Berikut Contoh dan Penjelasan Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak

Berikut Contoh dan Penjelasan Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak

Rumahteknologi.com – Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, energi listrik diperlukan untuk menyalakan peralatan listrik di rumah Anda. Selain energi listrik, masih banyak lagi energi yang kita gunakan, seperti energi panas, energi kimia, energi bunyi, dll.

Energi itu abstrak dan sulit dibuktikan, tetapi Anda bisa merasakan keberadaannya. Menurut hukum pertama termodinamika, energi adalah kekal dan tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat diubah (diubah) dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail contoh dalam fisika di mana energi kimia diubah menjadi gerak.

Dilansir dari buku Dunia IPA Ilmu Pengetahuan Alam Semester Kedua 3B Kelas 3 SD yang ditulis oleh Drs. H. Panut, dkk (2007: 39), energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam suatu zat kimia. Energi kimia dapat ditemukan dalam makanan seperti nasi, buah-buahan, sayuran, ikan, dan daging. Dengan makan tiga kali sehari, kita memiliki energi kimia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kita dapat mengubah energi kimia ini menjadi energi lain, seperti energi kinetik untuk berjalan, berlari, dan aktivitas lainnya.

Contoh dalam fisika dimana energi kimia diubah menjadi gerak.

Selain energi kimia makanan yang dibutuhkan tubuh, ada lima contoh dalam fisika dimana energi kimia diubah menjadi gerak.

  1. Bahan bakar bensin untuk menggerakan kendaraan. Energi kimia yang tersimpan dalam bensin akan diubah oleh mesin menjadi energi gerak kendaraan.
  2. Bahan kimia yang tersimpan dalam baterai dapat menggerakkan mainan mobil-mobilan.
  3. Bahan kimia yang tersimpan dalam mobil dapat menggerakan kendaraan mobil menuju suatu tempat. Mobil dapat mulai berjalan karena listrik yang berasal dari bahan kimia.
  4. Kembang api dapat terbang dan meledak ketika sumbu dinyalakan dengan api karena mengandung bahan-bahan kimia.
  5. Balon dapat terbang ke atas karena diisi dengan unsur kimia, yaitu gas hidrogen.
BACA JUGA:  Simak Beberapa Contoh Program Kerja Inovatif Mahasiswa KKN Saat Pandemi

Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak. Energi kimia adalah energi yang berasal dari suatu senyawa. Selain diubah menjadi energi kinetik, energi kimia juga dapat diubah menjadi berbagai jenis energi lain seperti energi panas, energi, listrik, energi suara, dan lainnya. Kami harap informasi ini bermanfaat bagi Anda!