sebutkan 3 contoh bentuk interaksi manusia yang menjaga lingkungan alam

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “sebutkan 3 contoh bentuk interaksi manusia yang menjaga lingkungan alam”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “sebutkan 3 contoh bentuk interaksi manusia yang menjaga lingkungan alam”

Kehidupan manusia sangat bergantung pada lingkungan alam. Hal ini dikarenakan alam merupakan tempat bagi manusia untuk mencari perlindungan dan memenuhi kebutuhannya, mulai dari sandang, pangan, hingga papan.

Setiap hari, manusia akan terus berinteraksi dengan alam. Interaksi tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu interaksi positif dan interaksi negatif. Interaksi positif dapat menguntungkan alam, sedangkan interaksi negatif akan merugikan alam dan makhluk hidup di dalamnya.

Untuk menjaga kelangsungan lingkungan alam, manusia harus menghindari interaksi negatif dan meningkatkan interaksi positif. Ada banyak bentuk interaksi positif yang bisa dilakukan, misalnya menjaga kebersihan lingkungan.

Berikut ini adalah contoh interaksi positif manusia dengan lingkungan alam secara utuh.

Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam:

Mengolah Limbah

Mengutip situs resmi Kabupaten Paser, manusia bisa memberikan perlakuan khusus terhadap sampah sebagai bentuk interaksi positif dengan alam. Limbah dapat diolah terlebih dahulu sebelum dibuang agar tidak mencemari lingkungan.

Melakukan Daur Ulang Sampah

Daur ulang sampah adalah contoh interaksi positif yang dapat dilakukan manusia dengan alam. Melalui interaksi ini, manusia dapat mengurangi polusi dan penggunaan sumber daya alam.

BACA JUGA:  contoh essay kkn individu

Reboisasi

Penghijauan merupakan salah satu bentuk interaksi positif manusia dengan lingkungan alam. Manusia dapat menghutankan kembali lahan kritis, tandus dan tandus agar hutan tetap terjaga.

Pencegahan Erosi Pantai

Manusia dapat membangun interaksi positif melalui pencegahan abrasi pantai. Pencegahan ini dapat berupa penanaman pohon mangrove, reklamasi pantai, dan pembangunan pemecah gelombang.

Lakukan Penebangan Selektif

Tebang pilih adalah kegiatan menebang pohon-pohon tua di suatu kawasan hutan, agar pohon-pohon muda tetap tumbuh. Interaksi ini dapat membantu hutan mempertahankan spesies pohon tertentu.

Interaksi Antar Komponen di Lingkungan Alam

Makhluk hidup dengan lingkungannya yang saling berhubungan di alam disebut ekosistem. Mengutip buku Ketahanan Lingkungan Dasar, Lingkungan Dasar karangan Ahmad Husain, di lingkungan alam terjadi interaksi antara komponen abiotik dan biotik, atau sebaliknya bahkan antar komponen yang saling mempengaruhi.

Lantas, apa saja interaksi yang terjadi di lingkungan alam? Simak penjelasannya melalui contoh berikut:

1. Contoh interaksi komponen abiotik yang mempengaruhi komponen biotik
Tanah, suhu dan curah hujan mempengaruhi jenis tanaman yang tumbuh di suatu daerah.
Proses fotosintesis, sinar matahari dan karbondioksida membantu tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

2. Contoh interaksi antar komponen biotik yang mempengaruhi komponen abiotik
Area dengan banyak tumbuhan membuat suhu udara menjadi sejuk.
Daerah yang banyak tanamannya dapat menyimpan air tanah lebih banyak, karena tanah di bawah tanaman dapat menyerap air.

3. Contoh interaksi komponen biotik yang mempengaruhi komponen biotik
Beragamnya jenis tanaman yang tumbuh di suatu daerah diikuti juga dengan berbagai jenis hewan yang hidup di daerah tersebut.
Ada simbiosis. Simbiosis adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Misalnya, hubungan antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan madu dari bunga, dan bunga diserbuki oleh lebah.

BACA JUGA:  monitor printer dan sound merupakan perangkat komputer yang termasuk

4. Contoh interaksi komponen abiotik yang mempengaruhi komponen abiotik
Ada pelangi. Perbedaan warna pelangi disebabkan oleh pembelokan sinar matahari pada jarak yang berbeda. Sehingga menghasilkan warna pelangi.
Terjadi puting beliung api, terjadi di daerah yang mengalami kebakaran dan di daerah kebakaran terjadi angin. Sehingga akan diikuti pergerakan angin kencang atau pelan.

Perlu diketahui, pergerakan angin yang kencang akibat bertemunya dua arah angin yang berbeda menyebabkan pusaran. Jika gerakan angin ini menyentuh daerah yang mengalami kebakaran, maka api akan menyebar dan mengikuti arus angin puting beliung. Kemudian tornado akan berubah menjadi tornado api.

Interaksi Manusia dalam Lingkungan Alam
manusia termasuk dalam komponen biotik dalam ekosistem. Manusia juga berinteraksi dengan komponen ekosistem lainnya, baik hidup maupun tak hidup.

Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang mendominasi dengan alam.

Contoh interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam adalah manusia hidup dekat dengan sumber makanannya. Dalam hal ini manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan.

Sedangkan, interaksi manusia yang mendominasi alam contohnya adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Misalnya, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan.

`