Memperbaiki Suara Speaker HP yang Pecah: Penyebab dan Solusinya
Memperbaiki Suara Speaker HP yang Pecah: Penyebab dan Solusinya

Memperbaiki Suara Speaker HP yang Pecah: Penyebab dan Solusinya

Rumahteknologi.com – Ingin memperbaiki suara speaker HP yang pecah atau tidak bersuara sama sekali? Simak artikel ini untuk mengetahui penyebab dan solusinya. Dari periksa setelan volume hingga membersihkan kotoran di speaker, baca artikel ini untuk memperbaiki speaker HP Anda.

 

Speaker pecah pada HP bisa membuat suara menjadi bising dan tidak enak didengar ketika memutar musik, video, atau bermain game. Namun, sebelum Anda membawa HP ke tukang servis, sebaiknya Anda mengetahui penyebab dan solusi perbaikan speaker HP tersebut. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab dan cara memperbaiki speaker HP yang suaranya pecah atau bahkan tidak bersuara sama sekali. Dari periksa setelan volume hingga membersihkan kotoran di speaker, simak artikel ini untuk memperbaiki speaker HP Anda sendiri.

 

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara memperbaiki speaker HP yang suaranya pecah atau bahkan tidak bersuara sama sekali:

 

Periksa Setelan Volume

Sebelum Anda menganggap speaker HP rusak karena kerusakan komponen, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu setelan volume. Pada beberapa tipe smartphone android, setiap pengaturan volume memiliki perbedaan antara nada dering, suara media, dan notifikasi. Pastikan pengaturan media tidak dalam kondisi silent atau diam. Geser slider ke posisi maksimal, lalu coba putar musik atau video. Pastikan juga aplikasi seperti video, game, dan pemutar musik pada settingannya tidak dalam posisi ‘Mute’.

 

Speaker Kemasukan Debu

Terlalu banyak debu yang masuk dan menempel pada speaker HP dapat mempengaruhi kualitas suara outputnya. Bahkan banyak pasir lembut yang berubah warna menjadi hitam menempel di membran speaker dan tidak mudah lepas karena tertarik magnet. Meskipun hampir semua smartphone menyertakan pelindung seperti jaring halus di bagian speaker, namun ponsel yang sering terpapar debu akan semakin lama semakin banyak menempel. Cara untuk menghilangkan debu adalah dengan membuka casing belakang dan membersihkan speaker dengan kuas lembut atau tiup-tiup sampai kotoran terangkat.

BACA JUGA:  Cara Membersihkan Silikon HP yang Menguning Tanpa Ribet

 

Membran Speaker Sobek

Kerusakan pada speaker HP yang sering terjadi adalah suara yang pecah atau kemresek. Penyebab utamanya adalah sobeknya membran depan pada speaker. Hal ini bisa terjadi karena ponsel sering terjatuh atau dibersihkan dengan benda tajam seperti jarum. Selain itu, sering memainkan game atau musik dengan suara maksimal juga dapat membuat membran buzzer menjadi sobek. Untuk memperbaikinya, perlu mengganti speaker yang rusak dengan yang baru.

 

Jalur Komponen Putus atau Longgar

Kerusakan pada jalur komponen atau kabel yang putus atau longgar juga dapat menyebabkan suara pecah pada speaker. Seringnya HP terbentur atau terjatuh bisa membuat jalur penghubung antara lempengan pin plus minus tidak menempel dengan sempurna pada PCB. Untuk memperbaikinya, perlu membuka casing dan mengecek apakah ada jalur putus atau soket yang longgar.

 

Kutub di Lilitan Coil Terlepas atau Longgar

Kerusakan pada lilitan coil yang longgar juga dapat menyebabkan suara pecah pada speaker. Hal ini disebabkan oleh solderan timah di coil lilitan yang longgar sehingga arus listrik tidak bisa maksimal mengalir. Untuk memperbaikinya, perlu membuka penutup atau rumahspeaker dan memeriksa dengan menggunakan multitester. Jika terlihat timah solderan yang longgar, perlu direkatkan ulang.

 

Kebanyakan kasus speaker smartphone pecah atau ‘nggember’, baik itu android atau iPhone, disebabkan kerusakan pada bagian coil dan membrannya. Oleh karena itu, penyelesaiannya kebanyakan harus mengganti dengan yang baru. Meskipun melepas speaker di HP cukup mudah, tidak semua pengguna ponsel berani melakukannya. Lebih baik serahkan ke tukang servis terdekat, atau jika ponsel masih bergaransi, bawa ke service center resmi dan pastikan sparepart yang digunakan adalah asli. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

BACA JUGA:  Sony WF-C500, Earbud Nirkabel Terjangkau dengan Desain Kekinian
`