tuliskan contoh budaya masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “tuliskan contoh budaya masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “tuliskan contoh budaya masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu”

Definisi Budaya

Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sekelompok orang. Kemudian diteruskan ke generasi berikutnya. Budaya terdiri dari beberapa elemen yang kompleks. Di antaranya adalah adat istiadat, bahasa, karya seni, agama dan sistem politik. Bahasa sama halnya dengan budaya, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari manusia.

Oleh karena itu, banyak dari sekelompok orang yang cenderung menganggapnya sebagai sesuatu yang diwariskan secara genetik. Seseorang dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda dan menyesuaikan diri dengan perbedaan di antara mereka, menunjukkan bahwa budaya dapat dipelajari.

Juga, budaya adalah cara hidup secara keseluruhan. Budaya bersifat abstrak, kompleks, dan luas. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kebudayaan adalah suatu pemikiran, akal atau kebiasaan.

Secara gramatikal, pengertian kebudayaan berasal dari kata kebudayaan yang cenderung mengarah kembali pada cara berpikir manusia. Ada beberapa aspek budaya yang menentukan perilaku komunikatif. Unsur sosial budaya tersebar luas dan mencakup banyak kegiatan sosial manusia.

Beberapa alasan orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain dapat dilihat dalam definisi budaya yang menunjukkan bahwa budaya adalah seperangkat nilai kompleks yang terpolarisasi oleh citra yang mengandung pandangan keistimewaan.

BACA JUGA:  sebutkan isi perjanjian hudaibiyah

Citra budaya yang memaksa ini memberi para anggotanya pedoman untuk perilaku yang benar dan menetapkan makna dan nilai yang logis. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan kerangka kerja terkait untuk mengatur aktivitas seseorang dan perilaku orang lain.

karakteristik budaya
Ada beberapa ciri budaya, antara lain sebagai berikut:

1. Mereka dapat dimiliki bersama
Budaya dibentuk dan dikembangkan oleh sekelompok orang tertentu secara bersama-sama. Artinya tidak hanya secara individu, tetapi sekelompok orang tertentu.

Dengan demikian, sekelompok orang yang telah tinggal cukup lama di suatu wilayah tertentu akan memiliki ekspresi budaya yang khas. Hal inilah yang membuat budaya yang satu berbeda dengan yang lain dan memiliki ciri khas tersendiri.

2. Budaya berdasarkan simbol
Ciri budaya selanjutnya adalah budaya berbasis simbol. Anda pasti tahu bahwa budaya juga bisa diketahui dari representasi simbol-simbol tertentu. Itu adalah bentuk makna yang terkandung dalam ekspresi budaya tersebut.

Bagian penting dari simbol adalah makna yang ada dalam budaya itu. Artinya bukan dari simbol itu sendiri. Sehingga simbol menjadi aspek krusial saat berinteraksi dengan perusahaan. Serta kemungkinan suatu tindakan terjadi dengan cara yang khas.

3. Budaya bersifat adaptif
Kebudayaan tidak hanya meneruskan apa yang telah menjadi kebiasaan masyarakat tertentu, tetapi juga kebutuhan untuk memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan berbagai situasi. Masing-masing kelompok tersebut memiliki karakteristik budaya dengan tingkat keterampilan yang berbeda satu sama lain.

Ada kelompok masyarakat yang memiliki adaptasi budaya sangat tinggi, karena nilai-nilai budaya cukup terbuka. Anda dapat menemukannya pada orang yang tinggal di daerah perkotaan.
Sebaliknya, ada beberapa kelompok yang nilai budayanya cenderung tertutup, sehingga daya adaptasinya cukup rendah.

BACA JUGA:  Menjembatani Teori dan Praktek: Pengalaman Magang di Industri

4. Budaya dipelajari dan ditransmisikan
Budaya adalah proses interaksi sosial yang dapat dipelajari dan diwariskan. Melalui proses inilah ciri budaya masyarakat dapat ditransmisikan kepada berbagai individu.

Misalnya sosialisasi dapat dilakukan dari lingkungan keluarga melalui orang tua. Oleh karena itu, proses pewarisan budaya mampu mencapai pelestarian budaya pada tingkat kemantapan tertentu.

Berikut ini adalah contoh budaya masyarakat di lingkungan tempat tinggalku (Yogyakarta):

  • SEKATEN, upcara maulid Nabi Muhammad SAW
  • UPACARA LABUHAN ALIT, upacara yang dilakukan dengan malarung sesuatu di laut.
  • KARAWITAN, Kebudayaan bermain gamelan.
  • GREBEG MAULUD, untuk merayakan maulid nabi.***
`