Cara Memperbaiki Speaker HP Xiaomi yang Rusak! Bisa Dilakukan Sendiri Lho
Cara Memperbaiki Speaker HP Xiaomi yang Rusak! Bisa Dilakukan Sendiri Lho

Cara Memperbaiki Speaker HP Xiaomi yang Rusak! Bisa Dilakukan Sendiri Lho

rumahteknologi.com – Pernah nggak sih kamu mengalami masalah dengan speaker HP Xiaomi yang rusak? Misalnya suara yang keluar sumbang atau bahkan tidak terdengar sama sekali. Walaupun masalah ini tidak memengaruhi kinerja ponsel, tetapi pasti sangat mengganggu aktivitas menonton film atau mendengarkan lagu. Selain itu, saat menelepon atau melakukan panggilan video, suara yang tidak jelas juga bisa mengganggu komunikasi.

Nah, jangan khawatir! Kamu bisa lho memperbaiki speaker HP Xiaomi yang rusak sendiri dengan beberapa metode sederhana yang akan kami bagikan di artikel ini. Yuk, simak selengkapnya!

Restart Perangkat

Metode pertama yang bisa kamu coba adalah dengan memulai ulang perangkat. Meskipun terdengar sederhana, tetapi seringkali cara ini bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi masalah pada speaker HP Xiaomi yang rusak. Saat kamu memulai ulang perangkat, aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah pada speaker akan terhenti.

Selain itu, eror kecil pada perangkat lunak ponsel juga bisa teratasi dengan memulai ulang perangkat. Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot-repot membuka casing ponsel atau membawa ke toko servis. Jadi, sebelum mencoba metode perbaikan yang lebih rumit, mulai dengan memulai ulang perangkat terlebih dahulu. Siapa tahu, masalah pada speaker HP Xiaomi kamu bisa teratasi dengan cepat dan mudah.

Cek Pengaturan Volume

Jangan anggap remeh untuk mengecek pengaturan volume pada HP Xiaomi kamu. Terkadang, pengguna tidak sengaja menekan tombol volume bawah sehingga suara dari HP tidak terdengar atau terkesan sangat pelan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek dan memastikan pengaturan volume pada HP Xiaomi kamu sudah tepat.

BACA JUGA:  Thinkplus Lenovo K3 Plus - Speaker Bluetooth Mini dengan Performa dan Koneksi Terbaik

Kamu bisa menekan tombol volume atas atau masuk ke pengaturan ponsel untuk mengeceknya. Jika ternyata masalah suara hanya karena pengaturan volume yang salah, maka perbaikan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa pengaturan volume pada HP Xiaomi kamu sebelum mencoba metode perbaikan lainnya.

Nonaktifkan Fitur Do Not Disturb

Fitur Do Not Disturb memang sangat berguna untuk menghindari gangguan dari notifikasi, alarm, dan aplikasi di ponsel. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini juga bisa mematikan suara dari speaker pada HP Xiaomi kamu jika aktif. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek apakah fitur Do Not Disturb di HP Xiaomi kamu sedang aktif atau tidak.

Jika ternyata fitur ini aktif, matikan fitur Do Not Disturb untuk mengembalikan suara pada speaker HP Xiaomi kamu. Namun, jika fitur ini tidak aktif dan suara pada speaker masih tidak muncul, maka kamu bisa mencoba metode perbaikan lainnya. Jadi, pastikan selalu untuk memeriksa pengaturan Do Not Disturb pada HP Xiaomi kamu untuk menghindari masalah pada speaker yang tidak perlu.

Gunakan Aplikasi Disable Headphone

Bebas Berceloteh dengan Xiaomi! Namun, sayangnya, ponsel Xiaomi terkadang suka ‘nangkring’ dalam mode headphone, sehingga suara tidak keluar dari speaker dan hanya terdengar ketika kamu menyambungkan ke headphone. Jangan khawatir, ada solusi praktis yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan aplikasi Disable Headphone yang tersedia di Google Play Store.

Aplikasi ini benar-benar bikin hidup lebih mudah, karena bisa membantu memperbaiki masalah pada speaker Xiaomi dengan cara memperbaiki bug yang menyebabkan ponsel macet di mode headphone. Dengan begitu, kamu bisa kembali menikmati musik atau film favorit dengan suara yang jernih dan menggelegar dari speaker HP Xiaomi kamu.

BACA JUGA:  Speaker HP Samsung Bunyi Nging? Jangan Panik, Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Bersihkan Speaker HP

Jika suara yang keluar dari HP Xiaomi kamu sumbang, kemungkinan ada kotoran yang menutupi speaker. Untuk mengatasinya, bersihkan speaker dengan alat yang lembut agar tidak merusak speaker. Kamu bisa menggunakan kain microfiber, kuas lembut, atau penyedot debu khusus untuk HP.

Keluarkan Air di Speaker

Siapa bilang ponsel Xiaomi hanya bisa menjadi korban kecelakaan air? Jangan panik jika HP Xiaomi kamu terjatuh ke dalam air atau terkena cipratan air, karena ada beberapa trik yang bisa kamu coba. Pertama, rendam HP ke dalam beras untuk mengurangi kelembapan ponsel.

Tapi kalau kamu masih merasa ragu, kamu bisa coba trik kedua yaitu dengan menginstal aplikasi Speaker Cleaner di Google Play Store. Aplikasi ini benar-benar ajaib, karena bisa menghasilkan frekuensi suara tertentu yang bisa memompa air di speaker dan mengusir kelembapan yang mengganggu. Dengan trik ini, ponsel Xiaomi kamu bisa kembali berfungsi normal dan tetap awet meski pernah terkena air.

Itulah beberapa metode sederhana yang bisa kamu coba untuk memperbaiki speaker HP Xiaomi yang rusak. Selalu coba satu metode dulu dan periksa apakah speaker sudah berfungsi dengan baik setelah melakukan setiap metode. Jika setelah mencoba semua metode di atas speaker HP Xiaomi kamu masih tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa membawa ponsel ke tempat servis terdekat untuk diperbaiki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah dengan speaker HP Xiaomi.

`