Berikut ini adalah beberapa perlengkapan pribadi yang perlu dipersiapkan untuk program KKN
Berikut ini adalah beberapa perlengkapan pribadi yang perlu dipersiapkan untuk program KKN

Jangan Gagal KKN Gara-Gara Lupa Bawa Barang Ini, Cekidot Yuk Perlengkapan Pribadi Apa Saja

rumahteknologi.com – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program wajib yang dilakukan oleh mahasiswa di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang didapat di kampus pada masyarakat.

Dalam program KKN, mahasiswa harus tinggal di desa selama beberapa minggu atau bulan dan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Namun, sebelum berangkat ke desa, ada beberapa perlengkapan pribadi yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa.

Perlengkapan pribadi yang lengkap dan cukup akan membantu mahasiswa merasa nyaman selama tinggal di desa dan juga membantu aktivitas mereka di sana.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan pribadi yang perlu dipersiapkan untuk program KKN.

Pakaian

Mahasiswa perlu mempersiapkan pakaian yang cukup untuk digunakan selama program KKN. Pakaian yang dibawa harus disesuaikan dengan kondisi yang ada, seperti faktor cuaca, jenis program kerja yang akan dilaksanakan, dan penjadwalan waktu mencuci. Beberapa jenis pakaian yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • Baju formal, 3 pasang.
  • Baju santai, 1 pasang atau 2 pasang.
  • Baju lapang berisi celana yang jenisnya training dan kaus, 3 pasang.
  • Baju tidur, 1 pasang.
  • Handuk, sejumlah 2.
  • Kerudung sejumlah 4 atau peci sejumlah 1 menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mahasiswa menjaga identitas agama Islam dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat.
  • Pembalut (bagi perempuan).
  • Pakaian dalam.
  • Jaket.
  • Mantel.
  • Kaus kaki, 3 pasang.
  • Sarung tangan, 1 pasang.
  • Almamater.
  • Kaus KKN kelompok.

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan pribadi saat mengikuti program KKN tidak hanya terbatas pada pakaian dan barang-barang umum saja, tapi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kepercayaan masing-masing. Bagi mahasiswa yang beragama Islam, perlengkapan ibadah tentunya tidak boleh terlupakan.

BACA JUGA:  Mengabdi dengan Berkarya: 15 Ide PKM Pengabdian Masyarakat Mudah Disetujui di Tahun 2023

Dalam persiapan KKN, mahasiswa Muslim perlu mempersiapkan perlengkapan ibadah seperti sajadah, Al-Quran, tasbih, dan mukena.

Selain itu, bagi mahasiswa perempuan yang mengenakan hijab, perlengkapan tambahan seperti peniti dan jarum pentul juga perlu dipersiapkan agar hijab tetap terpasang dengan baik saat melakukan berbagai kegiatan.

Namun, tidak hanya bagi mahasiswa Muslim saja, mahasiswa dari berbagai kepercayaan juga perlu mempersiapkan perlengkapan ibadah mereka masing-masing. Seperti bagi mahasiswa Kristen, mereka perlu mempersiapkan Alkitab dan peralatan ibadah lainnya yang diperlukan.

Dengan mempersiapkan perlengkapan ibadah, mahasiswa dapat menjaga keseimbangan antara kegiatan KKN dan ibadah mereka.

Selain itu, dengan membawa perlengkapan ibadah, mahasiswa juga dapat membuka kesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat setempat dan memperkenalkan agama yang dianutnya secara baik dan santun.

Jadi, selain mempersiapkan perlengkapan pribadi yang umum, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan ibadah yang sesuai dengan kepercayaan yang dianut masing-masing.

Hal ini akan membantu mahasiswa merasa nyaman selama program KKN berlangsung dan tetap menjalankan kewajiban agama dengan baik.

Skincare

Mahasiswa perlu membawa barang-barang skincare agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Beberapa barang yang perlu dibawa, antara lain: Micellar water, Face wash, Toner, Moisturizer, Sunscreen, Make Up.

Untuk keperluan make up, mahasiswa cukup membawa alat-alat make up yang simple, seperti bedak, pensil alis, dan lipstik.

Barang Elektronik

Di era digital seperti sekarang, barang elektronik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi mahasiswa saat mengikuti program KKN. Selain membantu memudahkan akses informasi, barang-barang elektronik juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan selama tinggal di desa.

Namun, dalam mempersiapkan barang elektronik, mahasiswa juga perlu mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, membawa laptop dan charger-nya jika memang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas kuliah atau membuat laporan kegiatan KKN.

BACA JUGA:  Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Magang dengan Baik yang Perlu Anda Tahu

Namun, jika tidak terlalu diperlukan, lebih baik tidak membawanya agar beban yang dibawa tidak terlalu berat.

Selain itu, mahasiswa juga perlu membawa power bank sebagai cadangan baterai jika kebetulan tidak ada sumber listrik yang tersedia di desa.

Earphone atau headset juga perlu dibawa agar mahasiswa dapat memperdengarkan musik atau suara tanpa mengganggu lingkungan sekitar, terutama jika tinggal di rumah warga.

Namun, meskipun barang elektronik membantu memudahkan aktivitas mahasiswa selama tinggal di desa, mahasiswa juga perlu memperhatikan penggunaannya agar tidak mengganggu kegiatan dan kenyamanan masyarakat setempat.

Misalnya, tidak menggunakan speaker untuk memperdengarkan musik atau suara yang terlalu keras, atau tidak menggunakan ponsel saat sedang melakukan kegiatan bersama masyarakat.

Jadi, mempersiapkan barang elektronik memang diperlukan saat mengikuti program KKN, namun mahasiswa juga perlu mempertimbangkan penggunaannya agar tetap menjaga kenyamanan dan keharmonisan di lingkungan sekitar.

Dompet dan Isinya

Ketika mengikuti program KKN, mahasiswa perlu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari.

Selain dompet dan isinya yang berisi uang, kartu identitas, dan dokumen penting lainnya, mahasiswa juga perlu membawa beberapa perlengkapan lain yang mungkin sering terlupakan.

Tumblr

Salah satu perlengkapan penting yang perlu dibawa adalah tumblr atau wadah minum. Tumblr sangat berguna untuk membantu menjaga hidrasi tubuh selama kegiatan KKN, terutama jika tinggal di daerah yang panas dan sulit mendapatkan air minum yang aman.

Perlengkapan Cuci Baju

Selain itu, mahasiswa juga perlu mempersiapkan perlengkapan cuci baju, seperti hanger, detergent, pewangi, kispray, dan gosokan baju.

Meskipun mungkin terdengar sepele, namun perlengkapan ini sangat berguna terutama jika tinggal di desa yang sulit mencuci baju atau tidak ada layanan laundry di sekitar tempat tinggal.

Dengan mempersiapkan perlengkapan cuci baju, mahasiswa dapat menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh selama KKN berlangsung.

BACA JUGA:  sisa buah buahan sayur sayuran termasuk dalam pembagian sampah jenis

Selain itu, dengan membawa perlengkapan ini, mahasiswa juga dapat membantu masyarakat sekitar dalam hal mencuci baju, sehingga dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan.

Aksesoris

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah aksesoris. Mahasiswa perlu membawa beberapa aksesoris seperti topi, tas kecil, kacamata, jam tangan, dan peniti/jarum untuk yang memakai kerudung segiempat atau pashmina.

Aksesoris ini akan membantu mahasiswa dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman.

Perlengkapan Mandi

Selain itu, mahasiswa perlu membawa perlengkapan mandi seperti handuk, facewash, sisir, sabun cair/batangan, shampo, hair creambath/kondisioner, sikat gigi, dan pasta gigi. Perlengkapan mandi ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh selama KKN berlangsung.

Alat Kebersihan Diri yang Lain

Mahasiswa juga perlu membawa beberapa alat kebersihan diri seperti cotton bud, gunting kuku, dan pisau cukur (kalau butuh untuk mencukur, misalnya mencukur kumis).

Alat kebersihan diri ini akan membantu mahasiswa menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dengan lebih baik.

Perlengkapan Tidur

Selain itu, mahasiswa perlu mempersiapkan perlengkapan tidur seperti baju tidur dan selimut. Perlengkapan tidur ini akan membantu mahasiswa merasa nyaman saat beristirahat setelah melakukan kegiatan sepanjang hari.

Sandal dan Sepatu

Terakhir, mahasiswa perlu membawa sandal jepit untuk keperluan sehari-hari dan sepatu untuk keperluan formal. Dengan mempersiapkan sandal jepit dan sepatu, mahasiswa dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman.

Dengan mempersiapkan perlengkapan yang sesuai, mahasiswa dapat menyelesaikan program KKN unik atau program lainnya dengan lebih mudah dan sukses.

Selain itu, mempersiapkan perlengkapan yang tepat juga dapat membantu mahasiswa untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan selama kegiatan berlangsung.

Jadi, selalu perhatikan kondisi dan kebutuhan di tempat tujuan, dan pastikan untuk mempersiapkan perlengkapan yang sesuai agar kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses.

`