kegiatan penciptaan pengubahan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut
kegiatan penciptaan pengubahan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut

kegiatan penciptaan pengubahan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “kegiatan penciptaan pengubahan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “kegiatan penciptaan pengubahan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut”

Pembahasan

Kegiatan penciptaan, pengubahan, atau penambahan nilai guna suatu barang disebut proses produksi.

Pengertian Produksi

Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai suatu benda atau menciptakan benda baru agar lebih berguna dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah utilitas suatu objek tanpa mengubah bentuknya disebut produksi jasa. Sedangkan kegiatan meningkatkan kegunaan suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya disebut produksi komoditi. Produksi adalah efek perubahan dari dua atau lebih input (sumber daya) menjadi satu atau lebih output (produk). Kegiatan-kegiatan dalam perekonomian ini dinyatakan dalam fungsi produksi. Fungsi produksi menunjukkan jumlah output maksimum yang dapat diproduksi dengan jumlah input tertentu menggunakan teknologi tertentu. Untuk mempelajari aspek-aspek produksi, para ekonom menggunakan fungsi produksi sebagai alat analisis. Konsep abstrak dari fungsi produksi yang bergantung pada nilai memungkinkan para ekonom menganalisis berbagai masalah seperti menentukan kontribusi pendapatan terhadap faktor produksi, pengaruh faktor produksi terhadap pertumbuhan ekonomi, perubahan teknologi dan karakteristik pengangguran teknologi.

Produksi menciptakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kegiatan produksi memerlukan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan teknologi. Pada hakekatnya produksi adalah penciptaan atau penambahan keunggulan atau bentuk, waktu dan ruang pada faktor-faktor produksi agar lebih berguna bagi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, produksi menitikberatkan pada upaya menciptakan lebih banyak kegunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan orang banyak. Pada umumnya tujuan perusahaan dalam berproduksi adalah untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya. Oleh karena itu perlu dilakukan perencanaan dan perhitungan yang cermat terhadap kualitas dan mutu produksi.

BACA JUGA:  Berikut Contoh Field Note KKN yang Benar dan Wajib Diketahui Mahasiswa

Tujuan Produksi
Produksi yang memiliki tujuan di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Orang maupun perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi disebut produsen.
  • Menghasilkan Barang dan Jasa.
  • Memenuhi Kebutuhan Manusia.
  • Meningkatkan keuntungan pelaku usaha.
  • Memperluas lapangan usaha
  • Menjaga mempertahankan hidup perusahaan
  • Meningkatkan mutu dan jumlah produksi
  • Mengganti barang-barang yang aus dan rusak karena dipakai atau karena bencana alam

Jenis

  • Produksi jasa yaitu kegiatan produksi yang memiliki tujuan untuk menjual jasa atau keahlian tertentu yang dimilikinya. Produksi yang membantu dan memperlancar proses produksi tanpa ikut membuat barang itu sendiri. Misalnya perbankan, akuntansi, asuransi, dll.
  • Produksi industri yaitu kegiatan produksi yang bertujuan mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi yang kemudian dijual ke konsumen.
  • Produksi ekstraktif yaitu kegiatan produksi yang bahannya diambil dari sumber daya alam yang ada di dalam bumi yang barang tersebut nantinya dijual ke perusahaan lain untuk diolah dan diproses menjadi barang baru. Misalnya pertambangan, gali pasir, dll.
  • Produksi agraris adalah kegiatan produksi yang memanfaatkan sumber daya alam (tanah dan hewan) untuk menghasilkan produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat dengan melalui tahap pengelolaan yang baik dan benar. Misalnya pertanian, perkebunan, perkebunan, dll.
    Pengeluaran produksi adalah produksi yang kegiatan produksinya bertujuan untuk melayani pendistribusian atau pemindahan barang dari produsen ke tempat terdekat dengan konsumen.
  • Produksi perdagangan merupakan kegiatan produksi yang memiliki peran sebagai penghubung antara produsen dengan konsumen. Dapat juga diartikan menjadi produksi yang mengumpulkan dan menjual kembali hasil produksi kepada yang membedakan untuk memperoleh keuntungan. Misalnya toko, supermarket, kios, dll.***
BACA JUGA:  Allah memerintahkan kepada kita untuk melakukan Shalat Jumat