Cara Lengkap Menghapus Virus di Ponsel Android Kamu

Cara Lengkap Menghapus Virus di Ponsel Android Kamu

Saat menggunakan ponsel Kamu, Kamu mungkin telah menyadari beberapa perilaku tidak biasa yang mungkin menyebabkan beberapa masalah serius seperti loading handphone kamu lemot, baterai cepat habis, dan lainnya.

Jika masalah ini terus muncul, maka itu adalah tkamu Serangan Malware. Malware, yang biasa disebut sebagai ‘Virus’, adalah program jahat yang dibuat oleh penjahat dunia maya untuk melakukan berbagai aktivitas buruk seperti:

  • Pencurian identitas untuk menjual identitas Kamu di web gelap.
  • Hasilkan pendapatan melalui bombardir iklan.
  • Mencuri informasi penjelajahan, detail bank, file pribadi untuk pemerasan.
  • Mengenkripsi data penting untuk ransomware.
  • Menggunakan daya komputasi perangkat Kamu untuk penambangan kripto.
  • Memata-matai perangkat kamu

Ini hanyalah fungsi malware yang paling umum; itu lebih lanjut dapat merusak perangkat dengan banyak cara lain. Malware terdiri dari beberapa jenis seperti Trojan, Spyware, Adware, Ransomware, Browser Hijacker, dan lain-lain. Virus juga merupakan jenis Malware.

Dalam panduan ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang Malware atau Virus dan mencari cara untuk menghapusnya dari ponsel Android Kamu.

Tanda-tanda serangan Virus atau Malware:

Setiap kali malware menyerang ponsel Kamu, biasanya akan muncul beberapa kelainan. Berikut adalah beberapa indikasi yang mengkonfirmasi masuknya program Malware pada perangkat Kamu:

Ponsel Kamu menjadi lamban dan hang berulang kali.

Browser dan aplikasi Kamu dibombardir dengan iklan yang tidak relevan dan tidak disengaja.

Baca juga:  5 Aplikasi Android Terbaik untuk Desainer Grafis

Kamu melihat iklan banner dan pop-up di aplikasi yang biasanya tidak menampilkan iklan seperti WhatsApp, Facebook, atau aplikasi ystem apa pun.

Baterai ponsel cepat habis dari biasanya.

Telepon dipenuhi dengan beberapa aplikasi yang Kamu tidak ingat mengunduhnya.

Kamu diarahkan ke situs web yang tidak relevan dan tidak dapat dipercaya di browser Kamu.

Penggunaan data ponsel tiba-tiba meningkat.

Pemakaian data pada handphone kamu tiba-tiba memakan resource yang besar tanpa kamu sadari, paket data pada ponsel kamu akan terkuras.

Bagaimana cara memeriksa Virus di ponsel Android Kamu?

Di bagian sebelumnya, Kamu harus mengetahui tentang indikasi yang mengonfirmasi keberadaan program Malware di perangkat Kamu. Sekarang, untuk memeriksa program pelakunya, Kamu dapat melakukan pemindaian malware menggunakan antimalware alih-alih mencari malware secara manual.

Jika kamu tidak memiliki program keamanan untuk ponsel, kamu harus segera mendapatkannya. Ada banyak aplikasi keamanan yang tersedia di playstore untuk perangkat kamu dari yang gratis hingga berbayar.

Untuk hasil terbaik, kamu harus memilih program antimalware yang paling kompatibel dengan ponsel kamu dan juga sesuai dengan anggaran Kamu.

Bagaimana cara menghapus Virus dari Ponsel Android?

Sangat penting untuk menyingkirkan malware dari ponsel Kamu sehingga tidak dapat merusak perangkat Kamu lebih lanjut. Kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk menghapus virus atau malware lain dari ponsel Kamu.

Catatan: Opsi yang dijelaskan dalam panduan ini dapat bervariasi sesuai dengan perusahaan produsen ponsel yang berbeda, jadi cari opsi serupa di ponsel Kamu.

