cara mengganti nomor telepon di Gmail

Cara Mengganti Nomor Telepon di Gmail Tanpa Susah Payah

Penggunaan dari akun email, tentu membuat banyak orang semakin terbantu dalam bertukar pesan sejak zaman dahulu. Lalu apakah ada cara mengganti nomor telepon di Gmail? Karena memang terkadang nomor tersebut sudah tidak aktif lagi. Tapi sebelum itu, simak penjelasan berikut:

Apa Sebetulnya Gmail Itu?

Gmail adalah salah satu layanan surel yang Google menjadi pemiliknya. Para pengguna nantinya bisa mengakses fitur tersebut dalam bentuk surat web https, tipe protokol pop 3 atau IMAP4. Kemudian teknologi seperti ini memang diluncurkannya dengan bentuk beta pada 2004.

Tersedia untuk seluruh publik itu baru tahun 2007. Kemudian Gmail juga jadi salah satu teknologi antarmuka yang punya basis javascript atau Ajax. Kemunculannya memudahkan setiap pemakai untuk bisa mengirimkan pesan.

Bukan hanya dalam bentuk teks saja, tapi dimulai dari file, audio, gambar, video dan beberapa jenis lainnya. Kemudian masuk ke dalam salah satu layanan yang user friendly, jadi seluruh browser bisa mengaksesnya.

Fungsi dan Manfaat Gmail

Para pengguna ponsel pintar, Gmail sendiri bukan hanya berfungsi menjadi media berkirim pesan. Tapi juga sebagai integrasi dengan berbagai macam produk Google lainnya. Kemunculannya itu juga akan jadi alasan kuat akan faktor keamanannya. Berikut ini merupakan beberapa fungsinya:

1.      Terpakai Sebagai Identitas Diri

Fungsi secara umum dari email itu adalah menjadi identitas diri. Karena memang hampir kebanyakan layanan aksesnya akan menggunakan internet Jadi butuh data pribadi. Mengenai contoh paling simpelnya adalah ketika ingin mendaftarkan ke Facebook.

BACA JUGA:  5 Situs Penghasil Uang di Internet Siap Mengisi Rekeningmu

Maka tentu saja para pengguna punya kewajiban untuk memiliki email seperti Gmail. Kemudian email inilah yang punya fungsi menjadi identitas para pengguna dalam proses verifikasi. Itu pastinya akan jadi jaminan keamanan pada akun FB.

2.      Sebagai Media Pemasaran

Biasanya para pebisnis online sampai saat ini memang memanfaatkan email menjadi media pemasarannya. Sebetulnya istilah lain adalah email marketing. Walaupun metode seperti ini memang tidak terlalu populer saat ini.

Tapi memang betul jika email marketing punya efektivitas sangat tinggi. Bahkan banyak sekali pebisnis, CEO bahkan sampai pegiat internet marketing selalu memanfaatkan Gmail ketika melakukan komunikasi. Tentu saja alasannya akan terlihat lebih profesional.

3.      Menjadi Sarana Mendaftar Berbagai Situs

Fungsi lain dari Gmail itu adalah sarana untuk mendaftarkan ke situs web atau sosial media. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Penggunaan dari email itu mampu menjadi data diri untuk berbagai macam medsos dimulai dari Twitter, Facebook bahkan sampai Instagram.

Bahkan biasanya layanan digital payment pun juga akan membutuhkan email pada saat proses verifikasi atau pendaftarannya. Jadi tentu saja bukan hanya menjadi sarana untuk mengirimkan pesan singkat.

4.      Bisa Mengakses Beragam Produk Google

Dengan hanya menggunakan satu akun Gmail, para pengguna bisa melakukan akses berbagai macam produk Google. Di YouTube, Google sheet, Google docs, Google maps Google Drive, Google play store dan masih banyak lagi.

Karena memang seluruh akses tersebut akan tersimpan pada data fase Google. Alhasil bisa meningkatkan relevansi ikan. Cara pemakainya juga bisa melihat aktivitas dengan melalui halaman activity.

5.      Bisa Akses Pada Perangkat Android

Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang telah dikembangkan oleh Google. Maka dari itu, para pemakai ketika menggunakan ponsel ini akan membutuhkan Gmail atau akun Google agar bisa mengakses berbagai macam hal.

Bukan hanya integrasi serta kemudahan aksesnya, namun pasar Android sendiri juga lebih aman apabila menjadi gadget sehari-hari. Karena ketika ponsel tersebut hilang atau tercuri maka mereka tidak akan pernah bisa mengambil data pribadi.

BACA JUGA:  Cara Verifikasi Akun YouTube dan Cara Mengatasi Permasalahannya

6.      Mampu Lakukan Pelacakan Perangkat Android yang Hilang

Para pengguna bisa melakukan akses perangkat Android meskipun berada dalam jarak jauh. Pada saat kehilangan ponsel bisa memanfaatkan akun Google tersebut yang memang sudah terhubung pada handphone.

