Pengertian dan Aksi Bela Negara: Meningkatkan Kesadaran Nasionalisme dan Patriotisme

Pengertian dan Aksi Bela Negara: Meningkatkan Kesadaran Nasionalisme dan Patriotisme

Rumahteknologi.comBela Negara adalah sebuah konsep yang mengandung arti keikutsertaan dalam pertahanan negara. Konsep ini meliputi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan yuridiksi nasional, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945[1]. Aksi Bela Negara merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa pengertian dan aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Pengertian Bela Negara

Pengertian Bela Negara adalah suatu sikap dan tindakan yang dilakukan oleh setiap warga negara untuk mempertahankan keutuhan negara dan kesatuan bangsa. Bela Negara juga mencakup upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memperkuat pertahanan negara[5]. Konsep ini juga meliputi upaya untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat Indonesia.

Aksi Bela Negara

Berikut adalah beberapa aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia:

  1. Menghargai Budaya Lokal

Menghargai budaya lokal merupakan aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menghargai budaya lokal, masyarakat dapat membantu melestarikan budaya Indonesia yang kaya dan beragam. Hal ini juga dapat membantu memperkuat identitas nasional dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat dapat membantu menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan sekitar. Hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor.

  1. Mengikuti Program Bela Negara

Pemerintah Indonesia saat ini menjalankan program pelatihan Bela Negara yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. Program tersebut dimaksudkan untuk memperteguh keyakinan berdasarkan unsur-unsur Bela Negara, dan program ini bukanlah sebuah bentuk wajib militer[5]. Dengan mengikuti program Bela Negara, masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang pertahanan negara.

  1. Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Menjaga keamanan dan ketertiban merupakan aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menjaga keamanan dan ketertiban, masyarakat dapat membantu menjaga stabilitas dan keamanan negara. Hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya tindakan kriminal dan terorisme.

  1. Menghargai Simbol Negara

Menghargai simbol negara merupakan aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menghargai simbol negara seperti bendera merah putih, lambang negara Garuda Pancasila, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya, masyarakat dapat menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia.

  1. Menjaga Keutuhan Wilayah

Menjaga keutuhan wilayah merupakan aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menjaga keutuhan wilayah, masyarakat dapat membantu menjaga integritas dan kedaulatan negara. Hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya tindakan separatisme dan pengrusakan fasilitas umum.

  1. Menghargai Hak Asasi Manusia

Menghargai hak asasi manusia merupakan aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menghargai hak asasi manusia, masyarakat dapat membantu menjaga keadilan dan kesejahteraan sosial. Hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya pelanggaran hak asasi manusia.

BACA JUGA:  Jangan Ada yang Ketinggalan! Inilah Syarat Magang yang Wajib Dipenuhi Oleh Mahasiswa dan Siswa SMK

Bela Negara adalah sebuah konsep yang mengandung arti keikutsertaan dalam pertahanan negara. Konsep ini meliputi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan yuridiksi nasional, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Aksi Bela Negara merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat Indonesia.

Beberapa aksi Bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia antara lain menghargai budaya lokal, menjaga kebersihan lingkungan, mengikuti program Bela Negara, menjaga keamanan dan ketertiban, menghargai simbol negara, menjaga keutuhan wilayah, dan menghargai hak asasi manusia. Dengan melakukan aksi Bela Negara, masyarakat Indonesia dapat membantu memperkuat identitas nasional dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.***

`