temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur diatas

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur diatas”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur diatas”

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Procedural Text atau Paragraf Prosedural adalah jenis teks yang menjelaskan tentang suatu metode dan langkah-langkah serta bertujuan untuk membuat sesuatu menurut urutan yang telah ditentukan. Sehingga teks mencapai tujuan tertentu atau menjadikan sesuatu yang baik dan benar.

Jadi, konsep teks prosedur adalah jenis teks yang di dalamnya terdapat tahapan atau langkah-langkah yang dijelaskan secara runtut dan berurutan dengan gaya bahasa yang singkat dan jelas. Agar pembaca mudah memahami dan kemudian mengimplementasikan tujuan dari teks yang dibacanya, pembaca harus mempraktekkan langkah-langkahnya di tempat.

Karena pada dasarnya naskah prosedural dapat membantu seseorang melakukan sesuatu, kegiatan, kebiasaan, dan cara tertentu dengan urutan dan langkah yang tepat. Kita kemudian dapat mengatakan bahwa teks tersebut adalah teks yang berisi tutorial. Sehingga dapat membantu setiap orang mencapai tujuannya, baik dalam membuat sesuatu maupun dalam mencapai sesuatu yang diinginkannya.

Apa itu kata kerja imperatif?
Berikut pengertian dan pengertian verba imperatif menurut para ahli.

Moeliono dalam Kunjana Rahardi (2005)
Dalam nilai komunikatifnya, terdapat lima perbedaan dalam kalimat bahasa Indonesia, yaitu (1) deklaratif atau kalimat berita, (2) imperatif atau kalimat perintah, (3) interogatif atau kalimat tanya, (4) eksklamatif atau kalimat seruan, dan (5) emfatik atau kalimat penegas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa imperatif adalah kalimat perintah.

BACA JUGA:  Iptek Pengabdian Masyarakat: Menghubungkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan Kebutuhan Masyarakat

Moeliono, Ramlan, dalam Rahardi (2005)
Kalimat suruh (imperatif) adalah sikap mengharapkan tanggapan dari orang lain berupa tindakan tertentu.

Kridalaksana (2008)
Imperatif juga dimaknai sebagai kalimat yang mengungkapkan perintah, keharusan, larangan, untuk melaksanakan suatu sikap.

Keraf (2005)
Kalimat perintah adalah kalimat yang dipakai untuk menyuruh orang lain melakukan sesuatu.

Fungsi kata kerja imperatif
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kata kerja imperatif digunakan dalam kalimat untuk memberi perintah atau petunjuk. Keraf juga menjelaskan bahwa narasi yang menggunakan kata kerja imperatif disampaikan untuk meminta tanggapan dan reaksi.

Respon tersebut dapat berupa reaksi verbal maupun nonverbal dan keduanya harus mengarah pada tindakan. Singkatnya, fungsi kalimat imperatif adalah meminta seseorang untuk bertindak dan melakukan sesuatu.

Karakteristik kata kerja imperatif
Kalimat perintah atau kata kerja imperatif dapat dikenali dengan penggunaan bentuk dan tata bahasa. Salah satu ciri kalimat imperatif adalah adanya verba imperatif yang terbentuk dari verba yang diakhiri dengan partikel -i, -kan dan -lah.

Menurut Keraf, kalimat imperatif umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menggunakan intonasi yang kuat, terutama untuk larangan dan perintah biasa
  • Menggunakan kata kerja yang mendukung isi perintah, biasanya berupa kata dasar.
  • Ditambahkan -lah sebagai partikel pengeras.

Kesimpulan

Kata kerja imperatif dalam teks prosedur Kiat Berwawancara Kerja adalah memahami, berbicara, memperhatikan, menanyakan, mencoba, melakukan, memastikan, menampilkan, menghindari, menyarankan, ceritakanlah, hindari, jadilah, contohkan, dan gunakanlah.

Pembahasan
Kata kerja atau verba imperatif adalah kelas kata kerja yang menyampaikan instruksi atau perintah dari penutur kepada lawan bicara untuk melakukan tindakan atau kegiatan seperti yang tercantum dalam sebuah kata dasar kata kerja tersebut.

Kata kerja imperatif dapat kita temukan dalam beragam teks. Salah satunya adalah teks prosedur. Dalam Bahasa Indonesia, teks prosedur merupakan teks yang menyajikan tahapan-tahapan melakukan suatu tindakan atau kegiatan.***

BACA JUGA:  Apa peran anggota bpupki dalam perumusan dasar negara
`