pulau manakah yang paling padat penduduknya di indonesia

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan membahas “pulau manakah yang paling padat penduduknya di indonesia”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “pulau manakah yang paling padat penduduknya di indonesia”

Kepadatan penduduk atau kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang mendiami suatu wilayah per kilometer persegi. Kepadatan penduduk dengan pertumbuhan yang tinggi ditandai dengan peningkatan pertumbuhan penduduk dan peningkatan jumlah pemukiman dalam suatu wilayah.

Berdasarkan pepatah urban population density book, peningkatan ekspatriat yang pindah ke daerah tertentu menyebabkan peningkatan kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk sering menjadi masalah sosial di kota-kota besar dan padat penduduk di Indonesia. Masalah kepadatan penduduk antara lain kemacetan, kriminalitas, banjir, industri penghasil sampah, kota dan permukiman kumuh yang semakin kotor.

Juga, menurut buku yang sama, setiap daerah dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis menurut kepadatan penduduknya.

kelebihan populasi

Kelebihan populasi adalah kondisi suatu wilayah untuk jangka waktu terbatas ketika persediaan yang diperlukan tidak cukup memenuhi kebutuhan wilayah tersebut.

subpopulasi

Kondisi suatu wilayah tertentu dengan jumlah penduduk yang sangat sedikit dan hanya sebagian kecil dari sumber daya alam yang ada

Populasi Optimal (Populasi Optimal)

Jumlah penduduk optimal berdasarkan wilayah tertentu. Penduduk mendapatkan produksi per kapita yang maksimal berdasarkan sumber daya alam yang tersedia dan teknologi yang dikembangkan.

Kepadatan penduduk perkotaan dapat terjadi karena tren urbanisasi. Minimnya lapangan pekerjaan di pedesaan dan banyaknya kesempatan kerja di kota-kota besar telah menyebabkan penduduk desa melakukan urbanisasi di kota, berharap mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di kota.

BACA JUGA:  pernyataan yang tepat tentang ciri-ciri komponen penyusun darah adalah

Berdasarkan penjelasan di atas, pulau manakah yang paling padat penduduknya? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pulau terpadat di Indonesia

Sebuah pulau dengan penduduk Indonesia masih dipegang oleh Jawa. Hasil Sensus Penduduk BPS-nya pada Publikasi Infografis Statistik Indonesia 2021 Menurut hasil sensus penduduk 2020 (September), jumlah penduduk Indonesia adalah 270,2 juta jiwa. Bertambah 32,56 juta jiwa dari sensus 2010 Publikasi tersebut juga mengklaim persebaran penduduk Indonesia tidak merata. Lebih dari separuh penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa. Hal ini menjadikan Pulau Jawa sebagai pulau terpadat di Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang terletak di benua Asia Tenggara. Berdasarkan posisi astronomisnya, Indonesia terbentang dari 6°LU hingga 11°LS, dan Indonesia terbentang dari 95°BT hingga 141°BT. Diambil dari buku 153 Yang Terbanyak karangan Anna Fauziah dan Irwan Nuswantoro (2010: 6) Keanekaragaman: suku, bahasa dan agama yang tersebar di seluruh pulau.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas pulau-pulau yang paling sedikit penduduknya di Indonesia.

Pulau berpenduduk paling sedikit di Indonesia

Pada dasarnya, pulau berpenduduk paling sedikit di Indonesia tidak diketahui. Hal ini karena Indonesia memiliki kurang lebih 17.504 pulau yang termasuk dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun, berdasarkan data statistik Indonesia terbaru untuk tahun 2021, di bawah ini adalah pulau-pulau besar di Indonesia yang diurutkan berdasarkan jumlah penduduknya.

Papua = 5,4 juta

Papua memiliki luas 420.504 kilometer persegi. Papua adalah salah satu pulau terbesar di dunia dengan pemandangan yang begitu indah.

Kalimantan = 16,6 juta

Selain Papua, Kalimantan juga masuk dalam tiga pulaunya di Indonesia, pulau terbesar di dunia. Kalimantan memiliki alam yang sangat kaya.

Sulawesi = 19,9 juta

Sulawesi adalah pulau unik berbentuk seperti huruf “K”. Pulau ini adalah pulau ketiganya dengan penduduk paling sedikit.

Sumatera = 58,6 juta

Sumatera memiliki luas sekitar 400.000 kilometer persegi dan terdiri dari 10 provinsi. Pulau ini merupakan pulau terpadat kedua di Indonesia setelah Pulau Jawa.

