Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Iphone dan Android
Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Iphone dan Android

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Iphone dan Android

Rumahteknologi.com – Jika kamu sering menggunakan smartphone, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan masalah air yang masuk ke dalam speaker. Masalah ini bisa terjadi ketika HP terkena hujan, tercebur ke dalam air, atau bahkan terkena cipratan minuman yang kamu konsumsi. Ketika speaker terkena air, suara yang dihasilkan menjadi kurang jernih dan bahkan bisa mati total. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara mengeluarkan air dari speaker HP yang tepat agar suara kembali normal.

Berikut ini adalah beberapa cara mengeluarkan air dari speaker smartphone sesuai tipe HP yang kamu gunakan.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP iPhone

Sebagian besar tipe HP iPhone telah dilengkapi dengan teknologi anti air yang mampu menahan kedalaman air hingga 1 meter selama 30 menit. Namun, jika HP iPhone kamu tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Menggoyang-goyangkan HP

Cara paling sederhana untuk mengeluarkan air dari HP iPhone adalah dengan menggoyangkannya. Kamu bisa menggoyangkan HP dengan lembut agar air yang masuk ke dalam speaker keluar.

  1. Menjemur HP

Selain menggoyangkannya, kamu juga bisa menjemur HP iPhone di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Hal ini bisa membantu mengeringkan air yang masuk ke dalam speaker.

  1. Merendam dalam wadah beras

Cara lain yang bisa kamu coba adalah merendam HP iPhone dalam wadah berisi beras. Beras bisa menyerap kelembapan yang ada di dalam HP sehingga air yang masuk ke dalam speaker bisa keluar.

  1. Menggunakan aplikasi Shortcut Water Eject atau Sonic
BACA JUGA:  Nikmati Musik Tanpa Batas dengan Headphone JOYSEUS B3 HIFI Stereo Bluetooth

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti Shortcut Water Eject atau Sonic untuk mengeluarkan air dari speaker HP iPhone. Aplikasi ini mampu mengeluarkan gelombang suara yang akan mendorong air keluar dari lubang speaker.

  1. Menggunakan situs FixMySpeaker

Situs FixMySpeaker juga bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam speaker HP iPhone. Kamu hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan menekan tombol yang berbentuk gambar hempasan angin beserta air. Secara otomatis situs tersebut akan mengeluarkan suara yang mendorong air keluar dari speaker.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP  Android

Sebagian besar tipe HP ANDROID menggunakan tipe baterai tanam sehingga cara mengeluarkan air dari speaker smartphone Android A3S maupun jenis lainnya tidak bisa dilakukan sembarang. Jika HP ANDROID kamu terkena atau tercebur ke dalam air, segera lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan HP

Segera matikan HP Android kamu agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

  1. Lepaskan casing, sim card, dan memory card

Lepaskan semua aksesori pada HP Android kamu seperti casing, sim card, dan memory card. Hal ini akan memudahkan proses pengeringan.

  1. Kibaskan HP untuk mengeluarkan air yang tersisa di dalam speaker

Goncangkan HP Android kamu secara perlahan agar air yang tersisa di dalam speaker keluar.

  1. Keringkan HP dengan lap untuk menyerap air

Keringkan HP Android kamu dengan lap untuk menyerap air yang masih tersisa.

  1. Rendam dalam wadah besar

Rendam HP Android kamu dalam wadah besar yang berisi beras atau silica gel. Hal ini akan membantu menyerap kelembapan yang ada di dalam HP.

  1. Cek speaker menggunakan kode tes dengan kode *#800#

Setelah HP Android kamu dikeringkan, cek speaker menggunakan kode tes dengan kode *#800#. Hal ini akan membantu kamu mengetahui apakah speaker sudah normal kembali atau masih mengeluarkan suara yang kurang jernih.

  1. Menggunakan kipas angin atau hairdryer
BACA JUGA:  Mengatasi Masalah Speaker HP Samsung Kecil dengan Mudah

Untuk lebih cepat mengeringkan HP Android kamu, kamu bisa menggunakan kipas angin atau hairdryer. Namun, pastikan kamu menggunakan suhu yang rendah agar tidak merusak komponen dalam HP.

Itulah informasi mengenai langkah mudah mengeluarkan air dari speaker HP Iphone dan Android yang  perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat.