Kini hampir semua HP menggunakan baterai tanam sebagai sumber daya penyimpanan energi. Namun, menjadi masalah tersendiri saat terkena air
Kini hampir semua HP menggunakan baterai tanam sebagai sumber daya penyimpanan energi. Namun, menjadi masalah tersendiri saat terkena air

HP Kalian Sudah Pakai Baterai Tanam? Begini Cara Efektif Mengatasi Speaker HP yang Kena Air

rumahtenologi.com – Kini hampir semua HP menggunakan baterai tanam sebagai sumber daya penyimpanan energi. Namun, berbagai aktivitas yang dilakukan dengan smartphone, seperti aktifitas sekolah, belanja online, pekerjaan, membuat laporan keuangan sederhana, dan masih banyak lagi, bisa menjadi masalah tersendiri ketika smartphone terkena air, terutama pada musim penghujan. Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara mengatasi speaker HP kena air dan mengembalikan fungsinya agar normal kembali.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa pada saat speaker HP suaranya kecil, hal tersebut belum pasti disebabkan karena kena air. Bisa juga karena speaker yang kotor, modul speaker yang sudah rusak, atau terjadi pelapukan dan lain sebagainya.

Menggunakan Kipas Angin Kecil

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan air dari speaker HP yang terkena air adalah dengan menggunakan kipas angin kecil. Metode ini terbukti efektif untuk mengeringkan speaker dari air yang menempel di dalamnya.

Angin yang dihasilkan oleh kipas angin dapat membantu mempercepat proses penguapan air di dalam speaker. Selain itu, penggunaan kipas angin kecil juga lebih mudah dilakukan karena penyebaran angin dapat lebih fokus pada titik lokasi speaker yang terkena air.

Untuk melakukannya, pertama-tama nyalakan kipas angin dengan kecepatan tertinggi. Kemudian, letakkan HP dengan posisi lubang speaker menghadap ke arah kipas angin. Pastikan posisi HP sejajar dengan kipas angin, sehingga angin dapat masuk dengan lancar ke dalam celah speaker.

Diamkan HP selama beberapa jam hingga proses penguapan air di dalam speaker selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeringan tergantung pada banyaknya air yang masuk ke dalam speaker. Jika jumlah air yang menempel di dalam speaker tidak terlalu banyak, maka proses pengeringan dapat selesai dalam waktu kurang dari 12 jam.

BACA JUGA:  Cara Menyambungkan Suara TV LED ke Speaker Aktif

Agar proses pengeringan berjalan lebih efektif, gunakan apapun yang dapat membantu meletakkan smartphone dengan posisi yang tepat. Sebaiknya jangan menggerakkan HP terlalu banyak selama proses pengeringan, agar air di dalam speaker tidak tersebar ke bagian lain di dalam HP.

Hairdryer

Hairdryer memang biasanya digunakan oleh para kaum hawa untuk menata dan mengeringkan rambut. Namun, siapa sangka bahwa hairdryer juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan embun dalam speaker HP yang terkena air.

Cara mengeringkan speaker HP dengan menggunakan hairdryer terbilang cukup sederhana. Anda hanya perlu menyalakan hairdryer dan mengarahkannya ke dalam area lubang speaker HP yang terkena air. Pastikan suhu panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi, karena yang dibutuhkan untuk membuang embun dalam speaker HP adalah udaranya.

Pada saat mengeringkan speaker HP dengan hairdryer, pastikan Anda mengatur waktu dengan baik. Anda bisa mengeringkan speaker HP dengan durasi beberapa detik, lalu matikan hairdryer dan ulangi lagi hingga embun dan kadar air benar-benar hilang dari dalam speaker HP.

Metode ini terbukti lebih cepat dibandingkan metode pengeringan alami menggunakan kipas angin kecil. Hal ini disebabkan oleh adanya panas di dalam udara yang dihasilkan oleh hairdryer. Panas tersebut memungkinkan embun pada HP dapat menguap dengan cepat.

Namun, meskipun terdapat keuntungan dalam hal kecepatan, Anda tetap harus berhati-hati saat mengeringkan speaker HP dengan hairdryer. Hindari menggunakan suhu panas yang terlalu tinggi, karena hal ini dapat merusak komponen di dalam HP. Selain itu, jangan mengarahkan hairdryer terlalu dekat ke lubang speaker HP, karena hal ini juga dapat merusak komponen di dalamnya.

Dalam mengeringkan speaker HP dengan hairdryer, ulangi proses pengeringan beberapa kali hingga benar-benar embun dan kadar air hilang dari dalam speaker HP. Jangan lupa untuk menghindari panas berlebihan, karena hal ini dapat merusak komponen di dalam HP. Dengan melakukan cara ini, Anda dapat mengatasi masalah speaker HP yang terkena air dan kembali menikmati suara yang jernih dari smartphone Anda.

BACA JUGA:  Tips Asyik dan Mudah untuk Mengatasi Speaker HP Samsung yang Tidak Mengeluarkan Suara

Menggunakan Beras

Makanan pokok yang biasa dikonsumsi warga Indonesia sehari-hari ini ternyata bisa membantu menghilangkan embun dalam HP. Molekul yang terdapat dalam beras mampu menyerap kadar air. Patut dicoba ketika ingin memperbaiki speaker HP terkena air dengan cara sederhana.

Apabila HP bukan baterai tanam, lepas semua komponen agar proses penyerapan dan penguapan air lebih cepat. Lalu, sediakan beras dalam wadah, dan masukan hp kedalam beras hingga tertutup rapat. Kemudian, diamkan selama satu-dua hari tergantung dari air yang masuk ke HP.