Kelebihan dan Kekurangan CV ATS dan CV Kreatif untuk Mendaftar Magang

Kelebihan dan Kekurangan CV ATS dan CV Kreatif untuk Mendaftar Magang

Rumahteknologi.comDalam mencari magang, penyusunan Curriculum Vitae (CV) merupakan langkah awal yang krusial. Saat ini, terdapat dua jenis CV yang populer, yaitu CV yang dioptimalkan untuk sistem pelacakan aplikasi (ATS – Applicant Tracking System) dan CV kreatif. Dalam artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis CV untuk membantu mahasiswa memutuskan pendekatan terbaik saat mendaftar magang.

Kelebihan CV ATS

  1. Diterima oleh Sistem Pelacakan Aplikasi

CV ATS dirancang untuk melewati filter sistem pelacakan aplikasi yang digunakan oleh banyak perusahaan. Dengan begitu, CV Anda memiliki peluang lebih besar untuk dilihat oleh perekrut manusia.

  1. Format yang Terstruktur dan Konsisten

CV ATS menggunakan format yang terstruktur, membuatnya mudah untuk diproses oleh program komputer. Struktur yang konsisten memudahkan perekrut untuk mengevaluasi informasi dengan cepat.

  1. Pengoptimalan Kata Kunci

CV ATS memungkinkan penggunaan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang diminati. Hal ini membantu CV Anda muncul ketika perekrut melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

  1. Memfasilitasi Proses Seleksi Awal

Sistem pelacakan aplikasi dapat menyaring kandidat berdasarkan kriteria tertentu, memudahkan perusahaan dalam melakukan seleksi awal. Ini memungkinkan perekrut untuk fokus pada kandidat-kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kekurangan CV ATS

  1. Kurang Kreativitas dalam Desain

CV ATS umumnya memiliki desain yang sederhana dan terbatas. Ini dapat membuat CV terlihat monoton dan kurang menonjol dibandingkan dengan CV kreatif.

  1. Keterbatasan Ekspresi Pribadi

CV ATS lebih bersifat formal dan terfokus pada data-data konkret. Ini dapat mengurangi kesempatan untuk mengekspresikan kepribadian dan minat pribadi dengan mendalam.

  1. Kesulitan dalam Menyoroti Pengalaman Non-Tradisional
BACA JUGA:  bentang alam benua asia

Jika Anda memiliki pengalaman non-tradisional atau pencapaian di luar bidang formal, CV ATS mungkin kurang efektif dalam menyorot hal-hal tersebut.

Kelebihan CV Kreatif

  1. Tampil Beda dan Memikat Perhatian

CV kreatif memberikan Anda kebebasan untuk mengekspresikan diri dan menonjol. Desain yang kreatif dapat memikat perhatian perekrut dan membuat CV Anda lebih mudah diingat.

  1. Menyoroti Kreativitas dan Kemampuan Desain

Bagi mereka yang melamar pekerjaan di bidang kreatif atau desain, CV kreatif adalah cara yang efektif untuk menunjukkan kemampuan desain dan kreativitas Anda.

  1. Menonjolkan Pengalaman Non-Tradisional

Jika Anda memiliki pengalaman atau pencapaian yang tidak biasa, CV kreatif memungkinkan Anda menyorotnya dengan cara yang menarik dan berbeda.

Kekurangan CV Kreatif

  1. Tidak Kompatibel dengan ATS

Sebagian besar CV kreatif sulit diintegrasikan dengan sistem ATS. Hal ini dapat menyulitkan CV Anda untuk melewati filter otomatis yang digunakan oleh perusahaan.

  1. Potensi Kesulitan dalam Membaca Informasi

Desain yang terlalu rumit atau tidak terorganisir dengan baik dapat membuat perekrut kesulitan untuk menemukan informasi kunci. Hal ini dapat merugikan pemahaman mereka terhadap pengalaman dan kualifikasi Anda.

  1. Tidak Sesuai untuk Semua Industri atau Peran

CV kreatif mungkin kurang sesuai untuk industri atau peran tertentu yang memerlukan pendekatan formal dan konservatif.

Memilih Antara CV ATS dan CV Kreatif untuk Magang

  1. Pahami Kebutuhan Posisi yang Dilamar

Pertimbangkan jenis magang yang Anda lamar dan kebutuhan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin lebih memilih CV formal yang dapat dengan mudah diolah oleh ATS, sementara yang lain mungkin menghargai kreativitas dalam CV.

  1. Perhatikan Instruksi Perekrut

Jika perusahaan menentukan preferensi terkait format CV, sangat penting untuk mengikuti instruksi tersebut. Hal ini menunjukkan kemampuan Anda untuk mengikuti petunjuk, suatu keterampilan yang dihargai oleh perekrut.

  1. Berdasarkan Bidang Pekerjaan
BACA JUGA:  Manfaat dan Tujuan Magang Mahasiswa, Meningkatkan Keterampilan dan Persiapan Karir

Pertimbangkan bidang pekerjaan yang Anda incar. Jika Anda melamar pekerjaan di industri kreatif, CV kreatif mungkin lebih sesuai. Namun, untuk industri yang lebih formal seperti hukum atau keuangan, CV ATS dapat lebih efektif.

  1. Buat Versi ATS-Friendly dan Kreatif

Jika mungkin, buatlah versi CV yang dapat diterima oleh ATS dan versi kreatif untuk disajikan secara langsung kepada perekrut manusia. Ini memberikan Anda keuntungan ganda.

  1. Konsistensi dengan Branding Pribadi

Pastikan bahwa pilihan antara CV ATS dan kreatif sesuai dengan citra dan branding pribadi Anda. Pilih format yang dapat mencerminkan kepribadian dan keahlian Anda secara konsisten.

Memilih antara CV ATS dan CV kreatif untuk mendaftar magang melibatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan perusahaan dan ekspektasi perekrut. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan keputusan akhir harus didasarkan pada konteks spesifik dan bidang pekerjaan yang Anda tuju. Dalam semua hal, penting untuk memastikan bahwa CV Anda mencerminkan kemampuan dan kepribadian Anda dengan baik sambil memenuhi standar industri dan perusahaan yang Anda lamar.***

`