Apabila perlu para pemakai wajib sekali mengunci ponsel agar tidak bisa diakses oleh orang lain ketika menemukannya. Dalam aksesnya sendiri harus bisa melalui halaman temukan ponsel atau find your phone. Jadi bisa memantau bahkan menghapus seluruh data pada HP itu.

Apa Dengan Verifikasi Telpon Beresiko Terhadap Privasi di Gmail?

Memang tidak semua orang itu nyaman memberikan nomor teleponnya kepada perusahaan-perusahaan. Jika itu untuk Google atau Gmail memang sangat wajib karena punya tujuan utama sebagai perlindungan akun online.

Jadi sangat tidak mungkin apabila nomor telepon yang sudah terdaftar akan terpakai dengan tujuan lain. Karena memang sudah beberapa tahun silam penggunaan dari verifikasi telepon telah menjadi salah satu hal untuk bisa mengirimkan notifikasi kode.

Karena memang dengan adanya nomor telepon ini bisa memberikan banyak informasi ketika terdapat situasi darurat. Misalnya saja, ada orang yang tengah membobol akun dan pastinya akan segera muncul pemberitahuan tersebut.

Trik Cara Mengganti Nomor Telepon di Gmail

Pada saat nomor ponsel yang sebelumnya telah terdaftar pada Gmail sudah tak aktif lagi. Wajib sekali segera menggantinya. Apalagi mengingat beberapa fungsi seperti di atas, lalu bagaimana caranya? Lebih baik simak penjelasan dari rumah teknologi berikut ini:

1.      Pergantian Nomor Hp di Gmail Via Smartphone Android

Pada saat Anda menggunakan Smartphone untuk bisa mengganti nomor handphone yang ada pada Gmail. Bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini dan terjamin sekali mampu terlaksana dengan mudah. Yakni:

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu menulis setting.
  • Anda dapat langsung menggulirnya ke bawah.
  • Maka akan menemukan menu Google.

  • Apabila sudah, klik saja menu tersebut.
  • Setelah itu klik opsi kelola akun Google.
  • Langkah selanjutnya harus memilih info pribadi.
  • Baru setelah itu klik menu telepon.
BACA JUGA:  6 Rekomendasi Aplikasi Edit Gambar Dan Tulisan

  • Anda dapat menekan nomor HP.
  • Baru setelah itu klik ikon pensil.
  • Selanjutnya tap tombol update number atau perbarui nomor.

  • Kemudian tab select apabila nomor baru tersebut telah terinput.

  • Sedangkan langkah terakhir ketik saja nomor HP pada bagian itu.
  • Kemudian lakukan verifikasi menggunakan SMS.

2.      Step Dalam Ganti Nomor Hp Gmail Lewat iPhone

Cara mengganti nomor telepon di gmail selanjutnya adalah dengan menggunakan iPhone. Langkah seperti ini memang cocok sekali terpakai apabila memang Anda merupakan pengguna iOS. Jadi tidak perlu lagi merasakan khawatir, sebab step by stepnya cukup gampang seperti berikut ini:

  • Pertama-tama, jalankan terlebih dahulu aplikasi Gmail.
  • Baru setelah itu pilihlah icon 3 garis vertikal.
  • Ini memiliki fungsi untuk bisa melihat menu Gmail.
  • Kemudian pilihlah menu setting dan akun.
  • Lalu pilih saja menu kelola akun Google.
  • Setelah itu bisa buka menu info pribadi dan masuk ke bagian opsi telepon.
  • Kemudian klik tulisan menu edit tepat pada samping nomor HP.
  • Pengeditan dan klik selesai.

3.      Trik dalam Ganti Nomor Hp di Gmail Pakai Laptop

Terdapat langkah lain yang bisa juga menjadi salah satu cara untuk bisa mengganti nomor handphone pada bagian Gmail. Yaitu dengan menggunakan laptop ataupun PC. Lalu hanya perlu memanfaatkan aplikasi web browser saja. Berikut ini merupakan ulasannya:

cara mengganti nomor telepon di Gmail

  • Kemudian klik saja info kontak.
  • Baru setelah itu memilih menu telepon.
  • Langkah selanjutnya adalah klik nomor telepon.

cara mengganti nomor telepon di Gmail

  • Nantinya Anda segera melakukan login.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kata sandi akun.
  • Langkah berikutnya yaitu tap lagi icon pensil.
  • Agar bisa melakukan pengeditan nomor telepon.

cara mengganti nomor telepon di Gmail

  • Pada layar selanjutnya klik saja update nomor.

cara mengganti nomor telepon di Gmail

  • Kemudian masukkan nomor baru dan tab menu pilih.
  • Terakhir adalah memilih menu kemudian dapatkan kode untuk langkah verifikasi.

Cukup mudah bukan cara mengganti nomor telepon di Gmail? Tentu saja ini merupakan salah satu langkah terbaik agar nantinya bisa mengganti nomor handphone yang masih aktif agar selalu mendapatkan pemberitahuan.