Cara Menggunakan Aux Pada Speaker Bluetooth

Rumahteknologi.com – Penggunaan speaker Bluetooth semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Speaker Bluetooth memberikan kenyamanan dan portabilitas yang tidak dimiliki oleh speaker tradisional. Salah satu fitur yang biasanya dimiliki oleh speaker Bluetooth adalah port AUX. Fitur inilah yang akan kita bahas pada artikel ini.

AUX (Auxiliary) adalah sebuah jack audio 3.5mm yang biasanya digunakan sebagai input pada speaker Bluetooth. Jack ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat audio lainnya seperti smartphone, laptop, atau MP3 player ke speaker Bluetooth. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan AUX pada speaker Bluetooth.

Persiapan sebelum menggunakan AUX pada speaker Bluetooth

Sebelum menggunakan AUX pada speaker Bluetooth, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Pastikan Speaker Bluetooth Anda memiliki port AUX

Sebelum memulai, pastikan speaker Bluetooth Anda memiliki port AUX. Port AUX biasanya berupa jack audio 3.5mm yang terletak di belakang atau di samping speaker. Jika speaker Bluetooth Anda tidak memiliki port AUX, artikel ini tidak berlaku untuk Anda.

2. Siapkan Kabel AUX

Kabel AUX adalah kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat audio lainnya ke speaker Bluetooth. Kabel ini memiliki jack audio 3.5mm di kedua ujungnya. Pastikan kabel AUX yang Anda gunakan berfungsi dengan baik dan tidak rusak.

3. Pastikan Perangkat Audio Anda Mengeluarkan Suara

Pastikan perangkat audio yang akan Anda hubungkan ke speaker Bluetooth melalui port AUX dapat mengeluarkan suara. Jika tidak, Anda tidak akan mendengar suara dari speaker Bluetooth.

BACA JUGA:  JBL Quantum 910X/P, Menggebrak Dunia Gaming dengan Fitur Premium

Cara Menggunakan AUX pada Speaker Bluetooth

Setelah persiapan selesai dilakukan, Anda dapat mulai menghubungkan perangkat audio ke speaker Bluetooth melalui port AUX menggunakan kabel AUX. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan AUX pada speaker Bluetooth:

1. Colokkan Kabel AUX ke Perangkat Audio

Colokkan jack audio 3.5mm yang ada di salah satu ujung kabel AUX ke port audio pada perangkat audio yang ingin Anda hubungkan ke speaker Bluetooth. Port audio biasanya terletak di atas atau di samping perangkat audio.

2. Colokkan Kabel AUX ke Speaker Bluetooth

Colokkan jack audio 3.5mm yang ada di ujung kabel AUX yang lain ke port AUX pada speaker Bluetooth. Port AUX biasanyaterletak di belakang atau di samping speaker Bluetooth.

3. Nyalakan Speaker Bluetooth

Pastikan speaker Bluetooth Anda dalam keadaan hidup dan terhubung dengan perangkat audio yang sesuai dengan prosedur yang biasa Anda lakukan. Pastikan juga volume speaker Bluetooth tidak terlalu tinggi.

4. Atur Perangkat Audio

Pastikan perangkat audio yang Anda hubungkan ke speaker Bluetooth melalui port AUX telah diatur dengan benar. Pastikan volume perangkat audio yang Anda hubungkan tidak terlalu tinggi. Jangan lupa untuk memeriksa apakah perangkat audio yang Anda hubungkan sudah terhubung dengan speaker Bluetooth melalui port AUX.

5. Putar Musik

Setelah semuanya diatur dengan benar, putar musik dari perangkat audio yang telah Anda hubungkan ke speaker Bluetooth. Anda sekarang dapat menikmati suara yang dihasilkan dari speaker Bluetooth melalui port AUX.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AUX pada Speaker Bluetooth

Penggunaan AUX pada speaker Bluetooth memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan AUX pada speaker Bluetooth:

BACA JUGA:  Sony LinkBuds S, TWS Terbaru dengan Desain yang Memikat dan Fitur Canggih!

Kelebihan Menggunakan AUX pada Speaker Bluetooth

  1. Kualitas suara yang lebih baik: Penggunaan kabel AUX dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih baik daripada penggunaan Bluetooth.
  2. Kestabilan koneksi: Koneksi melalui kabel AUX lebih stabil daripada koneksi melalui Bluetooth. Hal ini dapat menghindari masalah buffering atau lag pada suara.
  3. Tidak memakan banyak daya baterai: Penggunaan kabel AUX tidak memakan banyak daya baterai pada perangkat audio maupun speaker Bluetooth.

Kekurangan Menggunakan AUX pada Speaker Bluetooth

  1. Keterbatasan jarak: Penggunaan kabel AUX membatasi jarak antara perangkat audio dan speaker Bluetooth. Jarak yang terlalu jauh dapat membuat kabel tidak terjangkau.
  2. Kebebasan gerakan terbatas: Kabel AUX dapat mengurangi kebebasan gerakan karena perangkat audio harus terhubung dengan speaker melalui kabel.
  3. Kebutuhan kabel tambahan: Penggunaan kabel AUX membutuhkan kabel tambahan, sehingga dapat menambah biaya dan kebingungan dalam pengaturan kabel.

Penggunaan AUX pada speakerBluetooth dapat memberikan kualitas suara yang lebih baik dan koneksi yang lebih stabil daripada penggunaan Bluetooth. Namun, penggunaan kabel AUX juga memiliki kekurangan seperti keterbatasan jarak dan kebebasan gerakan terbatas.

Dalam penggunaannya, pastikan speaker Bluetooth Anda memiliki port AUX, siapkan kabel AUX yang berfungsi dengan baik, dan pastikan perangkat audio yang Anda hubungkan ke speaker Bluetooth melalui port AUX dapat mengeluarkan suara. Setelah itu, colokkan kabel AUX ke perangkat audio dan ke speaker Bluetooth, nyalakan speaker Bluetooth, atur perangkat audio dan putar musik.

Sekali lagi, penggunaan AUX pada speaker Bluetooth dapat memberikan kualitas suara yang lebih baik dan koneksi yang lebih stabil daripada penggunaan Bluetooth. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan kekurangan penggunaan kabel AUX sebelum Anda memutuskan untuk menghubungkan perangkat audio ke speaker Bluetooth melalui port AUX.***

BACA JUGA:  Spesifikasi Speaker Aktif dbE SP77 Murah Berkualitas, Harga Dibawah 500 Ribu
`