Ingin Magang Lintas Jurusan? Emang Boleh? Begini Penjelasannya

Ingin Magang Lintas Jurusan? Emang Boleh? Begini Penjelasannya

Dalam dunia pekerjaan yang terus berkembang, banyak individu yang merasa kurang yakin dengan pilihan karier mereka. Namun, mereka tidak perlu khawatir jika ingin mencoba magang di luar bidang studi yang mereka tekuni.

Artikel ini akan menjelaskan mengapa magang lintas jurusan boleh dilakukan, bagaimana memanfaatkan kesempatan tersebut, serta memberikan tips yang berguna bagi mereka yang ingin mengembangkan kemampuan dan mengejar passion melalui pengalaman magang.

Mengapa Memilih Magang Lintas Jurusan?

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih untuk magang lintas jurusan adalah karena mereka merasa salah dalam memilih jurusan saat kuliah.

Beberapa orang baru menyadari passion mereka yang sebenarnya saat sudah berada di dunia perkuliahan. Memilih magang lintas jurusan dapat menjadi peluang emas bagi mereka yang ingin mencoba pekerjaan di luar bidang studi mereka.

Kamu tidak perlu takut untuk mencari dan melamar magang yang tidak sesuai dengan jurusan kamu sebelumnya. Lebih baik fokus pada kemampuan yang kamu miliki agar kamu dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan. Jangan membatasi diri sendiri untuk mengembangkan kemampuan di luar ranah jurusanmu.

Perusahaan yang Menghargai Kemampuan

Perkembangan zaman telah membuat banyak perusahaan melihat kelebihan kandidat berdasarkan pengalaman, kemampuan, dan minat mereka terhadap posisi yang dilamar, bukan hanya latar belakang pendidikan mereka. Salah satu contoh perusahaan yang tidak terlalu mempertimbangkan latar belakang pendidikan adalah The Body Shop.

BACA JUGA:  12 Contoh Program Kerja KKN Jurusan PAI, Pastinya Inovatif dan Berdampak Positif!

Jadi, jangan ragu untuk mencoba magang lintas jurusan. Saat magang, kamu akan mendapatkan bimbingan dari mentor yang berpengalaman di bidangnya. Mereka akan membantu kamu menyesuaikan diri dengan tugas dan tanggung jawab yang ada.

Tips untuk Magang Lintas Jurusan

Jika kamu tertarik untuk magang lintas jurusan, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar pengalaman magangmu menjadi lebih bermanfaat:

1. Ubah Hobi Menjadi Profesi

Salah satu cara terbaik untuk memilih arah magang adalah dengan memanfaatkan hobi kamu sebagai kemampuan yang dapat diterapkan di dunia kerja.

Misalnya, jika kamu memiliki hobi menulis atau membuat konten di media sosial, kamu bisa melamar magang sebagai content writer atau social media content creator. Dengan memanfaatkan hobi kamu, kamu akan bisa menunjukkan minat dan keahlianmu kepada perusahaan.

Jika kamu masih bingung tentang minatmu, kamu bisa mencari tahu dengan menggunakan psikotes online seperti Dreamtalent. Dreamtalent dapat membantu kamu mengenali minat dan bakatmu serta memberikan saran posisi magang dan karier yang sesuai.

2. Lakukan Riset

Sebelum melamar magang, lakukan riset tentang posisi dan tanggung jawab yang ingin kamu lamar. Gunakan media online seperti portal pekerjaan, artikel, atau bahkan tanyakan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang tersebut.

Selain itu, manfaatkan juga platform LinkedIn untuk mencari orang-orang yang bekerja di posisi yang kamu minati. Jangan ragu untuk mengirim pesan langsung dan bertanya kepada mereka.

3. Persiapan yang Matang

Karena kamu akan magang di luar bidang studi kamu, kamu harus siap menghadapi pertanyaan yang mungkin tidak terkait dengan jurusanmu. Persiapkan jawaban yang baik dan yakin saat wawancara. Percaya diri adalah kunci kesuksesan dalam menjalani wawancara.

BACA JUGA:  Beli Pertalite Harus Daftar, Mulai 1 Juli! Berikut Ini Link dan Cara Daftarnya

Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan portofolio yang mencerminkan kemampuanmu. Portofolio akan sering ditanyakan dalam wawancara, terutama saat user interview. Pastikan portofoliomu memperlihatkan kualitas kerjamu dan apa yang kamu bisa berikan kepada perusahaan.

4. Hadapi Tantangan dengan Keberanian

Magang di luar bidang studi akan membawa kamu pada tantangan baru yang belum pernah kamu hadapi sebelumnya. Jangan takut untuk menghadapi tantangan tersebut dengan keberanian.

Gunakan kesempatan ini untuk belajar hal-hal baru dan mengembangkan keterampilan yang mungkin belum kamu miliki sebelumnya.

Ingatlah bahwa magang adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh, jadi manfaatkan pengalaman ini sebaik mungkin.

5. Jaga Semangat dan Motivasi

Magang lintas jurusan mungkin akan memberikan tantangan ekstra, tetapi jangan biarkan hal itu meruntuhkan semangat dan motivasimu. Ingatlah alasan mengapa kamu memilih magang ini dan tetap fokus pada tujuanmu. Jika kamu tetap semangat dan termotivasi, kamu akan dapat mengatasi segala rintangan yang muncul di sepanjang jalan.

Magang lintas jurusan adalah langkah yang boleh dan dapat kamu ambil jika kamu ingin mencoba pekerjaan di luar bidang studi kamu.

Dalam memilih magang lintas jurusan, fokuslah pada kemampuan dan minatmu, serta lakukan persiapan yang matang sebelum melamar.

Jangan takut menghadapi tantangan dan jaga semangat serta motivasimu. Dengan sikap yang positif dan tekad yang kuat, kamu dapat memanfaatkan pengalaman magang ini untuk mengembangkan diri dan mengejar passionmu.