Simak Tahapan dalam Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tahu

Simak Tahapan dalam Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tahu

RumahTeknologi.com – Bagi mahasiswa di perguruan tinggi, skripsi merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan gelar. Tugas akhir atau tugas akhir merupakan karya tulis ilmiah yang harus dikerjakan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studinya pada jenjang Strata 1 untuk memperoleh gelar.

Tesis merupakan bukti bahwa seorang mahasiswa telah cukup menguasai suatu bidang keilmuan. Nah, sebagai mahasiswa tentunya mengetahui tahapan pengerjaan skripsi adalah suatu keharusan.

Hal ini dikarenakan mengetahui tahapan yang ada akan memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya. Kampus biasanya menerbitkan panduan yang disiapkan khusus agar mahasiswa dapat mengerjakan skripsinya dengan baik dan benar. Meski begitu, tidak sedikit siswa yang tidak mampu memahami isi buku pedoman secara memadai.

Tahapan pengerjaan tugas akhir

Skripsi memiliki beberapa tahapan dalam pengerjaannya. Tahapan-tahapan ini akan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Setiap tahap-tahap dalam mengerjakan skripsi tentunya wajib dilalui oleh seorang mahasiswa agar ia bisa dinyatakan lulus skripsi dan segera memperoleh gelar sarjana.

Tahapan penyelesaian skripsi tersebut adalah sebagai berikut:

Mengajukan judul skripsi

Tahap pertama dalam mengerjakan skripsi adalah melakukan pengajuan judul skripsi. Sebelum menyusun skripsi seorang mahasiswa harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan judul dari dosen program studi. Pengajuan judul ini biasanya dilakukan dengan membuat outline skripsi dan diajukan kepada Program Studi.

Banyak mahasiswa yang gagal pada fase ini. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang judulnya ditolak sampai berkali-kali. Akan tetapi banyak juga mahasiswa yang langsung mendapatkan persetujuan judul begitu ia mengajukannya untuk pertama kalinya.

BACA JUGA:  Berikut Contoh Proker KKN Manajemen SDM di Berbagai Bidang

Nah, untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya seorang mahasiswa harus mampu melalui tahap ini terlebih dahulu.

Menyusun proposal penelitian

Setelah mendapatkan persetujuan judul, mahasiswa bisa melanjutkan ke tahap proposal. Pada tahap ini mahasiswa akan dipandu oleh satu atau dua orang dosen pembimbing.

Pada tahap ini mahasiswa sudah mulai sering berinteraksi dengan dosen pembimbing untuk melakukan penyusunan proposal penelitian. Proposal penelitian umumnya berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode penelitian, serta kajian pustaka yang digunakan.

Presentasi seminar proposal

Seminar proposal adalah momen pertama yang cukup menegangkan bagi sebagian mahasiswa. Bagaimana tidak, momen seminar proposal adalah kali pertama dimana mahasiswa akan berhadapan dengan dosen penguji. Dihadapan dosen penguji inilah proposal mahasiswa akan diuji dan mendapatkan banyak pertanyaan.

Agar dapat melalui tahap ini mahasiswa minimal harus menguasai semua materi yang dimuat dalam proposal skripsinya.

Revisi dan penelitian

Setelah melakukan seminar proposal, mahasiswa akan dihadapkan dengan revisi proposal. Jika telah selesai melakukan revisi dan mendapatkan acc maka mahasiswa bisa mulai melakukan penelitian.

Penelitian adalah pengumpulan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian untuk kemudian diolah dan dibahas oleh mahasiswa. Setelah proses penelitian, mahasiswa bisa langsung melakukan penyusunan bab 4 dan bab 5 skripsi yang berisi hasil dan pembahasan serta kesimpulan penelitian.

Seminar hasil

Jika skripsi telah selesai dikerjakan, mahasiswa akan berhadapan lagi dengan dosen penguji di tahap seminar hasil atau pendadaran. Tahap ini adalah tahap yang cukup menentukan kelulusan skripsi mahasiswa. Pada seminar hasil mahasiswa akan memaparkan hasil yang didapatkan selama melakukan penelitian. Nah setelah sidang mahasiswa hanya perlu melakukan revisi dan mendapatkan persetujuan hasil akhir skripsi dari dosen pembimbing. Itulah tahap-tahap dalam mengerjakan skripsi yang wajib diketahui. Jika kamu menemui permasalahan pada tahapan ini kamu bisa menghubungi Magna Statistika untuk mendapatkan layanan statistik terbaik untuk masalah skripsi kam

BACA JUGA:  Berikut Contoh Surat Undangan Perpisahan KKN Sederhana