Ketahui Dasar Hukum dan Contoh Proposal PKM Lengkap
Ketahui Dasar Hukum dan Contoh Proposal PKM Lengkap

Ketahui Dasar Hukum dan Contoh Proposal PKM Lengkap

Ketahui Dasar Hukum dan Contoh Proposal PKM Lengkap

Mengajukan atau mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) membutuhkan beberapa dokumen, salah satunya adalah proposal PKM. PKM merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas peserta didik di perguruan tinggi, dengan harapan mereka dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang akademis dan/atau profesional. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan contoh proposal PKM yang menarik.

Dasar Hukum Pelaksanaan PKM

Pelaksanaan PKM didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang mengaturnya, antara lain:

  1. UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi
  2. PP No. 4/2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  3. PP No. 48/2008 tentang Pendanaan Pendidikan
  4. Perpres No. 72/2009 tentang Kemendikbud
  5. Permendikbud No. 34/2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi
  6. PMK Nomor 168/PMK.05/2015 tentang Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/Lembaga (telah diubah dengan PMK Nomor 173/PMK.5/2016).

Mengapa Proposal PKM Penting?

Proposal PKM diperlukan untuk memastikan bahwa proposal yang diajukan sesuai dengan ketentuan dan tujuan kegiatan PKM. Umumnya, setiap universitas telah menyediakan format yang sesuai dengan ketentuan tersebut.

Namun, untuk memahami format standar PKM secara umum, berikut adalah contoh proposal PKM yang menarik beserta strukturnya.

Contoh Proposal PKM, Struktur dan Contoh Bagian-bagiannya

1. Halaman Judul

Halaman judul berisi identitas mahasiswa, kampus, dan tahun pembuatan proposal. Berikut contoh halaman judul proposal PKM:

BACA JUGA:  Perbedaan Magang dan PKL, Yuk Pahami Dua Konsep Penting Ini untuk Mahasiswa
[Logo Instansi] PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM KAOKI (KAOS KAKI)
Disusun Oleh:
[Nama Mahasiswa NIM] Universitas Jayawijaya Palembang
2023

2. Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan menunjukkan persetujuan dosen pembimbing terhadap program tersebut. Berikut contoh lembar pengesahan proposal PKM:

PENGESAHAN PKM-KEWIRAUSAHAAN

1. Judul Kegiatan: KAOKI (Kaos Kaki)
2. Bidang Kegiatan: PKM-K
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap: [Nama Mahasiswa] b. NIM: [NIM] c. Jurusan: [Jurusan Mahasiswa] d. Alamat dan No. HP: [Alamat dan Nomor HP Mahasiswa] e. Email: [Email] 4. Jumlah Anggota: 5 (lima) orang
5. Dosen Pembimbing
a. Nama Lengkap: [Nama Dosen Pembimbing] b. NIDN: [NIDN] c. Alamat dan No. HP: [Alamat dan No HP Dosen] 6. Biaya Kegiatan
a. Dikti: Rp 13.000.000,-
b. Sumber Lain: Rp –
7. Jangka Waktu Pelaksanaan: 3 bulan
Palembang, 13 Januari 2023

Mengetahui,
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
[Nama Dekan] [NIP] Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni
[Nama Rektor] [NIP] Ketua Pelaksana Kegiatan
[Nama Mahasiswa] [NIM] Dosen Pendamping
[Nama Dosen] [NIP]

3. Daftar Isi

Daftar isi memuat isi proposal beserta halamannya untuk memudahkan pembaca. Contoh daftar isi proposal PKM mirip dengan penulisan daftar isi padasebuah buku dan akan berbeda-beda tergantung pada struktur proposal yang digunakan.

4. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, jelaskan latar belakang masalah, tujuan, manfaat, dan relevansi kegiatan PKM yang akan dilakukan. Jelaskan juga mengapa topik yang dipilih penting dan bagaimana kegiatan tersebut akan memberikan kontribusi dalam bidang yang dituju.

5. Rumusan Masalah

Rumusan masalah menjelaskan permasalahan yang ingin diselesaikan melalui kegiatan PKM. Rumusan masalah harus jelas, terukur, dan dapat dipecahkan dengan kegiatan yang akan dilakukan.

BACA JUGA:  Cara Sukses Lolos Seleksi PKM Kewirausahaan, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

6. Tujuan

Tujuan dari kegiatan PKM harus spesifik dan terukur. Jelaskan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai melalui kegiatan tersebut.

7. Metode Pelaksanaan

Pada bagian ini, jelaskan metode atau pendekatan yang akan digunakan dalam melaksanakan kegiatan PKM. Jelaskan langkah-langkah atau prosedur yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan kegiatan.

8. Rencana Jadwal Kegiatan

Buatlah jadwal atau timeline kegiatan yang akan dilaksanakan. Tentukan waktu mulai dan selesai setiap kegiatan yang akan dilakukan. Jelaskan juga tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilakukan dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

9. Biaya dan Sumber Dana

Jelaskan estimasi biaya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan PKM. Sertakan juga sumber dana yang akan digunakan, baik dari dana pemerintah maupun dari sumber lain yang telah disediakan.

10. Evaluasi dan Pembahasan Hasil Kegiatan

Jelaskan bagaimana hasil kegiatan PKM akan dievaluasi dan dibahas. Sertakan juga indikator keberhasilan yang akan digunakan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan kegiatan.

11. Simpulan dan Saran

Berikan simpulan dari hasil kegiatan PKM yang telah dilaksanakan. Jelaskan juga saran-saran untuk pengembangan kegiatan selanjutnya atau peningkatan kualitas kegiatan yang telah dilakukan.

12. Daftar Pustaka

Sertakan daftar pustaka atau referensi yang digunakan dalam penyusunan proposal PKM. Gunakan format penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Catatan Tambahan

  • Pastikan proposal PKM sudah sesuai dengan format yang ditentukan oleh universitas atau instansi yang menerima proposal.
  • Gunakan bahasa yang jelas, sistematis, dan mudah dipahami.
  • Lampirkan semua dokumen pendukung yang diperlukan, seperti surat dukungan, surat pernyataan, atau dokumen lain yang relevan dengan kegiatan PKM.
  • Periksa tata bahasa, ejaan, dan format proposal untuk memastikan kebersihan dan keprofesionalan dokumen.
BACA JUGA:  Inilah 6 Manfaat Magang Bagi Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja, Apa Saja Ya?

Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam menyusun proposal PKM yang menarik. Selamat mengajukan proposal dan semoga sukses dalam kegiatan PKM yang akan Anda lakukan!

`