sudut dibentuk oleh

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “sudut dibentuk oleh”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “sudut dibentuk oleh”

Sudut adalah luas yang terdiri dari dua garis. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kegiatan manusia yang berhubungan dengan sudut. Misalnya saat duduk, terbentuk sudut antara perut dan kaki. Selain itu sudut juga terdapat pada pemanah yaitu antara tangan dan badan pemanah.

Selain mudah ditemukan dalam aktivitas manusia, Anda juga dapat menemukan sudut pada objek di sekitar Anda, misalnya sudut yang terbentuk di antara jarum jam.

Materi tentang sudut juga biasa diajarkan dalam mata pelajaran matematika. Jadi bisa dipastikan kurang lebihnya kita sudah tahu. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri masih banyak yang hanya mengetahui, namun belum begitu memahami arti sudut secara lebih jelas dan apa saja jenis-jenisnya.

Berikut informasi sudut dan jenisnya yang telah dirangkum merdeka.com melalui academia.edu dan advernesia.com.

Definisi Sudut

Sudut adalah luas yang dibentuk oleh dua ruas garis yang memiliki titik awal yang sama. Kaki sudut adalah sinar yang membentuk sudut.

Titik sudut adalah titik perpotongan sinar dari kaki sudut. Area sudut adalah area yang terbentuk di antara kedua kaki sudut. Satuan sudut dinyatakan dalam dua jenis, yaitu derajat dan radian.

BACA JUGA:  makna lagu anak indonesia adalah

Berbagai Sudut

Sudut nol derajat (0°)

Dalam bahasa Inggris sudut ini disebut “zero degree”. Sudut nol derajat adalah sudut yang memiliki 0° dimana kedua garis pada sudut tersebut berimpit dan tidak membentuk luas sudut sama sekali.

Sudut tersebut hanya terlihat seperti garis lurus, tetapi sebenarnya adalah dua garis yang saling berhimpitan.

Bayangkan dua garis yang membentuk sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan salah satu garis berputar ke arah yang lain hingga keduanya terletak pada garis yang sama.

Sudut yang mereka buat telah menyusut dari ukuran aslinya menjadi nol derajat. Sudut yang terbentuk memiliki ukuran nol derajat.

Sudut tajam (0° < x < 90°)

Sudut lancip adalah jenis sudut yang memiliki sudut antara 0° dan kurang dari 90°. Notasi matematika dari sudut ini adalah 0° < x < 90°. X adalah sudut yang diukur. Sudut ini lebih kecil dari sudut siku-siku.

Dalam bahasa Inggris, sudut akut disebut “sudut akut”. Segitiga yang dibentuk oleh semua sudut berukuran kurang dari 90˚ disebut juga segitiga lancip.

Poligon seperti segitiga, jajaran genjang, trapesium terdiri dari setidaknya satu sudut lancip di dalamnya.

Macam-Macam Sudut

Sudut siku-siku (90°)

Sudut siku-siku adalah sudut yang memiliki besar sudut tepat 90°. Jika dua garis lurus saling berpotongan pada sudut 90˚ atau saling tegak lurus di persimpangan, keduanya membentuk sudut siku-siku.

Sudut siku-siku diwakili oleh simbol ∟. Sudut siku-siku, di dalam bahasa Inggris juga umum disebut dengan “right angle”.

Contoh sudut siku-siku ada di kehidupan sehari-hari. Kamu bisa melihat sudut siku-siku pada sudut-sudut ruangan, buku, kubus, jendela dan beberapa tempat lainnya.

BACA JUGA:  kata pengantar laporan kkn

Sudut Tumpul (90° < x < 180°)

Sudut tumpul merupakan satu di antara jenis sudut yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°.

Jika diterjemahkan dalam notasi matematika, sudut tumpul dituliskan dengan 90° < x < 180°, di mana x adalah besar sudut yang diukur.

Dalam bahasa Inggris sudut tumpul disebut juga sebagai “obtuse angle“. Sudut tumpul sebuah segitiga ada pada segitiga yang satu di antara sudutnya lebih besar dari 90 derajat.

Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau tak sama panjang.

Macam-Macam Sudut

Sudut lurus (180°)

Sudut dengan ukuran 180 derajat disebut sudut lurus. Itu terlihat seperti garis. Namun, sudut lurus berbeda dengan sudut 0 derajat.

Bayangkan dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan satu di antara garis berputar berlawanan arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Inilah yang disebut dengan sudut lurus.

Dalam bahasa Inggris, sudut lurus disebut “straight angle“. Sudut lurus terlihat seperti garis lurus, tetapi memiliki dua lengan. Di sisi lain, garis lurus hanya memiliki satu lengan yang menunjuk ke satu arah.

Sudut refleks (180° < x < 360°)

Jenis sudut ini memiliki besar sudut antara 180° hingga kurang dari 360°, atau jika ditulis dalam notasi matematika 0° < x < 90°, dengan x merupakan besar sudut yang diukur.

Sudut refleks memiliki julukan “reflex angle” dalam bahasa Inggris. Sudut ini lebih dari satu sudut lurus, tetapi kurang dari satu rotasi penuh.

Ukuran sudut refleks ditambahkan ke sudut lancip atau tumpul untuk membuat lingkaran 360 derajat penuh.***

BACA JUGA:  apa itu kkn korupsi kolusi dan nepotisme
`