struktur teks laporan hasil observasi

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “struktur teks laporan hasil observasi”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “struktur teks laporan hasil observasi”

A. Memahami teks laporan observasi
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat dikatakan bahwa teks laporan pemantauan adalah naskah yang memiliki bentuk asli dari kata-kata penulis. Sedangkan jika diartikan secara harfiah, laporan memiliki pengertian sebagai segala sesuatu yang disampaikan, dikeluhkan, dan dilaporkan. Sedangkan observasi sendiri memiliki arti sebagai kegiatan observasi yang memiliki tugas melakukan tinjauan secara cermat.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks laporan pemantauan adalah catatan atau teks yang ditulis berdasarkan kegiatan pemantauan. Skrip laporan pemantauan biasanya digunakan untuk memperoleh temuan penelitian yang mendalam tentang manusia, hewan, tumbuhan, benda, sosial, budaya, atau lingkungan tertentu. Teks laporan pemantauan juga umumnya memuat berbagai fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah.

B. Tujuan teks laporan catatan
Tujuan dari monitoring report text pada dasarnya adalah untuk memperoleh informasi atau penjelasan tentang suatu masalah berdasarkan sudut pandang keilmuan yang diberikan. Teks laporan observasi juga dimaksudkan untuk membekali pembaca dengan berbagai hasil observasi dengan penjelasan yang mendalam, sistematis dan komprehensif, serta tentunya sesuai dengan fakta yang ada.

BACA JUGA:  cara penyerbukan bunga sepatu

Jadi, inilah yang dimaksud dengan teks laporan pemantauan, termasuk:

1. Informasi tentang klasifikasi
Teks laporan pemantauan memuat berbagai informasi penting dari hasil observasi yang telah dimodifikasi berdasarkan kriteria tertentu. Kegiatan monitoring yang dilakukan juga sistematis dan objektif, sehingga dapat menemukan jawaban atau hipotesis atas permasalahan tersebut.

2. Berdasarkan fakta
Teks laporan pemantauan bertujuan untuk memberikan informasi tentang suatu isu berdasarkan standar dan fakta yang ada.

3. Menarik kesimpulan
Setelah topik penelitian berhasil diidentifikasi dari hasil observasi, maka dapat ditarik kesimpulan yang bermanfaat bagi pembelajaran dan pengetahuan. Kesimpulan dalam teks laporan observasi sama dengan kesimpulan naskah ini.

c. Memantau properti teks laporan
Setelah memahami arti dan tujuan teks laporan pemantauan, berikut adalah ciri-ciri atau ciri-ciri teks laporan pemantauan.

1. Disusun secara sistematis
Ciri pertama dari teks laporan pemantauan adalah susunan yang sistematis. Dapat dipahami bahwa teks ini memiliki susunan berurutan sesuai dengan struktur teks laporan pemantauan.

2. Penjelasan dari sudut pandang ilmiah
Ciri kedua dari teks laporan observasi adalah penjelasan yang menggunakan sudut pandang ilmiah tertentu. Tugas teks laporan observasi adalah menyajikan informasi yang diperoleh dari observasi sesuai dengan fakta yang telah terjadi. Berbagai informasi yang diperoleh harus dibuktikan secara ilmiah.

3. Berisi pembahasan tentang objek atau situasi tertentu
Ciri ketiga dari teks laporan observasi adalah berisi pembahasan tentang topik atau situasi tertentu yang umumnya dibicarakan. Banyak hal yang diamati dalam teks laporan pemantauan, misalnya manusia, hewan, tumbuhan, sistem ekologi, sosial, dan budaya.

4. Terdapat detail bagian-bagian dari suatu objek
Ciri keempat teks laporan pemantauan adalah memuat rincian bagian-bagian dari objek tertulis. Bagian yang dimaksud merinci teks laporan pemantauan ini dalam bentuk klasifikasi dan informasi tentang properti objek. Misalnya, seorang siswa mengamati pertumbuhan kuncup. Ciri-ciri yang dapat diperoleh dari organisme tersebut dapat berupa tumbuhan polongan yang hidup di daerah tropis, batangnya berbulu, berwarna hijau dan coklat.

BACA JUGA:  kata kata perpisahan kkn

5. Teks telah disusun dengan bahasa yang baku dan jelas
Ciri kelima teks laporan pemantauan adalah penggunaan bahasa yang baku dan jelas. Dalam menulis teks laporan observasi, penulis harus memahami bahasa yang baik dan benar agar dapat menulis dengan menggunakan bahasa baku. Hal ini dikarenakan teks laporan observasi merupakan karya tulis ilmiah, sehingga penulis harus menggunakan bahasa baku agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Kesimpulan 

Nah, secara garis besar, struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari empat bagian, yaitu pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan kesimpulan.***

`