berikut ini termasuk persiapan pementasan drama

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “berikut ini termasuk persiapan pementasan drama”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “berikut ini termasuk persiapan pementasan drama”

Pertunjukan teater bagi pelajar atau pemula membutuhkan pengetahuan dan persiapan yang matang agar pertunjukan teater berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pertunjukan teater membutuhkan kerja sama yang baik dari semua pendukung panggung teater. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam pementasan teater antara lain sebagai berikut.

1. Pemilihan Peran (Casting)
Pemilihan naskah dilanjutkan dengan tahap persiapan pementasan lainnya. Salah satu yang utama adalah casting. Apa itu casting? Casting adalah pemilihan aktor atau aktris yang akan membawakan karakter dalam naskah drama. Casting dilakukan oleh sutradara.

Dalam pemilihan pemeran, sutradara boleh menerapkan salah satu dari beberapa teknik casting yang ada. Ingin tahu teknik casting apa yang digunakan sutradara untuk memilih aktor?

Beberapa teknik pengecoran, yaitu:
sebuah. Casting dengan kemampuan
Pemilihan aktor didasarkan pada keterampilan atau kemampuan yang sama atau mendekati peran yang dimainkan.
Misalnya: tokoh cerdas diperankan oleh orang yang cerdas, tokoh pendekar silat diperankan oleh orang yang pandai bela diri.

b. Casting untuk mengetik
Pemilihan pemain didasarkan pada kesesuaian fisik para pemain.
Misalnya: tokoh lama diperankan oleh orang tua, dan tokoh anak diperankan oleh anak.

BACA JUGA:  KKN? Siapin Diri dan Bawa Keperluan Ini Biar Lancar Jaya!

c. Pengecoran Anti-Tipe
Pemilihan aktor yang bertentangan dengan karakter dan ciri fisik peran yang dimainkan. Casting jenis ini dapat digunakan sebagai pendidikan bagi orang-orang yang memiliki karakter yang berlawanan.
Misalnya: orang yang lemah lembut dan ramah harus memerankan karakter yang kasar dan tidak ramah. Orang yang berbicara dengan lancar harus memerankan karakter bisu dan sebagainya.

d. Casting ke temperamen emosional
Pemilihan pemeran didasarkan pada pengamatan terhadap kehidupan pribadi seseorang. Aktor atau aktris yang memiliki banyak kecocokan dengan peran yang dimainkan akan dipilih untuk memerankan karakter tersebut.

e. Pengecoran terapi
Pemilihan pemeran ini bertujuan untuk membantu menyembuhkan ketidakseimbangan psikologis dalam diri seseorang.

Agar dapat memilih peran yang tepat, dibuat daftar karakter yang harus dimainkan. Daftar ini dilengkapi dengan dimensi fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Sutradara yang baik akan melakukan casting dengan hati-hati untuk mendapatkan pemain yang benar-benar sesuai dengan karakter yang diminta oleh naskah. Soalnya aktor dan aktris adalah ujung tombak yang akan berperan dalam naskah di depan penonton.

Setelah mendapatkan pemeran yang tepat melalui proses casting, yang perlu dilakukan adalah pelatihan peran.

2. Latih Perannya
Setelah casting (pemilihan peran) dilakukan, langkah selanjutnya adalah melatih peran tersebut. Latihan ini juga dipimpin oleh seorang sutradara. Dalam latihan peran ini diharapkan para pemain dapat mengubah karakter dalam naskah menjadi karakter nyata di atas panggung. Beberapa hal yang harus dilatih agar aktor dapat membawakan karakter dengan baik adalah:

a. Teknik penampilan figur di atas panggung
b. Dialog disampaikan dengan baik
c. Mengembangkan suasana agar pementasan teater tidak membosankan
d. Menyoroti tahap puncak
e. Dialog waktu dan gerak tubuh
f. Atur tempo permainan yang lambat
g. Menanggapi dan mendengar tokoh lain
h. Menyesuaikan dengan teknik panggung yaitu lighting, sound, music, make-up dan fashion.***

BACA JUGA:  mendukung pembangunan nasional merupakan wujud cinta tanah air di lingkungan
`