yang termasuk bagian dari lembar kerja microsoft excel adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “yang termasuk bagian dari lembar kerja microsoft excel adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “yang termasuk bagian dari lembar kerja microsoft excel adalah”

Lembar Kerja Microsoft Excel

Buku kerja adalah dokumen yang berisi satu atau beberapa lembar kerja yang dapat membantu mengelola data. Pengguna dapat membuat buku kerja baru dari buku kerja kosong atau templat yang disediakan oleh Microsoft Excel.

Lembar kerja di Excel juga disebut lembar kerja. Worksheet memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengolah data tertentu.

Mengutip dari buku berjudul Microsoft Office Excel 2016 for Professionals karya Johar Arifin, ciri utama dari tampilan lembar kerja adalah adanya bingkai yang memisahkan kolom dengan baris.

Pertemuan antara kolom dan baris disebut cell atau sel. Sel sendiri dapat membentuk rentang. Untuk lebih memahami sel dan rentang serta bagian lain dari lembar kerja, lihat penjelasan berikut.

1. Sel

Cells atau sel adalah bagian yang menjadi tempat pertemuan antara kolom dan baris dalam lembar kerja. Jumlah sel dalam satu lembar kerja adalah 17.179.869.184 atau lebih dari 17 miliar sel.

Sel memiliki alamat yang disebut sebagai alamat sel. Misalnya seperti A1, B5, C7, yang berarti sel A1 adalah titik pertemuan antara kolom A dan baris 1, B5 adalah sel tempat pertemuan kolom B dengan baris 5, dan seterusnya.

BACA JUGA:  Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Magang dengan Baik yang Perlu Anda Tahu

2. Penunjuk Sel

Penunjuk sel atau penunjuk sel adalah bagian dari lembar kerja yang menunjukkan sel mana yang sedang diedit. Alamat sel aktif akan ditampilkan di Kotak Nama.

3. Kotak Nama

Kotak nama adalah bagian dari lembar kerja yang berfungsi sebagai penanda sel aktif dan menggerakkan penunjuk sel ke posisi tertentu, serta membantu memberi nama suatu range.

4. Bilah Formula

Formula bar adalah bar yang berfungsi untuk menambahkan teks, angka, fungsi atau rumus ke dalam sel.

5.Rentang

Range adalah istilah yang mengacu pada bagian dari lembar kerja yang merupakan kumpulan dari banyak sel.

6. Bilah Gulir

Scroll bar adalah bagian dari lembar kerja yang berfungsi untuk menggulir lembar kerja ke atas atau ke bawah atau ke samping kanan atau kiri.

7. Lembar tab

Tab lembar adalah bagian yang bila diklik dengan kursor, akan mengubah tampilan tab lembar ke tab lembar lainnya.

Itu adalah bagian-bagian dalam lembar kerja. Lembar kerja itu sendiri akan terbuka secara otomatis ketika pengguna membuat buku kerja baru.

Cara termudah untuk mengaktifkan lembar kerja adalah dengan membuat file baru dengan menekan Ctrl+N, setelah program aplikasi Excel aktif.

Lembar kerja pada Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu membuat tabel, laporan keuangan, laporan laba rugi, laporan pendataan kuantitatif, dan lain-lain.

Jumlah Lembar Kerja dalam Buku Kerja Microsoft Excel
Berapa banyak lembar kerja dalam buku kerja Microsoft Excel? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak pengguna Excel.

Dikutip dari buku Smart Start Using Ms Excel karya Wing Wahyu Winarno, setiap lembar kerja Microsoft Excel terdiri dari 3 lembar kerja. Namun, ini hanya pengaturan awal atau default. Pengguna Excel dapat menambahkan lembar kerja baru sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.

BACA JUGA:  Sukses dalam Kegiatan KKN!! Mengenal Struktur KKN dan Tips Membuat Laporan yang Berkualitas

Dalam buku kerja yang baru dibuat, program Excel akan secara otomatis menampilkan 3 lembar kerja. Setiap 3 lembar kerja default di Excel memiliki nama Lembar 1, Lembar 2, dan Lembar 3. Setiap nama lembar kerja dapat diubah sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan Wing Wahyu, Johar Arifin dalam bukunya yang berjudul Menguasai Microsoft Office Excel 2019 menyebutkan bahwa setiap lembar dalam buku kerja terdiri dari 255 lembar kerja.***