10 Judul PKM Pengabdian Masyarakat yang Menginspirasi

10 Judul PKM Pengabdian Masyarakat yang Menginspirasi

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)* merupakan salah satu program penting yang harus dijalani oleh mahasiswa sebelum mereka lulus. Salah satu jenis PKM yang populer adalah PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

Program ini dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan mendorong partisipasi mahasiswa dalam mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat melalui karya ilmiah.

PKM Pengabdian Masyarakat menekankan pentingnya ide kreatif mahasiswa dalam menghadapi permasalahan sosial dan menawarkan solusi yang inovatif.

Selain itu, program ini juga mendorong mahasiswa untuk berkolaborasi dengan masyarakat dalam mewujudkan ide-ide tersebut.

Jika Anda sedang mencari inspirasi judul PKM Pengabdian Masyarakat, berikut adalah beberapa contoh judul yang dapat dijadikan referensi:

1. Pelatihan Pengelolaan SDM di Era Digital pada UMKM Binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Propinsi Jawa Barat

Judul ini mengarah pada upaya memberdayakan UMKM dalam menghadapi tantangan di era digital. Mahasiswa dapat merancang program pelatihan yang membantu pengusaha kecil meningkatkan keterampilan pengelolaan SDM dengan memanfaatkan teknologi.

BACA JUGA:  Mengapa Pengabdian Masyarakat Penting? Yuk Simak Alasannya

2. Pelatihan Pemasaran & Distribusi di Masa Covid-19

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, pelaku usaha menghadapi banyak kendala dalam memasarkan dan mendistribusikan produk mereka. PKM ini dapat fokus pada pelatihan strategi pemasaran dan distribusi yang efektif di tengah pandemi Covid-19.

3. Emas sebagai Salah Satu Alternatif Menyimpan Uang

Judul ini menarik perhatian pada nilai investasi emas dan bagaimana penggunaannya dapat menjadi alternatif yang lebih aman dan menguntungkan dalam menyimpan uang. Mahasiswa dapat merancang program edukasi untuk masyarakat mengenai manfaat dan cara menggunakan emas sebagai instrumen investasi.

4. Pelatihan Pembukuan dan Pencatatan secara Akuntansi kepada Karang Taruna

Karang Taruna merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki peran penting dalam pengelolaan kegiatan di tingkat masyarakat. PKM ini dapat berfokus pada pelatihan pembukuan dan pencatatan akuntansi yang membantu Karang Taruna dalam pengelolaan keuangannya.

5. Tutorial Perancangan Masker Sederhana untuk Implementasikan oleh Para Guru dan Orang Tua Siswa SDN Sukapura II Kecamatan Dayehkolot Bandung

Pandemi Covid-19 menuntut penggunaan masker sebagai langkah pencegahan. PKM ini dapat berfokus pada pembuatan tutorial perancangan masker sederhana yang dapat diimplementasikan oleh para guru dan orang tua siswa di suatu sekolah atau daerah tertentu.

6. Perancangan Aset Konten Digital untuk Kegiatan Promosi Agrowisata PT Perkebunan Nusantara VIII

PKM ini dapat berfokus pada perancangan aset konten digital, seperti video promosi atau materi pendukung lainnya, yang membantu promosi agrowisata suatu perkebunan. Hal ini dapat memberikan manfaat pada sektor pariwisata lokal.

7. Perencanaan Pemanfaatan Limbah Melaminto Menjadi Elemen Interior sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar di Pos Paud Fathonah

Judul ini menyoroti pentingnya pengelolaan limbah dan pemanfaatannya dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di suatu pos PAUD. Mahasiswa dapat merancang program perencanaan pemanfaatan limbah melaminto menjadi elemen interior yang kreatif dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Buku-Buku Terkait Magang untuk Menambah Referensimu!

8. Stimulasi Kreativitas Pada Anak-Anak Melalui Pembuatan Karya Digital Merespon Keadaan Covid-19

Pandemi Covid-19 memberikan dampak psikologis pada anak-anak. PKM ini dapat berfokus pada stimulasi kreativitas anak-anak melalui pembuatan karya digital, seperti gambar atau video, yang menggambarkan respon mereka terhadap situasi pandemi.

9.Pelatihan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital pada Ibu Rumah Tangga di Desa X

Judul ini mengarah pada pentingnya literasi digital bagi ibu rumah tangga di suatu desa. PKM ini dapat berfokus pada pelatihan teknologi informasi yang membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

10. Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Pemantauan Kesehatan Masyarakat di Daerah Terpencil

PKM ini dapat berfokus pada pengembangan aplikasi mobile yang memudahkan pemantauan kesehatan masyarakat di daerah terpencil. Aplikasi tersebut dapat memberikan akses informasi kesehatan yang lebih baik dan memfasilitasi komunikasi antara masyarakat dan tenaga medis.

Semoga contoh judul PKM Pengabdian Masyarakat di atas dapat memberikan inspirasi kepada Anda dalam merancang proyek PKM yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Selamat berkarya!

`