semua jenis limbah yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk adalah

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “semua jenis limbah yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “semua jenis limbah yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk adalah”

Definisi limbah
Sampah buatan manusia selalu berkonotasi buruk, seperti bau, kotoran, sumber penyakit dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hari manusia akan selalu menghasilkan sampah seperti makan, minum dan mencuci. Memang, dalam skala yang lebih besar, limbah dihasilkan oleh aktivitas pabrik.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis sampah, karakteristik sampah dan cara mengolah sampah, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian sampah itu sendiri. Dengan memahami pengertian sampah, maka akan mudah untuk memahami pembahasan sampah lainnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Limbah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti sisa proses produksi; Bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian; Barang rusak atau cacat dalam proses produksi.

UU Nomor 32 Tahun 2009
Di dalam pasal 1 butir 20 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, limbah adalah sisa usaha dan/atau kegiatan.

Cahyono Budi Utomo
Menurut Cahyono, limbah adalah suatu zat atau benda yang timbul sebagai hasil dari aktivitas manusia yang sudah tidak digunakan lagi dan dibuang.

BACA JUGA:  karakter musik daerah indonesia adalah

Karmana
Menurut Karmana, limbah adalah sisa atau sampah dari suatu proses aktivitas manusia yang dapat menjadi bahan polutan di suatu lingkungan.

Susilowarno
Menurut Susilowarno, limbah adalah sisa atau hasil sampingan yang berasal dari beragam aktivitas manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup.

Jenis limbah
Jenis sampah dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu sampah berdasarkan senyawanya, sampah berdasarkan bentuknya dan sampah berdasarkan asalnya.

Jenis limbah menurut senyawanya
Jenis sampah yang pertama adalah sampah berdasarkan senyawanya. Kelompok sampah ini terbagi menjadi tiga yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah B3.

a) Sampah organik
Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup yang mudah terurai secara alami dan mudah terurai. Contoh sampah organik adalah daun-daun berguguran, rerumputan, sisa makanan, kulit buah dan sayur, kotoran manusia dan hewan, serta tulang hewan.

Pada umumnya sampah organik yang sering kita lihat berasal dari rumah, restoran, hotel dan pertanian.

b) Sampah anorganik
Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa kegiatan manusia dan sampah ini sangat sulit untuk terurai secara alami dan terurai secara alami. Oleh karena itu, limbah jenis ini sangat berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Contoh sampah anorganik, seperti sisa sabun atau piring, botol minuman bekas, kantong plastik, kaleng, kertas, kain, kertas dan masih banyak lagi.

c) limbah B3
Jenis limbah yang terakhir berdasarkan senyawanya adalah limbah B3. Istilah “B3” adalah singkatan dari bahan berbahaya dan beracun. Dari namanya saja, limbah ini dapat mengancam dan membahayakan lingkungan. Padahal, kesehatan manusia juga terancam serius dengan adanya limbah B3.

Limbah B3 berbahaya karena mengandung senyawa yang sulit terurai dan beracun. Senyawa tersebut merupakan logam berat, seperti Al, Cr, Cd, Cu, Fe, Pb, Mn, Hg dan Zn. Selain itu, senyawa berbahaya tersebut juga dapat ditemukan pada bahan kimia, seperti sianida, fenol, pestisida, sulfida dan lainnya.

BACA JUGA:  7 Manfaat Kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi Mahasiswa

Kesimpulan

Limbah yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk adalah limbah lunak anorganik. Limbah lunak anorganik bersifat lentur/lunak dan mudah dibentuk. Contoh limbah lunak anorganik adalah sampah plastic dan limbah cair. Limbah adalah sisa produksi atau buangan dari hasil kegiatan manuasia atau alam.***