sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih” mari kita lanjutkan

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih”

Pengertian Senam

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan berbagai gerakan tubuh dan membutuhkan kecepatan, kekuatan dan keserasian gerakan fisik.

Senam dapat membantu seseorang meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental dan spiritual pada orang yang mempraktekkannya.

Tidak hanya itu, olahraga juga membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Berolahraga secara rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih ideal, sehingga membuat seseorang tampil lebih percaya diri.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern, senam mengalami perkembangan yang cukup pesat yaitu semakin banyaknya jenis senam.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang senam, Anda dapat membaca definisi ahli, jenisnya, dan manfaatnya.

Berikut rangkuman pendapat para ahli tentang senam, jenisnya, dan manfaatnya, seperti dilansir dari laman Gurudik dan Sehatq, Selasa (23/2/2021).

Mahendra (2000:14)
Senam adalah kegiatan utama yang paling berguna untuk mengembangkan komponen fisik dan keterampilan motorik.

Madjono (2010:1)
Senam adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang sistematis, teratur, dan terencana melalui pelaksanaan gerakan-gerakan tertentu yang bermanfaat bagi tubuh.

BACA JUGA:  blandhong tegese

Sutrisno dan Gaddafi (2010:60)
Senam adalah setiap bentuk aktivitas fisik yang terorganisir secara sistematis dengan gerakan yang dipilih dan direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Margono (2009:19)
Senam adalah latihan gerak tubuh yang dipilih dan dibuat dengan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan kepribadian yang serasi.

Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)
Senam adalah bentuk aktivitas fisik yang dipilih dan dibangun secara sadar, dilakukan secara sadar dan direncanakan, diselenggarakan secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental dan spiritual.

Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)
Senam adalah aktivitas fisik di atas lantai atau di atas peralatan untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelentukan, mobilitas, koordinasi, dan pengendalian diri.

Muhajir (2006:71)
Senam merupakan kegiatan utama yang paling berguna untuk mengembangkan komponen fisik dan gerak.

Sejarah Senam

Istilah Senam berasal dari bahasa Yunani kuno “gymnos”. Kata gymnos dalam senam berasal dari kata Yunani yang berarti latihan melalui “telanjang”.

Senam sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno dan nama asli olahraga ini adalah Senam. Istilah senam berasal dari gymnos (Yunani kuno) yang berarti telanjang, karena pada masa itu senam dilakukan tanpa busana.

Perlu diketahui bahwa senam pada zaman Yunani kuno tidak digunakan untuk olahraga seperti sekarang ini, melainkan untuk pemujaan dewa Zeus.

Namun seiring berjalannya waktu, senam mulai masuk ke dalam dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan di Amerika Serikat pada abad ke-2 oleh Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly Sorgen dan Thomas D.Wood.

Selanjutnya senam terus berkembang hingga akhirnya pada tanggal 23 Juli 1881 berdirilah sebuah wadah bernama FIG (Federation Internationale de Gymnastique).

BACA JUGA:  sebutkan contoh penggunaan hak secara bertanggung jawab

Macam macam Senam

Senam artistik

Senam artistik adalah jenis senam yang umum dalam kompetisi. Jenis gerakan senam ini terdiri dari masing-masing perangkat dan telah ditentukan sesuai dengan kompetisi masing-masing.

Contoh senam artistik antara lain senam lantai, kuda tunggangan, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain-lain.

Senam ritmik sportif

Senam ritmik merupakan salah satu jenis senam yang muncul dari perkembangan senam ritmik yang diiringi dengan irama musik yang menciptakan gerak tubuh dan alat musik yang indah.

Senam akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam yang mengontrol gerakan akrobatik, sehingga latihannya sering kali melibatkan jungkir balik sambil mengharuskan pesenam mendarat di tangan dan bahu pasangannya.

Senam aerobik 

Senam aerobik merupakan salah satu jenis senam yang berasal dari pengembangan senam aerobik berupa tarian atau senam tertentu, yang kemudian dipadukan dengan akrobatik yang sulit.

Senam di atas trampolin

Senam trampolin adalah salah satu bentuk senam yang berkembang dari perkembangan senam di atas trampolin. Senam jenis ini awalnya dilakukan untuk membantu seseorang melakukan gerakan melingkar akrobatik di udara bersih.

Karena latihannya yang cukup menarik menjadikannya sebagai salah satu cabang olahraga yang dimainkan.

Senam umum

Senam umum merupakan jenis senam yang berbeda dari kelima senam yang telah disebutkan di atas. Contohnya senam aerobik, senam pagi, senam fitnes dan lain-lain.

Manfaat Senam

Membantu koordinasi tubuh

Semua jenis senam membutuhkan koordinasi yang baik. Semakin banyak rutinitas yang Anda lakukan, semakin cepat tubuh Anda beradaptasi saat berolahraga.

Melakukan gerakan yang sulit juga membutuhkan koordinasi yang baik. Dalam jangka panjang, hal ini tentunya akan memberikan efek positif bagi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tubuh menjadi lebih lentur

Beberapa gerakan senam membutuhkan kelenturan tubuh. Semakin banyak Anda berlatih ini, semakin fleksibel tubuh Anda. Hal ini dapat mengurangi risiko cedera dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk bergerak bebas.

BACA JUGA:  Mengapa Program Magang Penting untuk Perusahaan? Ini Alasannya

Meningkatkan kekuatan

Sebagian orang menganggap bahwa gerakan senam itu sulit. Padahal, para atlet tersebut adalah pemula yang memiliki pemikiran serupa. Namun, dengan latihan yang teratur, senam dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas dan bawah Anda.

Tingkatkan Keyakinan

Olahraga teratur dapat meningkatkan produksi endorfin. Ini bisa membuat seseorang bahagia dan percaya diri. Tidak hanya itu, postur tubuh menjadi lebih ideal karena tubuh menjadi lebih lentur.

penghambatan proses penuaan

Olahraga teratur dapat menghambat proses penuaan atau degenerasi. Selain itu, orang yang berolahraga secara teratur mencapai kebugaran jasmani yang baik, yang terdiri dari unsur-unsur kekuatan otot, kelenturan sendi, rentang gerak, kelenturan, kebugaran kardiovaskular, dan kebugaran neuromuskuler.

Jadi Senam lantai perilaku lilin ialah sebuah gerakan senam yg dilakukan di atas matras dengan gerakan kaki tegak berada pada atas sedangkan kepala berada dibawah sebagai akibatnya menyerupai lilin.

Penjelasan:

Cara melakukan sikap lilin:

  • Sikap lilin awalan terlentang. Anda wajib tidur terlentang serta ke 2 kaki lurus kedap, sedangkan ke 2 tangan lurus berada pada samping kanan serta kiri.
  • Padangan lurus keatas, setelah itu angkat ke 2 kaki dan pinggul bantu memakai tangan buat dorongan kaki ke atas. Kaki wajib kedap dengan didorong memakai tangan yg berbentuk mirip siku. Pastikan Bila kaki dan pinggul Anda lurus, sehabis itu jaga keseimbangannya.
  • Kitaka melakukan pendaratan atau menurunkan kaki harus pelan pelan, hal tersebut supaya tidak terjadi cedera.

Tujuan senam lantai sikap lilin ialah untuk melatih keseimbangan tubuh dan menjaga tubuh permanen sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.***