Berikut Tips Memilih Tempat KKN Yang Cocok Buat Kamu

Berikut Tips Memilih Tempat KKN Yang Cocok Buat Kamu

RumahTeknologi.com – KKN tentunya akan diadakan di lokasi yang dipilih berdasarkan banyak kriteria. Terkadang ada yang sudah ditentukan kampus, tetapi pada kesempatan langka Anda diberi kebebasan untuk menemukan lokasi KKN sendri. Karena sebagian besar lokasi KKN berada di area pedesaan, tak ada salahnya menyimak tips memilih lokasi KKN di ulasan selanjutnya.

Tips Memilih Lokasi KKN

1. Pilih Daerah Yang Infrastrukturnya Bisa Diakses

Memang harus memilih lokasi KKN di desa terpencil yang bermasalah, tapi bukan berarti harus mempersulit sendiri. Pilih kota yang masih bisa dilalui kendaraan roda dua.

2. Pilih Desa Yang Masih Butuh Banyak Perubahan

KKN merupakan kegiatan pemberdayaan desa. Rugi jika memilih desa yang sudah terlanjur maju. Jadi pilihlah desa yang masih membutuhkan banyak bantuan untuk berubah dan berkembang.

3. Dekat Dengan Pusat Kota

Anda juga dapat memilih daerah pedesaan di luar hutan, tetapi tentu saja Anda juga perlu mempertimbangkan jarak antara kota ini dan pusat kota. Pilih kota yang belum berkembang, tetapi berjarak satu atau dua jam dari pusat kota.

4. Mudah Dalam Pemenuhan Kebutuhan

Memilih kota yang dekat dengan pusat kota memudahkan untuk memenuhi kebutuhan Anda suatu hari nanti ketika Anda kehabisan bahan. Lakukan perjalanan ke pusat kota dan beli semua yang Anda butuhkan untuk kembali ke kota. Mudah, kan?

BACA JUGA:  program individu kkn pendidikan

5. Pilih Lokasi Yang Ada Tempat Nongkrong

KKN menyediakan layanan, tetapi bukan berarti Anda harus terlalu monoton. Sajikan di siang hari dan segarkan diri dengan secangkir kopi di shelter desa di malam hari.

6. Dekat Dengan Rumah

Salah satu tips memilih tempat KKN adalah sangat mainstream. Seringkali banyak mahasiswa yang memilih lokasi KKN yang dekat dengan kampung halamannya.

7. Lokasi Yang Sama Dengan Teman

Selain dekat dengan rumah, banyak anak yang memilih lokasi KKN seperti teman-temannya. Hal ini agar mereka tetap bisa saling berkunjung atau bertukar sapa selama mereka dekat.

8. Tempat Cocok Dengan Program Kerja

Cari lokasi KKN yang sesuai dengan program kerja yang dibuat kelompok. Misalnya, jika Anda ingin fokus pada pertanian, pilihlah desa yang sistem pertaniannya belum berkembang dan Anda membutuhkan bantuan.

9. Permasalahan Di Lokasi Sesuai Dengan Latar Belakang Pendidikan

Selain memilih berdasarkan program kerja Anda, sebaiknya pilih lokasi KKN yang bermasalah berdasarkan latar belakang pendidikan Anda. Misalnya, jika Anda adalah anak yang sehat, Anda ingin memilih desa yang sistem kesehatannya masih perlu dikembangkan.

10. Dekat Banyak Tempat Wisata

Terakhir, pilih lokasi yang dekat dengan tempat wisata. Sebab, selain melayani, Anda bisa mempererat tali silaturahmi dengan berlibur bersama teman-teman rombongan.

Demikian ulasan kami mengenai tips memilih tempat KKN yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga ulasannya bermanfaat!