berikut ini adalah gerakan lari jarak pendek kecuali

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “berikut ini adalah gerakan lari jarak pendek kecuali”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “berikut ini adalah gerakan lari jarak pendek kecuali”

Pengertian Lari Jarak Pendek

para sprinter (pelari cepat/pelari jarak jauh) seperti Mohamad Zuhri (atlet nasional, juara 3 divisi sprint 100m di Olimpiade, Golden Grand Prix Osaka 2019, Jepang) melakukan jenis teknik lari yang sangat dikuasai oleh kekuatan dan kecepatan melintasi garis trek yang telah ditentukan dari awal hingga akhir untuk mencapai kemenangan berdasarkan catatan waktu terpendek. Pelari jarak pendek disebut sprinter

Zahari berspesialisasi pada lari 100 meter, meskipun ada lintasan alternatif 200 meter dan 400 meter yang dilombakan pada lari jarak pendek. Berikut adalah beberapa literature review yang berkaitan dengan gambaran teori tentang sifat lari cepat 100 meter:

Dalam bukunya Happy Yoyo (2000:11) ia menyatakan bahwa lari termasuk dalam fase meluncur, yaitu gerakan tubuh dimana kedua kaki berada di udara (kedua kaki terangkat dari tanah), tidak seperti berjalan dimana kaki berada. selalu bersentuhan dengan ground atau tanah.

Mohamed Dominar menjelaskan, pelari akan melakukan langkah yang dipercepat, sehingga tubuh cenderung melayang di beberapa titik saat berlari. Artinya, saat pasak mengambang, setidaknya ada satu pasak yang menopang tanah. (Mochamad Djuminar A. Widya, 2004: 13)

BACA JUGA:  Berikut Contoh Field Note KKN yang Benar dan Wajib Diketahui Mahasiswa

Wikipedia mendefinisikan berlari sebagai gerakan tubuh (gait) di mana pada suatu saat ada fase terbang, dan semua kaki terangkat dari tanah. Jadi berbeda dengan berjalan dimana salah satu kaki harus tetap sebagai penopang dan bersentuhan dengan tanah, sedangkan lari adalah gerakan tubuh dimana kedua kaki hadir saat dapat melayang di udara atau tidak menyentuh tanah.

Sejarah lari jarak pendek
Berdasarkan catatan sejarah, lari jarak pendek mulai muncul pada abad ke-7 SM atau pada zaman Yunani kuno dan berasal dari prajurit Yunani kuno. Saat itu, seorang prajurit ingin mengumumkan kemenangan Yunani atas Persia dan berlari dengan membawa surat untuk disampaikan kepada raja.

Namun dia meninggal secara tidak terduga setelah menyampaikan pesan kemenangan kepada raja. Raja yang mendengar berita itu ingin menghormati kematian prajurit itu dengan mengadakan perlombaan singkat.

Era yang terus berkembang membuat lari jarak pendek semakin dikenal oleh masyarakat global. Hingga akhirnya pada tahun 1912, cabang atletik jarak pendek dibayangi oleh sebuah organisasi yaitu International Association of Athletics Federations (IAAF). Saat ini, sekitar 212 negara telah menjadi anggota Asosiasi Federasi Atletik Internasional.

beberapa hal mendasar yang harus dipahami oleh pelari jarak pendek (sprinter), adalah sebagai berikut:

  1. Mencondongkan tubuh sedikit ke depan saat berlari, sudut kedua lengan sedikit fleksi 90 derajat kemudian saat berlari tangan diayunkan searah.
  2. Kondisi rilek pada Otot-otot bagian depan dan kedua lengan.
  3. Kaki tungkai bawah ditolakan dengan kuat sampai lurus, dan pengangkatan pada depan diusahakan sampai posisi sejajar dengan tanah.
  4. Posisi ketinggian pinggang diusahakan sama selama berlari.
  5. Badan dicondongkan dengan serentak ke depan ketika mencapai finish, sehingga dada bisa menggapai pita.
BACA JUGA:  Jangan Sampai Salah Bawa, Ini Dia Perlengkapan Kelompok Penting untuk KKN

Faktor Lari Jarak Pendek

  1. Speed (Kecepatan)
  2. Power (Daya Ledak Otot)
  3. Strength (Kekuatan)
  4. Coordination (Koordinasi Gerakan)
  5. Flexibility (Kelenturan)
  6. Agility (Kelincahan)
  7. Stamina

berikut ini adalah gerakan lari jarak pendek kecuali saat Melayang***