit bahan (sampel, reagen), waktu dan sumber daya manusia dengan biaya dan risiko minimal bagi analis dan lingkungan.

Maksud dan tujuan Kimia Analitik memiliki dua wajah (dasar dan terapan); ini umumnya bertentangan dan membutuhkan harmonisasi yang memadai. Oleh karena itu, memastikan kualitas metrologi yang tinggi mungkin tidak sesuai dengan perolehan hasil yang cepat dan ekonomis.

Pada kenyataannya, memperoleh informasi kimia (bio) yang lebih banyak dan lebih baik biasanya membutuhkan lebih banyak waktu, bahan dan sumber daya manusia, serta mengambil lebih banyak risiko.

Menyeimbangkan dua tujuan dan sasaran sebelumnya memerlukan penerapan kompromi kualitas yang harus dinyatakan dengan jelas sebelum memilih dan menerapkan proses analitis tertentu.

Pengertian Kimia Analisis Menurut Para Ahli

Adapun definisi kimia analisis menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Kimia analisis adalah cabang kimia yang berhubungan dengan identifikasi senyawa dan campuran (analisis kualitatif) atau penentuan proporsi konstituen (analisis kuantitatif): teknik yang biasa digunakan adalah titrasi, presipitasi, spektroskopi, kromatografi, dan lain-lain.
  2. Study Online, Kimia analitik dalah cabang ilmu interdisipliner di mana sejumlah besar pekerja penelitian telah berkontribusi pada pengembangannya. Sebagai contoh, sebagian besar metode kromatografi ditemukan oleh ahli biokimia, atau ilmuwan biologi, sedangkan metode seperti resonansi magnetik nuklir dan spektrometri massa ditemukan oleh fisikawan.
BACA JUGA:  Berikut Contoh Program Kerja KKN Teknik Elektro

Jenis Kimia Analisis

Jenis kimia analisis bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Kualitatif

Analisis kimia kualitatif yaitu suatu rangkaian aktivitas analisis yang dilakukan untuk mengetahui keberadaan (dapat juga identifikasi) suatu ion, unsur, atau senyawa kimia lain, baik yang berupa organik maupun anorganik pada sampel yang dianalisa.

Tujuan analisis kimia kualitatif yaitu untuk bisa mengetahui keberadaan suatu unsur atau senyawa kimia, baik itu organik maupun inorganik.

  1. Kuantitatif

Analisa kimia kuantitatif yaitu rangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengetahui jumlah suatu unsur atau senyawa dalam suatu sampel yang dianalisa. Tujuan analisis kimia kuantitatif yaitu untuk bisa mengetahui jumlah suatu unsur atau senyawa dalam suatu sample.

Metode Kimia Analisis

Metode-metode yang digunakan dalam kimia analisis, meliputi:

  1. Analisa Kualitatif

Analisa kualitatif adalah metode yang dilakukan untuk menentukan ada atau tidaknya sebuah senyawa, tapi tidak massa atau juga konsentrasinya. Analisa kualitatif dilakukan tanpa menghitung jumlah.

  1. Analisa Gravimetri

Analisa gravimetrik adalah metode yang dilakukan untuk menentukan massa dari suatu analit dengan menimbang sebuah sampel sebelum dan/atau setelah mengalami beberapa kali perubahan.

  1. Analisa Volumetrik

Dalam titrasi ini, reagen ditambahkan ke larutan yang dianalisis sampai titik ekivalen tercapai. Jenis yang paling umum adalah titrasi asam-basa, yang menggunakan berbagai indikator untuk menunjukkan perubahan warna.

Ada berbagai jenis titrasi, misalnya dalam titrasi potensiometri. Jenis indikator yang digunakan berbeda untuk mencapai titik ekivalen.

  1. Kromatografi

Kromatografi adalah suatu teknik pemisahan campuran menjadi komponen-komponennya berdasarkan perbedaan sifat fisik dari masing-masing komponen. Peralatan yang digunakan dalam proses ini terdiri dari kolom yang diisi fase diam (padat atau cair).

