Pasti Sukses, Simak 5 Program Kerja KKN di Kelurahan untuk Semua Jurusan
Pasti Sukses, Simak 5 Program Kerja KKN di Kelurahan untuk Semua Jurusan

Pasti Sukses, Simak 5 Program Kerja KKN di Kelurahan untuk Semua Jurusan

RumahTeknologi.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa dan program pengabdian masyarakat adalah salah satu program pilihan di banyak universitas. Itu karena Kelurahan mempunyai ruang lingkup yang cukup kecil bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dengan masyarakat. Pastikan program kerja KKN Kelurahan sesuai dengan kondisi masyarakat disana.

Untuk mengidentifikasi masalah dengan benar, siswa kelas akhir perlu memahami latar belakang program KKN yang mereka ikuti. Hal ini penting agar mahasiswa dapat memberikan solusi atau saran yang dapat membantu masyarakat mengingat KKN merupakan bentuk nyata pengabdian mahasiswa. Bagi yang masih bingung, 5 contoh ini patut dipahami.

1. Pendataan Demografi

Kantor kelurahan erat kaitannya dengan pendataan kependudukan. Sesuai dengan fungsinya, Kantor Desa selalu rutin mencatat status warga setempat. Bagi mahasiswa yang mata kuliahnya terkait dengan administrasi publik. Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk menerapkan materi yang dipelajari.

Selain itu, status kependudukan juga erat kaitannya dengan kebijakan pemerintah. Mahasiswa juga harus mampu memahami data kependudukan secara cermat dan berusaha memperbaikinya. Data kependudukan siswa dapat menyarankan langkah-langkah yang harus diambil Kelurahan untuk mensejahterakan kehidupan penduduk setempat.

2. Edukasi Pencegahan Covid-19

Di masa pandemi COVID-19 (pandemi global), pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan kelurahan semua berperan dalam mencegah penyebaran COVID-19. Salah satunya mengedukasi masyarakat untuk berperilaku bersih dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Misi mahasiswa KKN adalah membantu Kelurahan mengkomunikasikan informasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.

Program kerja KKN di desa ini harus dilakukan secara optimal. Pelatihan harus interaktif. Siswa harus terus memberikan bantuan agar informasi yang disampaikan dapat benar-benar dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Contoh Surat Undangan KKN untuk Pelaksanaan Kegiatan di Desa

3. Pengembangan Sistem Publikasi Via Daring

Banyak Kantor Kelurahan masih mengandalkan sistem publikasi konvensional dimana informasi selalu disampaikan secara tatap muka dan surat edaran. Padahal, di era yang semakin canggih seperti sekarang ini, publikasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Bagi mahasiswa jurusan teknologi informasi dapat mengembangkan sistem komunikasi online. Sebagai website yang dapat menghubungkan Kelurahan dengan warga sekitar. Sedangkan mahasiswa komunikasi dapat menggunakan media sosial dengan strategi komunikasi. Tujuannya agar warga dapat dengan mudah memahami setiap informasi yang disampaikan.

4. Distribusi Bansos ke Masyarakat

Bantuan sosial atau bansos umumnya diberikan oleh pemerintah pusat melalui kelurahan untuk disalurkan kepada warga. Namun, ada juga program bansos yang murni berasal dari program Kelurahan. Siswa dapat ikut menghitung kebutuhan bansos yang disesuaikan dengan anggaran desa.

Jika soal hitung-hitungan, tentunya mahasiswa akuntansi akan memegang peranan yang sangat penting dalam program ini. Jadi selama KKN tidak hanya menyalurkan bansos langsung ke masyarakat tetapi membantu pihak Kelurahan mengatur ulang anggarannya.

5. Sosialisasi Pertanggungjawaban Anggaran

Mahasiswa dapat mengkomunikasikan betapa pentingnya tanggung jawab anggaran dari sudut pandang hukum. Juga sanksi, dampak dan kerugian bagi masyarakat jika anggaran disalahgunakan. Hal ini diperlukan agar dapat berpikir jauh ke depan dari semua kegiatan yang dilakukan Kelurahan.

Program kerja KKN Kelurahan inilah yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan. Pilih program KKN berdasarkan minat dan tujuan yang ingin Anda capai. Jangan lupa tambahkan referensi untuk lebih memahami program KKN yang sudah kamu ikuti.