Berikut Materi Kimia Kelas 12 Semester 1, Lengkap untuk Persiapan Belajar di Rumah
Berikut Materi Kimia Kelas 12 Semester 1, Lengkap untuk Persiapan Belajar di Rumah

Berikut Materi Kimia Kelas 12 Semester 1, Lengkap untuk Persiapan Belajar di Rumah

Rumahteknologi.com – Mengetahui materi kimia untuk kelas 12 semester 1 dapat membantu mempermudah proses pembelajaran selama di Kelas 12. Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang lebih sulit dan dapat ditemukan di Jurusan IPA. Apa itu Kimia? Oleh karena itu, kimia adalah salah satu mata pelajaran di mana Anda akan belajar tentang materi, sifat-sifatnya, strukturnya, perubahannya, dan energi yang menyertai bentuk-bentuk perubahan ini.

Kimia secara khusus dibagi menjadi beberapa disiplin ilmu seperti kimia analitik, kimia organik, kimia anorganik, dll. Kelas kimia juga secara khusus mempelajari sifat-sifat zat dalam kaitannya dengan reaksi yang mengubah satu zat menjadi zat lain.

Tentu saja, mempelajari kimia akan membantu Anda memahami kelas dengan lebih mudah. Anda perlu mengetahui pelajaran kimia, sehingga Anda akan memahaminya nanti sebelum guru mengajarkannya.

Materi Pelajaran Kimia Kelas 12 Semester 1

Di awal kelas 12, Anda akan menemukan materi dari kelas 12 Kimia semester 1. Tentu saja banyak siswa yang gugup, tetapi apakah mereka bisa melewati semester ini? Nah, di semester pertama kelas 12, ada materi yang bisa dipelajari terlebih dahulu untuk lebih memahami materi kimia.

Bab I Sifat Koligatif Larutan

Pada bab pertama kelas Kimia Semester 1 ini, Anda akan belajar tentang sifat kolegatif larutan. Sifat kolegatif dari larutan ini adalah yang hanya dipengaruhi oleh jumlah partikel zat terlarut. Semakin banyak zat terlarut, semakin besar sifat pengikatannya.

Dalam bab tentang sifat kolegatif larutan, Anda akan melihat bahwa ada beberapa sub-bab yang dapat dipelajari oleh siswa:

  • Molaritas molalitas, fraksi mol, persen massa, dan persen volume. Jadi kamu akan mempelajari tentang pengertiannya, rumus, dan contoh soalnya loh.
  • Sebab yang kedua kamu akan mempelajari sifat koligatif larutan mulai dari pengertian, contoh soal hingga penerapannya.
  • Kemudian ada diagram fasa zat yang akan mempelajari pengertian dan contoh soalnya.
BACA JUGA:  mengapa seorang mubalig di dalam bertablig harus mampu menjadi teladan

Bahan-bahan tersebut dapat diperoleh dari buku panduan belajar atau Anda dapat mencari bahan belajar langsung di Internet. Ketika guru menjelaskan sifat kolektif dari sebuah solusi, setidaknya Anda sudah memahami materinya.

Bab II Redoks dan Elektrokimia

Pada bab kedua, kita akan mempelajari redoks dan elektrokimia. Jadi, Anda belajar 1 per 1 dari redoks, yang mencakup reaksi kimia yang dapat terjadi sebagai akibat dari kombinasi reaksi reduksi dan oksidasi. Selama kelas elektrokimia, Anda akan belajar tentang sel elektrokimia, perbedaan dan persamaan antara sel volta dan elektrokimia, dan banyak lagi.

Ada beberapa sub-bab yang dapat ditemukan dalam materi Redoks dan Elektrokimia:

  • Para pelajar akan memahami penyetaraan reaksi redoks
  • Kamu akan mempelajari sel volta mulai dari pengertian, rangkaian, notasi, potensial  elektrode, dan lain sebagainya.
  • Mempelajari tentang korosi mulai dari pengertian, faktor, pencegahan, dan prosesnya.
  • Terakhir kamu akan mempelajari elektrolisis mulai dari pengertiannya susunannya, reaksi, contoh soal, dan kegunaan.

Redoks dan elektrokimia ini tidak terlalu sulit untuk dipahami. Namun, kita membutuhkan lebih banyak pembaca untuk memahami antara redoks dan elektrokimia dalam kimia semester 1 semester 12.

Bab III Kimia Unsur

Bab ketiga juga mempelajari ilmu kimia unsur atau unsur yang memiliki sifat kimia. Unsur merupakan salah satu topik yang akan dipelajari dalam kimia. Karena zat ini akan memiliki beberapa bagian kecil. Unsur kimia juga memiliki daftar yang muncul pada tabel periodik.

Ada beberapa sub-bab yang akan Anda pelajari dalam kimia unsur, antara lain:

  • Gas mulia
  • Halogen
  • Logam Alkali
  • Alkali tanah
  • Unsur periode 3

Masing masin subbab akan mempelajari tentang arti, penggunaan, reaksi, pembuatan, dan lainnya.

Mengetahui kimia kelas 12 semester 1 pasti dapat membantu Anda meningkatkan kualitas belajar Anda di rumah. Tidak perlu menunggu guru menjelaskan bab demi bab. Selama belajar di rumah, Anda bisa mulai memahami materi sedikit demi sedikit.

BACA JUGA:  proker kkn bahasa indonesia