Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif: Temukan Pilihan Terbaik untuk Kebutuhan Audio Anda!
Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif: Temukan Pilihan Terbaik untuk Kebutuhan Audio Anda!

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif, Temukan Pilihan Terbaik untuk Kebutuhan Audio Anda!

Rumahteknologi.com – Jika kamu memperhatikan sistem audio, pasti kamu akan melihat komponen yang satu ini, yaitu speaker. Speaker merupakan perangkat yang sangat penting karena fungsinya adalah mengubah sinyal audio menjadi suara. Tentu saja, suara yang dihasilkan oleh speaker yang jernih akan memanjakan telinga kita saat mendengarkan musik. Oleh karena itu, banyak perusahaan elektronik yang menawarkan berbagai macam jenis speaker baik aktif maupun pasif.

Speaker terdiri dari berbagai komponen penyusun yang mampu menghasilkan suara yang dapat didengarkan oleh pengguna. Beberapa komponen tersebut di antaranya adalah amplifier, driver, satelit, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, beragam komponen ini akan menjadi penentu apakah suatu perangkat speaker dapat digolongkan menjadi jenis speaker aktif atau speaker pasif. Meskipun sama-sama bisa menghasilkan suara, kualitas audio dari masing-masing speaker memiliki perbedaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Yuk, mari kita bahas secara lengkap mengenai perbedaan speaker aktif dan speaker pasif.

Speaker Aktif

Speaker aktif cukup diminati untuk homeaudio karena harganya yang terjangkau dan praktis. Speaker aktif pada dasarnya merupakan gabungan dari dua perangkat dalam satu unit yaitu amplifier dan speaker. Speaker aktif memiliki inbuilt amplifier yang dapat beroperasi dengan menggunakan bantuan aliran listrik sebagai sumber tenaga. Dengan kata lain, speaker aktif adalah perangkat audio lengkap yang mampu berfungsi secara mandiri karena memiliki berbagai komponen pendukung lainnya seperti amplifier.

Komponen amplifier telah ditanamkan pada bagian dalam speaker sehingga praktis digunakan. Jenis speaker ini juga sudah memiliki woofer, subwoofer, dan tweeter. Hal yang perlu kita lakukan adalah menghubungkan speaker dengan sumber suara seperti mikrofon, gitar, dan beragam perangkat untuk memutar musik.

BACA JUGA:  Headset Gaming Nirkabel dari Logitech G733, Dapatkan Pengalaman Bermain Game Terbaikmu yang Lebih Imersif

Speaker Pasif

Speaker pasif adalah perangkat pengeras suara yang tidak memiliki penguat suara atau amplifier. Sehingga ketika ingin menggunakan speaker pasif, kita perlu memasang amplifier tambahan agar speaker pasif dapat berfungsi. Tanpa amplifier tambahan, speaker jenis ini tidak mampu menghasilkan kualitas audio yang baik karena minimnya penguat sinyal yang diperlukan untuk dapat beroperasi.

Speaker pasif umumnya digunakan untuk sistem audio kompleks pada setting tertentu.Contohnya seperti pada perangkat home theater atau sound system yang digunakan di dalam bioskop. Pada home theater, sinyal yang dihasilkan akan didistribusikan setelah diperkuat dengan bantuan amplifier pada kabinet speaker.

Penggunaan speaker pasif sangat direkomendasikan untuk kebutuhan sound system besar seperti acara outdoor yang memerlukan daya serta jangkauan luas. Hal ini akan sulit dilakukan jika menggunakan speaker aktif yang memiliki kapasitas daya terbatas. Penggunaan sistem speaker pasif membuat kita bisa menyesuaikan amplifier dengan output yang diinginkan.

Perbedaan Utama Antara Speaker Aktif dan Pasif

  1. Amplifier
    Speaker aktif memiliki inbuilt amplifier, sedangkan pada speaker pasif kita perlu memasang amplifier tambahan agar bisa berfungsi.
  2. Harga
    Speaker aktif memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan speaker pasif.
  3. Kualitas Audio
    Kualitas audio yang dihasilkan oleh speaker aktif lebih baik dibandingkan dengan speaker pasif. Namun, kualitas audio speaker pasif dapat ditingkatkan dengan menggunakan amplifier yang tepat.
  4. Penggunaan
    Speaker aktif lebih praktis untuk digunakan di rumah, sedangkan speaker pasif lebih cocok untuk digunakan pada acara besar atau di luarruangan.
  5. Kapasitas Daya
    Speaker aktif memiliki kapasitas daya yang terbatas, sedangkan speaker pasif dapat menyesuaikan amplifier dengan output yang diinginkan.

Nah, itulah perbedaan antara speaker aktif dan pasif yang perlu kamu ketahui. Pemilihan jenis speaker yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman mendengarkan musik atau suara lainnya. Jika kamu hanya membutuhkan speaker untuk digunakan di rumah dan dengan budget terbatas, maka speaker aktif bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu membutuhkan speaker untuk acara besar atau di luar ruangan, maka speaker pasif bisa menjadi solusi yang lebih cocok.

BACA JUGA:  OPPO A17, Hadir dengan Teknologi Speaker HP yang Keren

Yang terpenting, pastikan kamu memilih speaker dengan kualitas yang baik agar mendapatkan pengalaman mendengarkan suara yang memuaskan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dalam memilih jenis speaker yang tepat untuk kebutuhanmu.

`