Denah desa adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “Denah desa adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “Denah desa adalah”

Pengertian Denah desa

Dalam peraturan perundang-undangan, tidak ada pasal yang mendefinisikan peta desa. Hanya ada beberapa istilah seperti batas desa, penetapan batas desa, penegasan batas desa, peta dasar, peta penetapan batas desa, dan peta batas desa.

Istilah-istilah tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa. Jadi, apa itu peta atau peta dasar?

Dalam Permendagri tersebut dijelaskan bahwa peta dasar adalah peta yang menampilkan unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar dengan skala, penomoran, proyeksi, dan georeferensi tertentu.

Jadi, kalau boleh diartikan, peta desa adalah gambar atau lukisan di atas media datar yang menunjukkan letak daratan, laut, sungai, gunung, dan sebagainya di suatu wilayah tertentu.

Dilansir dari sedesa.id, peta desa merupakan gambaran keseluruhan permukaan bumi, baik kondisi alam, ekonomi, maupun sosial budaya, yang dibuat di atas permukaan datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan diwakili oleh simbol-simbol tertentu.

Manfaat memiliki Peta Desa

Secara umum peta desa berguna untuk memberikan gambaran tentang kondisi suatu wilayah di desa tertentu, seperti elevasi tanah, persebaran penduduk, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Struktur KKN!! Panduan Lengkap untuk Membuat Laporan KKN

Namun jika kita kaji lebih dalam, ternyata manfaat desa bisa sangat bervariasi tergantung siapa atau aktor yang memanfaatkannya. Dalam hal ini ada tiga yaitu warga, pengunjung, dan pemerintah desa.

Manfaat bagi Penghuni
Dapat memahami bagaimana kondisi daerah tempat tinggalnya.
Dapat memahami area mana yang berbahaya dan mana yang tidak.
Dapat memahami daerah mana saja yang boleh ditanami tanaman dan tidak.
Dapat memahami daerah mana saja yang merupakan daratan, perairan, pegunungan, perbukitan, dan rawa.
Mampu memahami area mana yang bisa dibuka kembali dan mana yang tidak.

Manfaat bagi Pengunjung Desa

Sebagai panduan agar tidak tersesat dan tetap berada di wilayah desa.

Sebagai informasi untuk dapat mengunjungi suatu daerah tertentu di wilayah desa.

Sebagai panduan untuk mengetahui posisi bangunan, struktur, atau benda penting tertentu di desa.

Manfaat bagi Pemerintah Desa
Sebagai database wilayah desa.
Sebagai indikasi daerah mana yang dapat dioptimalkan kembali untuk kesejahteraan desa, seperti daerah tujuan wisata baru, pembukaan lahan untuk pertanian, pembukaan lahan untuk pemukiman, dan lain sebagainya.
Sebagai indikasi daerah mana saja yang memiliki potensi bencana alam dan bencana lainnya.
Sebagai indikasi daerah mana yang dapat digunakan untuk proses evakuasi dan daerah aman.
Sebagai dasar pengambilan keputusan dan kebijakan.

Cara Melihat Peta Desa Online

Di era teknologi ini, melihat peta desa sudah bisa dilakukan secara online dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Google Maps. Siapa yang tidak tahu aplikasi yang satu ini? Sepertinya hampir semua manusia di muka bumi sudah familiar dengan aplikasi Google Maps.

Untuk melihat peta desa melalui Google Maps caranya adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:  penyajian makanan yang tidak higienis dapat

Buka aplikasi Google Maps melalui ponsel Anda. Jika belum ada silahkan install terlebih dahulu melalui Google Play Store. Google Maps juga bisa dibuka di laptop melalui link https://www.google.com/maps.
Setelah aplikasi Gmaps terbuka, silahkan ketikkan nama desa pada kotak pencarian yang tersedia. Ketik nama desa ditambah “kabupaten” setelahnya.
Google Maps akan menampilkan area desa.

Cara melihat peta desa melalui Google Maps sangat mudah bukan? Selain Gmaps, ada juga aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia yaitu gis-portal.kemendesa.go.id dan geoservices.big.go.id.***

`