  1. Spektrofotometri

Spektrofotometri adalah suatu metode kimia analitik yang digunakan untuk menentukan komposisi suatu sampel, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, berdasarkan interaksi antara materi dan cahaya. Peralatan yang digunakan dalam spektrofotometri disebut spektrofotometer.

  1. Thermal

Secara umum, analisis termal adalah ukuran sifat fisiko-kimia bahan sebagai fungsi suhu. Penentuan dengan metode termal dapat memberikan informasi tentang:

  1. Kesempurnaan Kristal
  2. Polimorfisma
  3. Titik lebur
  4. Sublimasi
  5. Transisi kaca
  6. Dedrasi
  7. Penguapan
  8. Pirolisis
  9. Interaksi padat-padat
  10. Kemurnian
BACA JUGA:  Contoh Essay KKN!! Menggunakan Tema Unik dan Menarik

Fungsi Kimia Analis

Kimia analisis memiliki beragam fungsi, diantaranya:

  1. Untuk menguji sampel zat.
  2. Untuk mengukur penyerapan cahaya dari substansi.
  3. Mengukur penyerapan dan bentuk emisi lain dari radiasi elektromagnetik.
  4. Untuk mengamati bagaimana sampel merespon sinyal-sinyal listrik.
  5. Untuk mengidentifikasi senyawa dengan mengukur massa (jumlah materi) dari bagian-bagian yang berbeda dari molekul.

Contoh Kajian Kimia Analis

Deskripsi kimia analitik yang lebih tepat adalah “ilmu menciptakan dan menerapkan konsep, prinsip, dan … strategi untuk mengukur karakteristik sistem kimia”. semua ahli kimia membuat pengukuran yang berarti pada sampel yang lebih kecil, sampel yang lebih kompleks, skala waktu yang lebih pendek, dan spesies yang ada pada konsentrasi yang lebih rendah.

Sepanjang sejarahnya, kimia analitik telah menyediakan banyak alat dan metode yang diperlukan untuk penelitian di bidang kimia tradisional lainnya. Kimia analitik memiliki aplikasi termasuk ilmu forensik, bioanalisis, analisis klinis, analisis lingkungan, dan analisis bahan.

Penelitian kimia analitik sebagian besar didorong oleh:

  1. Kinerja (sensitivitas, batas deteksi, selektivitas, ketahanan, rentang dinamis, rentang linier, akurasi, presisi, dan kecepatan)
  2. Biaya (pembelian, operasi, pelatihan, waktu, dan ruang)

Di antara cabang-cabang utama spektrometri atom analitik kontemporer, yang paling luas dan paling universal adalah spektrometri optik dan massa. Perkembangan terbaru dalam otomatisasi komputer dan teknologi informasi telah memperluas kimia analitik ke sejumlah bidang biologi baru.

Misalnya, mesin pengurutan DNA otomatis adalah dasar untuk menyelesaikan proyek genom manusia yang mengarah pada kelahiran genomik. Identifikasi protein dan sekuensing peptida dengan spektrometri massa telah membuka bidang proteomik baru.

Selain mengotomatiskan proses tertentu, ada upaya untuk mengotomatiskan sebagian besar pengujian lab, seperti di perusahaan seperti Emerald Cloud Lab dan Transcriptic.

Kimia analitik telah menjadi bidang yang sangat diperlukan dalam pengembangan nanoteknologi. Menggunakan alat untuk karakterisasi permukaan, mikroskop elektron, dan mikroskop probe pemindaian memberi para ilmuwan kemampuan untuk memvisualisasikan struktur atom menggunakan karakterisasi kimia.

Demikian artikel yang dapat kami berikan kepada pembaca sekalian mengenai pengertian kimia analitik menurut para ahli, jenis, metode, fungsi dan contoh kajian yang dapat dilakukan. Semoga dapat memberikan pemahaman kepada semua pembaca.

 

`