isomer c6h14

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “isomer c6h14″

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “isomer c6h14″

Pengertian Isomer
Isomer adalah kumpulan senyawa yang memiliki rumus kimia sama, namun bentuk atau strukturnya berbeda. Jika dianalogikan, ya seperti adonan donat tadi, di mana satu adonan bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kue.

Isomer ini hanya berlaku pada senyawa hidrokarbon, yaitu senyawa yang didominasi oleh ikatan atom C dan H. Mengapa hanya berlaku pada hidrokarbon? Hal itu karena keunikan atom karbon yang memiliki empat elektron valensi, sehingga bebas untuk berikatan termasuk dengan dirinya sendiri. Dengan demikian, senyawa dengan rumus kimia sama belum tentu bentuk strukturnya sama karena bentuk rantai atom C bisa berbeda-beda.

Jenis-Jenis Isomer
Secara umum, isomer dibagi menjadi dua, yaitu isomer struktur dan isomer geometri. Apa perbedaannya?

Isomer Struktur
Isomer struktur adalah isomer yang memiliki perbedaan struktur pada ikatannya. Isomer struktur dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

Isomer rangka
Isomer rangka adalah senyawa atau molekul yang memiliki rumus kimia sama, namun struktur pada rangkanya berbeda. Struktur pada rangka yang dimaksud adalah rangka atom C, misal rantai lurus atau bercabang. Contoh isomer rangka terjadi pada senyawa n-butana dan 2-metilpropana.

BACA JUGA:  bentuk penyajian barang secara langsung disebut

Isomer posisi
Isomer posisi adalah senyawa yang memiliki rumus molekul dan kerangka yang sama, namun ada posisi gugus fungsi yang letaknya berbeda. Pada isomer ini, letak atom Cnya sama atau tidak ada perbedaan, ya.

Isomer gugus fungsi
Isomer gugus fungsi adalah senyawa yang memiliki rumus kimia sama, namun gugus fungsinya berbeda. Contohnya adalah etanol dan metoksimetana. Keduanya memiliki rumus kimia yang sama, yaitu C2H6O. Hanya saja, etanol termasuk golongan alkohol sementara metoksimetana termasuk golongan eter.

Isomer Ruang (Stereoisomer)
Isomer ruang adalah senyawa yang memiliki rumus kimia sama, namun penataan atom di dalam ruangnya berbeda. Isomer ruang dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Isomer geometri
Isomer geometri adalah senyawa dengan rumus kimia sama, namun struktur penataan atom di sekitar ikatan rangkapnya berbeda. Isomer yang hanya berlaku pada senyawa alkena ini memiliki ciri penataan cis dan trans. Apa perbedaan antara keduanya?

Isomer cis berlaku jika gugus yang sama pada ikatan rangkap C berada di posisi yang saling berhadapan.
Isomer trans berlaku jika gugus yang sama pada ikatan rangkap C berada di posisi yang saling bersebrangan.

Isomer optis
Isomer optis adalah isomer yang terjadi pada senyawa dengan atom C kiral. Apa itu atom C kiral? Atom C kiral adalah atom C yang keempat tangannya mengikat empat gugus atom yang berbeda, sehingga nampak asimetris. Senyawa dengan susunan atom C kiral seperti ini mampu memutar bidang polarisasi, sehingga biasa disebut isomer optis aktif.

Jumlah Isomer yang Dimiliki Senyawa C6H14
Contoh isomer alkana adalah heksana (C6H14) yang memiliki lima isomer struktur, yaitu n-heksana, 2-metilpentana, 3-metilpentana, 2,2-dimetilbutana, 2,3-dimetilbutana.***