Strategi Pintar Menuju Sukses: Membongkar Rahasia Lolos Magang Merdeka MSIB bagi Mahasiswa

Strategi Pintar Menuju Sukses: Membongkar Rahasia Lolos Magang Merdeka MSIB bagi Mahasiswa

Rumahteknologi.comDi era pendidikan tinggi yang semakin kompetitif, tekanan untuk mendapatkan pengalaman magang sejak mahasiswa masih berkuliah semakin terasa. Isu-isu tentang kesulitan lulusan mendapatkan pekerjaan, ketidaksesuaian antara ilmu kuliah dan kebutuhan industri, hingga perubahan dinamika sektor industri di Indonesia, semuanya mendorong mahasiswa untuk mencari pengalaman magang sebagai bagian integral dari perkuliahan mereka.

Program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi salah satu pemain utama dalam memberikan alternatif pengalaman magang melalui program MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Program ini didanai oleh perusahaan mitra dan LPDP, dan selain MSIB, terdapat juga program Magang MAGENTA (untuk BUMN), Magang FHCI (untuk BUMN yang belum menerapkan MAGENTA), dan Magang Bakti BCA, semuanya menawarkan pengalaman dan keuntungan yang menarik.

Namun, mencari magang bukanlah tugas yang mudah. Dalam setiap angkatan MSIB, misalnya, hanya sekitar 20% dari puluhan ribu pendaftar yang diterima. Persaingan sangat ketat, dan beberapa posisi bahkan diperlombakan oleh ratusan pendaftar sekaligus. Untuk itu, dibutuhkan strategi yang cerdas untuk memastikan kamu dapat meraih posisi magang impianmu.

MULAI SEJAK DINI

Sejak awal perkuliahan, tanamkan niat dan persiapkan diri untuk membangun karier. Meskipun belum saatnya mendaftar magang, persiapkan diri dengan meraih IPK tinggi, bergabung dalam kepanitiaan atau organisasi, dan membangun jaringan dengan teman sebaya. Semester awal adalah kesempatan emas untuk meraih nilai tinggi, yang akan membantu meningkatkan secara kumulatif IPK-mu.

BERJEJARING

Bangunlah jaringan dengan mahasiswa sebaya, dosen, dan profesional di bidang yang kamu minati. Gunakan media sosial seperti LinkedIn, Instagram, atau TikTok untuk terhubung dengan mereka. Respon pada unggahan dan konten mereka, dan kembangkan koneksi yang alami. Keikutsertaan dalam acara-acara industri juga dapat menjadi peluang emas untuk berkenalan dengan para ahli dan pembuat kebijakan.

BACA JUGA:  Manfaat Magang di Perusahaan Manufaktur atau Industri

CV YANG SESUAI STANDAR INDUSTRI

Buat CV yang sesuai standar industri, gunakan guideline yang terpercaya. Rekomendasi termasuk menggunakan layanan seperti Kinobi untuk membuat CV yang menarik. Namun, pahami juga bahwa setiap industri mungkin memiliki preferensi tersendiri terkait format CV. Selalu cek apakah industri yang kamu tuju lebih menghargai CV kreatif atau CV yang sesuai dengan ATS.

TEKNIK TEBAR JALA

Walaupun mungkin kamu memiliki perusahaan impian untuk magang, luangkan waktu untuk melamar di berbagai tempat. Pengalaman magang di manapun tetap berharga dan dapat menjadi pembeda antara kamu dengan kandidat lain. Jangan terpaku pada satu opsi, luaskan peluang dengan melamar di berbagai perusahaan.

AMBIL SERTIFIKASI

Khususnya untuk jurusan sosial humaniora, memiliki sertifikasi dapat memperkuat profilmu. Pilih sertifikasi yang diakui industri dan memiliki kualitas. Sertifikasi teknis dari penyedia terkemuka seperti Microsoft, Meta, dan Google dapat menjadi nilai tambah yang signifikan. Selain itu, ikuti juga Sertifikasi dari Studi Independen yang disediakan oleh program MSIB untuk mendapatkan pengakuan yang berkualitas.

Semua strategi ini dapat menjadi kunci kesuksesan dalam mendapatkan magang, dan tentu saja, teruslah belajar dan melakukan riset untuk menemukan sumber daya terbaik. Semoga dengan strategi yang tepat, kamu dapat menjadi mahasiswa yang sukses dalam mendapatkan pengalaman magang dan siap bersaing di dunia kerja!***