jelaskan dua manfaat iringan musik dalam melakukan senam irama

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “jelaskan dua manfaat iringan musik dalam melakukan senam irama”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “jelaskan dua manfaat iringan musik dalam melakukan senam irama”

Senam irama adalah senam yang melibatkan sinkronisasi gerakan tertentu yang sesuai dengan irama. Irama dapat berupa ketukan, tepuk tangan, dan musik. Dengan kata lain, musik berfungsi sebagai pengiring dalam senam irama. Selain itu dengan adanya musik pada senam irama dapat meningkatkan semangat seseorang dalam melakukan gerakan senam irama.

Mendapatkan tubuh yang sehat dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan Grameds, mulai dari jogging hingga bersepeda.

Olahraga sebagai aktivitas fisik memiliki berbagai cabang yang dapat dipilih dan dipelajari. Jika ingin mencari sesuatu yang berbeda, senam irama bisa menjadi solusi yang patut dicoba.

Senam irama atau senam irama adalah salah satu jenis gerakan senam yang diiringi dengan musik. Senam irama juga tergolong olahraga aerobik yang menggabungkan gerakan senam, tari dan musik. Kedengarannya menyenangkan, bukan?

Sebagai olahraga yang menyenangkan, senam irama dapat dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Senam irama merupakan olahraga yang cukup digemari banyak orang karena menggunakan lagu latar untuk mengiringinya.

BACA JUGA:  Simak Pengertian Kimia Analisis, Jenis, Metode, Fungsi, dan Contohnya

Satu hal yang pasti, senam irama membutuhkan ketangkasan, kelenturan, kelincahan, dan daya tahan. Sebagai informasi, awalnya senam irama pada abad ke-18 diprakarsai oleh Francois Delsarte, Rudolf Bobe, dan Jean-Georges Noverre.

Mereka percaya akan pentingnya ekspresi dan keindahan dari sebuah gerakan yang dilakukan oleh tubuh. Kemudian gerakan senam irama yang kita kenal dikembangkan oleh Peter Henry Ling, Hinrich Medau, dan Catharine Beecher.

Dalam perkembangannya, senam irama menarik perhatian penggemarnya dari Amerika, Jepang, Indonesia, dan seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, senam mulai berkembang pada tahun 1963 menjelang Ganefo Games (Games of The New Emerging Forces).

Perkembangan senam irama di Indonesia bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Olahraga yang satu ini melibatkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan tubuh.

Senam merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Senam irama sebagai latihan fisik yang sistematis dapat diartikan sebagai ekspresi jiwa yang muncul secara spontan untuk bergerak dan meningkatkan rasa seni.

Senam irama juga dapat dilakukan dengan alat yang dipegang (alat tangan), seperti tali, bola, pita, topi, simpai, dan gada. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara melompat, memutar tangan, berlari, berjalan dan mengayun.

Irama musik pengiring akan membentuk koordinasi gerakan senam irama. Senam irama dikategorikan sebagai jenis senam umum yang mudah diikuti, melibatkan banyak peserta, tidak memerlukan biaya tinggi, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Secara garis besar senam irama terdiri dari tiga bagian yaitu pemanasan, inti, dan pendinginan. Pada tahap pemanasan dilakukan gerakan senam irama dengan tujuan mempersiapkan kondisi tubuh secara fisiologis dan psikologis.

BACA JUGA:  lagu untuk backsound video kkn

Pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan sistem pernapasan, otot, peredaran darah, dan persendian. Pada tahap core atau inti, gerakan belajar motorik kasar dilakukan untuk melatih kelentukan, kekuatan, kelincahan, dan koordinasi otot.

Pada tahap cooling down, gerakan-gerakan senam dilakukan dengan tujuan untuk menetralisir metabolisme tubuh setelah melakukan gerakan inti. Tahapan pendinginan pada senam irama dapat melenturkan otot, mengatur pernafasan, dan menenangkan kondisi tubuh sehingga kembali rileks.

Kemudian senam irama memiliki unsur-unsur penting yang menarik untuk dipelajari, seperti kelentukan, kesinambungan, kelentukan, dan ketepatan irama. Dapat disimpulkan bahwa senam irama adalah rangkaian gerakan senam yang diiringi irama atau musik.

Fungsi Musik dalam Senam Irama

Dalam senam irama yang menjadi pokok utama dalam hal ini yaitu irama itu sendiri. Irama bisa dihasilkan oleh ketukan. Ketukan ini biasanya sering dijumpai dalam musik, karena setiap musik memiliki ketukannya sendiri. Inilah kegunaan musik yang bisa menyempurnakan dan membentuk keharmonisan dalam senam irama.
Urutan gerakan dalam senam irama sendiri dimulai dari pemanasan, gerakan inti, lalu yang terakhir adalah pendinginan. Diketahui dari berbagai sumber, senam irama dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat. Contoh alat yang digunakan dalam senam irama adalah tali, gada, simpai, bola, dan pita.

Manfaat Senam Irama

Senam irama merupakan senam yang sangat menyenangkan untuk dilakukan rutin dengan diiringi musik. Senam ini pun memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh seperti; menjaga kesehatan tulang, menjaga kualitas jantung, kesehatan paru – paru, dan dapat melatih keseimbangan tubuh.

Nah, itulah tadi informasi mengenai fungsi musik dalam senam irama. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

BACA JUGA:  Contoh Essay KKN!! Menggunakan Tema Unik dan Menarik