Selama program KKN, para mahasiswa melakukan banyak kegiatan keren yang sesuai dengan tema yang diambil.
Selama program KKN, para mahasiswa melakukan banyak kegiatan keren yang sesuai dengan tema yang diambil.

Beberapa Contoh Kegiatan Apa Saja Pada Saat KKN Dengan Tema Keren dan Seru

rumahteknologi.com – Halo! Sudah tahukah kamu tentang program KKN di kampus? Nah, ini adalah program wajib bagi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Selama program KKN, para mahasiswa melakukan banyak kegiatan keren yang sesuai dengan tema yang diambil.

Misalnya, mereka bisa mengajar di sekolah dan TPA, menghijaukan lingkungan sekitar, memberikan sosialisasi kesehatan dan vaksinasi ke masyarakat, membuat plang dan gapura, serta melakukan kerja bakti.

Ada juga yang memberikan sosialisasi tentang pertanian pekarangan, mengajar kesenian daerah kepada anak-anak, membantu produksi UMKM, hingga memberikan penyuluhan tentang pemasaran digital.

Seru banget, kan? Jadi, kalau kamu nanti kuliah, jangan lupa untuk ikut program KKN ya, dan di bawah ini adalah kegiatan adalah beberapa contoh kegiatan apa saja pada saat KKN, diantaranya:

Mengajar di Sekolah

Mengajar di sekolah atau TPA nggak harus membosankan, lho! Cobain deh bikin kuis atau permainan yang asik untuk membuat suasana belajar jadi makin seru.

Sebelumnya, pastikan dulu deh ngobrol dengan guru-guru di sana buat tahu materi yang mau diajarkan dan karakteristik murid-muridnya biar bisa disesuaikan kuis atau permainannya. Yuk, kita jadi guru yang kreatif dan menyenangkan!

Go Green

Wah, kegiatan penghijauan itu bukan hanya bikin alam kita makin cantik, tapi juga bikin lingkungan kita lebih sehat dan bikin warga sekitar senang karena bisa menikmati hasil alam yang bisa dipetik sendiri.

Yuk, kita coba lakukan kegiatan penghijauan di daerah yang belum ada pohon atau di daerah petani, supaya lebih banyak lagi yang bisa menikmati manfaatnya! Selain itu kalian juga bisa memetik ilmu dari manfaat KKN dengan membantu warga.

BACA JUGA:  mengapa beriman kepada malaikat allah dapat mendorong kita gemar bersedekah

Sosialisasi Kesehatan

Wah, sosialisasi kesehatan ke masyarakat itu penting banget lho! Apalagi sekarang baru saja selesai pandemi Covid-19, kita harus ekstra awas dengan kesehatan kita dan lingkungan sekitar karena varian Covid-19 selalu berkembang.

Mahasiswa bisa memberikan tips-tips yang praktis untuk memperbaiki pola hidup sehari-hari, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap gejala penyakit.

Yuk, kita ajak masyarakat untuk rajin check-up di Puskesmas dan melakukan pemeriksaan dasar seperti tekanan darah dan kadar gula darah. Kita bisa bekerja sama dengan Puskesmas untuk memberikan yang terbaik bagi kesehatan kita semua!

Membuat Penanda Desa

Pernahkah kamu melihat plang atau gapura di dekat desa? Nah, mahasiswa bisa loh membuat plang atau gapura yang berguna untuk mempercantik tampilan desa serta memberikan kemudahan bagi warga dan tamu untuk menemukan jalur masuk.

Selain itu, gapura juga bisa menjadi penanda batas wilayah desa yang berguna untuk mencegah konflik persengketaan lahan yang tidak diinginkan. So, mari bergabung dalam KKN untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar dan memperbaiki lingkungan!

Mengajak Menanam Tanaman Obat

Mengajak warga desa untuk bercocok tanam di pekarangan mereka bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Tanaman yang ditanam tidak hanya untuk mempercantik halaman rumah, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami atau sayuran segar.

Meski lahan sempit, kita masih bisa memanfaatkan teknik hidroponik untuk menanam tanaman. Jadi, yuk mulai tanam-tanam di pekarangan kita!

Mengembangkan UMKM di Desa

Mahasiswa KKN dapat membantu para pengusaha UMKM di daerah agar usahanya semakin maju dan berkembang. Caranya dengan membantu dalam produksi dan memasarkan produk-produk tersebut ke wilayah yang lebih luas.

BACA JUGA:  pekerjaan swasta adalah

Dukungan terhadap UMKM sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa dan Indonesia secara keseluruhan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan membantu UMKM, mahasiswa KKN dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan juga memperoleh pengalaman KKN berharga dalam berwirausaha.

Mengenalkan Era Digital

Kita sudah masuk ke era digital yang canggih, maka pelaku usaha UMKM perlu mengikutinya agar bisnis mereka semakin maju. Oleh karena itu, mahasiswa KKN yang jago teknologi bisa membantu warga desa memahami cara memasarkan produk melalui media digital.

Penyuluhan ini bisa diadakan di antara anak muda di desa, karena mereka lebih mudah menerima dan mengerti informasi digital.

Kesimpulan

Kegiatan KKN gak boleh boring, Bro/Sis! Buatlah kegiatan yang catchy dan memorable supaya masyarakat yang terlibat bisa senang dan merasa terbantu, sementara kamu punya kesempatan untuk merasakan pengalaman baru KKN yang bisa membuka wawasan.

Ingat, KKN itu cuma sekali dalam setiap kuliah, jadi jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Semoga kegiatanmu bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman mahasiswa lainnya!

`