berikut yang bukan merupakan alat musik melodis adalah

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “berikut yang bukan merupakan alat musik melodis adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “berikut yang bukan merupakan alat musik melodis adalah”

Seiring perkembangan zaman, alat musik modern juga berubah menjadi alat musik melodi ini. Nah, berikut adalah beberapa contoh instrumen melodi yang tersebar di seluruh dunia tergantung bagaimana penggunaannya.

Ditekan
1. Piano
Contoh alat musik melodi yang pertama adalah piano yang ditekan dan digunakan. Instrumen ini mahal dan tidak semua orang bisa memiliki atau mempelajarinya. Instrumen piano pertama kali muncul di Italia pada tahun 1720 oleh Bartolomeo Cristofori.

2. Akordeon

Sepintas, akordeon terlihat seperti piano versi mini. Karena memiliki tuts hitam putih yang mirip dengan instrumen mahal itu. Berbeda dengan piano yang merupakan alat musik besar dan mengharuskan pianisnya duduk di kursi yang telah ditentukan dan bertumpu pada permukaan yang datar, alat musik akordeon ini tentunya berbeda.

meniup
1. Pianika

Haruskah seorang gramdo mengetahui keberadaan alat musik melodi ini?Ya, alat musik piano ini sering digunakan sebagai bagian dari pembelajaran musik di sekolah-sekolah. Ujian akhir juga mencakup ujian praktik yang menguji kemampuan Anda memainkan alat musik yang dipetik dan ditekan secara bersamaan.

BACA JUGA:  apa yang dimaksud dengan kkn

Pianika adalah alat musik melodi yang dimainkan dengan cara ditiup langsung atau melalui selang yang dihubungkan dengan pianika. Saat Anda bermain, jari-jari Anda menekan kunci yang tersedia sesuai dengan akor. Ada juga cara memainkannya berupa tekanan, namun alat musik piano ini tetap termasuk alat musik melodi yang dimainkan dengan cara ditiup. Tidak jarang pianika digunakan sebagai alat musik pengiring nyanyian.

dengan dipetik
1. Harpa

Alat musik kecapi yang kini menjadi alat musik tradisional Sulawesi Barat ini sebenarnya dibawa oleh pendatang dari Tiongkok. Sebelum disebut kecapi, alat musik dawai yang dipetik melodi ini dikenal dengan nama guzheng. Sedangkan di Jawa Barat juga digunakan sebagai alat musik tradisional yaitu kakapi yang bentuknya hampir sama. Di berbagai daerah, alat musik kecapi ini digunakan sebagai pengiring lagu daerah, maupun di genre musik lain seperti dangdut dan pop.

dengan digesek
1. Biola

Contoh instrumen melodi selanjutnya adalah biola yang dimainkan dengan digesek. Biola pada dasarnya memiliki empat senar (G-D-A-E), masing-masing senarnya berbeda. Nada terendah adalah G. Menurut sejarah, alat musik biola ini pertama kali dimainkan dengan surai busur. Ya, pada masa itu busur biola dan cello dibuat dari surai kuda. Setelah itu, alat musik tersebut mulai menyebar ke Asia Timur, India, dan Timur Tengah.

dengan dihirup
1. Harmonika

Harmonika adalah salah satu contoh alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup pada lubang-lubang yang tersedia untuk menghasilkan suara. Harmonika juga merupakan alat musik tradisional Tiongkok bernama “Sheng” yang digunakan 5000 tahun yang lalu di Kekaisaran Ruhua. Seiring berjalannya waktu, harmonika dikembangkan menjadi bentuk yang lebih modern oleh Christian Friedrich Buschmann pada tahun 1821.

BACA JUGA:  Peran Magang dalam Pengembangan Profesional di Bidang Hukum

Saat itu, harmonika begitu banyak digunakan oleh banyak orang sehingga Matthias Horner memulai bisnis alat musik harmonika pada tahun 1875. Perusahaan memproduksi dan memasang sekitar 650 harmonika di Amerika Utara. Penggunaan alat musik harmoni ini biasanya mengiringi berbagai genre seperti rock, blues, country dan pop.

Dengan digoyang
1.Angklung

Ini adalah contoh alat musik melodis yang berasal dari sunda dan bahan dasarnya adalah bambu. Saat dimainkan dengan cara digoyangkan, badan pipa-pipa bambu tersebut saling bertabrakan sehingga menghasilkan bunyi. Tergantung pada ukuran angklung, angklung dapat disusun menjadi 2, 3, atau 4 not.

Sejak tahun 2010, alat musik tersebut masuk dalam daftar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Takbenda Kemanusiaan UNESCO, bahkan tanggal 16 November diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia.

Dengan Dipukul
1. Bonan

Contoh instrumen melodi selanjutnya adalah Bonan, juga bagian dari perangkat gamelan Jawa. Bonang umumnya berbentuk seperti gong perunggu kecil, berdinding tinggi dengan tonjolan untuk dipukul. Alat pemukul alat musik ini terbuat dari kayu, berbentuk seperti tabung, dan bagian kepalanya dibungkus kain.

Yang bukan merupakan alat musik melodis adalah drum (opsi D).