  1. Hapus Aplikasi Berbahaya melalui Safe Mode

Safe Mode adalah lingkungan yang sempurna untuk menghapus aplikasi berbahaya dari ponsel Kamu secara permanen.

Tekan dan tahan Tombol Daya di ponsel Android Kamu.

Baca juga:  5 Alasan Lengkap Mengapa Android Lebih Baik Dibanding IOS

Sentuh ikon daya di layar yang akan mem-boot ponsel Kamu dalam Safe Mode.

Untuk memastikan bahwa Kamu berada dalam Mode Aman, perhatikan bahwa hanya aplikasi asli yang aktif, dan ikon Mode Aman ada di bagian bawah. Mode Aman

Sekarang, satu per satu mulai menghapus aplikasi yang telah kamu instal tepat sebelum kelainan dimulai pada perangkat Kamu.

Ingatlah untuk membuat daftar aplikasi yang Kamu hapus instalasinya sehingga Kamu dapat menginstalnya kembali jika aman.

Setelah setiap penghapusan aplikasi, mulai ulang ponsel Kamu dalam mode normal dan periksa apakah masalahnya tetap ada. Ulangi langkah 4 dan 5 hingga Kamu menangkap aplikasi berbahaya tersebut.

Setelah aplikasi bermasalah terdeteksi, Kamu dapat menginstal ulang aplikasi lain.

  1. Jalankan Pemindaian Antimalware

Jika Kamu tidak dapat menangkap aplikasi yang terinfeksi, dapatkan program antimalware yang ekstensif, dan lakukan pemindaian sistem lengkap. Aplikasi antimalware adalah pilihan yang jauh lebih baik karena mereka dapat dengan mudah menemukan aplikasi penyebab yang bertanggung jawab atas infeksi malware.

  1. Atur Ulang Telepon ke Pabrik

Jika bahkan setelah mencoba dua langkah di atas, malware masih menempel di perangkat Kamu, maka Kamu harus mengambil tindakan pamungkas dari Factory reset telepon.

Di ponsel Kamu, buka Pengaturan dan pilih System.System

Di bawah Pengaturan sistem, pilih Atur Ulang.

Ketuk RESET PHONE untuk menghapus semua data dari telepon.

Setel Ulang Telepon

Tips Menghindari Malware di Masa Depan

Dengan menerapkan langkah-langkah yang disediakan di bagian sebelumnya, Kamu seharusnya dapat menghapus malware dari ponsel Kamu. Namun, akan lebih baik jika Kamu selalu siap untuk serangan seperti itu dan tidak menunggu sampai itu terjadi. Berikut adalah beberapa saran untuk menghindari masalah seperti itu di masa mendatang:

  • Selalu simpan aplikasi keamanan yang kuat dan tepercaya di ponsel Kamu.
  • Pastikan perangkat dan aplikasi Kamu selalu terbarui, Aplikasi yang tidak diupdate memiliki potensi untuk diserang virus.
  • Selalu ikuti praktik penelusuran yang sehat saat di internet.
  • Jangan pernah mengklik tautan yang mencurigakan atau mencari iklan pop-up yang menarik.
  • Hindari membuka lampiran email dari sumber yang tidak dikenal.
  • Hindari menghubungkan ke WiFi yang tidak aman. Jika diperlukan gunakan VPN
  • Instal aplikasi dari sumber tepercaya seperti Google Play Store.
Baca juga:  11 Tips untuk Meningkatkan Daya Tahan Baterai Handphone Android Anda

Jadi, ini semua tentang malware dan cara menghapusnya dari perangkat Android Anda. Perlu diingat bahwa untuk melepaskan aplikasi atau file yang terinfeksi, penjahat dunia maya selalu mencari sumber di mana ada banyak pengguna sehingga keuntungan dari kerusakan maksimal. Karena Android adalah OS open-source dengan basis pengguna yang luas, tidak ada platform yang lebih baik untuk diincar penjahat dunia maya. Jadi, selalu waspada dan ikuti langkah-langkah diatas dalam menghindari virus.