BACA JUGA:  Mencari Inspirasi Surat Perpisahan untuk KKN yang Unik dan Berkesan

Pulau Jawa = 151,6 juta

Pulau Jawa dikenal sebagai pulau terpadat di Indonesia. Meski luasnya hanya 132.107 kilometer persegi, Jawa berpenduduk padat.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikaruniai puluhan ribu pulau. Dari puluhan ribu pulau, manakah yang paling padat penduduknya? Indonesia memiliki setidaknya lima pulau besar: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia pada tahun 2018 di antara lima pulau besar. Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten.

Populasi Jawa diperkirakan mencapai lebih dari 152 juta jiwa pada tahun 2020. Terbagi dengan luas Pulau Jawa yang mencapai 128.297 km2, kepadatan penduduknya mencapai 1.184 jiwa per km2. Artinya, seluas 1 kilometer persegi dihuni oleh 1.184 jiwa. Pulau Jawa juga merupakan pulau terbesar dan terpadat di Indonesia pada tahun 2020.

Meluncurkan pula situs World Atlas, Jawa bukan hanya Indonesia, tapi akan menjadi pulau terpadat di dunia pada 2019. Pulau Jawa diperkirakan berpenduduk 141 juta jiwa. Artinya, 56% penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa. Dari enam provinsinya di Jawa, DKI Jakarta adalah yang terpadat.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, jumlah penduduk DKI Jakarta mencapai 11.063.324 jiwa pada tahun 2019 saja. Dengan luas hanya 662,33 km2, memiliki kepadatan penduduk 16.704 jiwa per km2, menjadikannya pulau terpadat di Pulau Jawa.

Di sisi lain, provinsi terpadat adalah Jawa Barat. Menurut data tahun 2018, Jawa Barat sendiri berpenduduk 48,6 juta jiwa. Pada tahun 2020, populasi Jawa Barat diperkirakan mencapai lebih dari 49 juta jiwa.

Negara dengan penduduk terbanyak
1. Jawa Barat

Jawa Barat memiliki populasi 46.092.205 dan Bandung juga merupakan wilayah metropolitan yang besar.

Bayangkan jika jumlah penduduk Jawa Barat tidak jauh berbeda dengan Spanyol, negara Eropa yang berpenduduk 47.329.981 jiwa.

BACA JUGA:  lagu pelangi pelangi bahasa arab

2. Jawa Timur

Jumlah penduduk Jawa Timur mencapai 40.963.227. Tak heran, kepadatan penduduk Surabaya dan sekitarnya tidak jauh berbeda dengan Jakarta.

Dibandingkan dengan Irak yang berpenduduk 40.150.200 jiwa, bisa dibayangkan tidak banyak negara di Timur Tengah.

3. Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki jumlah penduduk sebanyak 36.896.752 jiwa dan meskipun sebenarnya tersebar, Semarang bukanlah wilayah metropolitan.

Anda bisa membandingkan jumlah penduduk Jawa Tengah dengan jumlah penduduk negara Afrika Maroko yang mencapai 36.059.206 jiwa.

4. Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan provinsi terpadat di Sumatera yaitu mencapai 15.032.170 jiwa.

Jumlah ini sebanding dengan jumlah penduduk Kamboja, negara Asia Tenggara yang mencapai 15.288.499 jiwa.

5. DKIJakarta

Penduduk Jakarta sudah mencapai 11.100.929, tapi jangan heran kalau Jakarta padat penduduk.

Jumlah penduduk kota Jakarta tidak jauh berbeda dengan penduduk Kuba, negara Amerika Tengah yang mencapai 11.193.470 jiwa.

6.Banten

Padahal, penduduk Indonesia terkonsentrasi di pulau Jawa, jadi jangan heran jika penduduk Banten mencapai 11.042.532 jiwa.

Penduduk Banten juga melebihi Yordania, negara Timur Tengah dengan jumlah penduduk 10.801.436 jiwa.

7. Sulawesi Selatan

Negara menjadi satu-satunya wilayah di luar Jawa dan Sumatera yang masuk 10 besar dengan jumlah penduduk 9.175.971 jiwa.

Penduduk Sulawesi Selatan tak jauh berbeda dengan Israel, negara Timur Tengah yang berpenduduk 9.270.700 jiwa.

8.Lampung

Provinsi lain dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Lampung, juga di Sumatera, dengan 9.062.766 jiwa.

Dibandingkan dengan negara tetangga Indonesia, Papua Nugini, jumlah penduduknya mencapai 8.935.000.

9. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan adalah provinsi lain dengan populasi terbesar dengan jumlah penduduk 8.342.101.

Jumlah penduduk negara ini bahkan lebih tinggi dari negara Afrika Selatan Sierra Leone yang mencapai 8.100.318 jiwa.

10.Riau

Riau merupakan provinsi terpadat yang masuk 10 besar dengan jumlah penduduk 5.834.950 jiwa.

Jumlah penduduknya tak jauh berbeda dengan Denmark, negara Eropa yang berpenduduk 5.825.337 jiwa.***

`