kawat kasa fungsi

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “kawat kasa fungsi”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari kawat kasa fungsi

Pengertian Kawat Kasa

kawat kasa adalah lembaran logam tipis yang memiliki pola seperti jala. Jaring kawat ditempatkan pada cincin pendukung yang dipasang pada dudukan retort di antara pembakar untuk menopang gelas kimia atau peralatan laboratorium lainnya yang digunakan selama pemanasan. Selain itu, kawat kasa merupakan bagian penting dari peralatan pendukung di laboratorium karena alat yang terbuat dari kaca tidak dapat langsung dipanaskan dengan pembakar Bunsen atau pembakar spiritus. Bunsen atau spirit adalah sumber pemanas yang digunakan dalam proses pemanasan yang sebenarnya mengandung minyak.

Peran yang sangat penting ini membuatnya wajib untuk setiap laboratorium medis, farmasi atau kimia.

Kasa kawat ini sangat mampu menghantarkan panas dan sekaligus menjadi alas wadah yang Anda gunakan. Anda bisa menggunakan alat ini saat ingin melakukan pemanasan spiritus atau pembakaran Bunsen.

Bentuk kasa kawat
Selain itu, sebelum membahas fungsi wire mesh laboratorium, berikut ini akan terlebih dahulu dipaparkan gambar-gambar wire mesh yang banyak beredar di pasaran:

Oleh karena itu penampakan kain kasa kurang lebih bisa kalian lihat pada gambar di atas ya teman-teman di teknoclarity.com bentuknya sangat mirip dengan kain kasa bahkan sama-sama menggunakan nama kasa.

BACA JUGA:  bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur

fungsi kawat kasa

Fungsi dari kasa kawat adalah sebagai penyangga pembakar bunsen atau pembakar spiritus. Pembakaran dilakukan ketika Anda ingin menganalisis larutan atau uap. Kasa kawat berfungsi sebagai pelapis untuk wadah kaca yang mungkin Anda gunakan.

Karena jika wadah kaca terkena api secara langsung dapat menyebabkan wadah kaca bekas pecah.

Di laboratorium, wire mesh berfungsi sebagai penopang pembakar Bunsen atau pembakar spiritus. Suatu larutan suatu zat atau sampel biasanya dipanaskan menggunakan wadah seperti gelas kimia yang tidak dapat langsung dipanaskan dengan api karena dapat menyebabkan alat tersebut pecah. Untuk itu diperlukan komponen tambahan seperti wire mesh yang dapat berperan untuk menstabilkan suhu panas alat dan melindungi alat dari kerusakan seperti patah.

Alat yang dipanaskan kemudian akan ditempatkan di atas jeruji kawat. Penggunaan kassa hampy sama dengan kasa berbentuk segitiga untuk menahan dan menyangga alat saat dipanaskan. Namun penggunaan segitiga hanya untuk peralatan laboratorium kecil. Sedangkan kawat kasa dapat digunakan untuk menopang peralatan laboratorium yang berfungsi sebagai wadah seperti beaker glass, conical, dan glassware lainnya.

Cara Penggunaan?

Kasa kawat digunakan bersama dengan pembakar Bunsen atau arwah. Penggunaan kawat kasa hanya diletakkan di bagian atas tripod yang benar-benar berdiri di atas jiwa. Kemudian tempatkan wadah atau gelas kimia untuk pemanasan. Kondisi kebakaran juga harus diperhatikan karena api yang sangat besar dapat membakar wire mesh sehingga dapat terjadi kerusakan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menarik sumbu ke spiritus agar api tidak terlalu besar dan suhu pemanasan stabil. ***

`