hikmah dilaksanakannya puasa arafah adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “hikmah dilaksanakannya puasa arafah adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “hikmah dilaksanakannya puasa arafah adalah”

Puasa Arafah adalah ritual Sunni yang berlangsung pada hari kesembilan Dzulhijah. Karena dikenal dengan Puasa Arafah, kondisi saat ini sejalan dengan pelaksanaan shalat wukuf di Arafah yang dilakukan oleh Haji Jama’ah. Sabtu, 09/07/2022.

Orang yang sedang tidak memulai ibadah haji diberikan kutamaan untuk memulai ibadah puasa. Ampunan dosa untuk tahun-tahun sebelumnya dan yang akan datang diberikan kepada mereka yang mendukungnya.

Arafah dikatakan sebuah keyakinan menurut Pembina Tahfizh Quran Ponpes As’adiyah Galung Beru Bulukumba, Ustadz Jusman Imam. Ada kaitan antara nama ini dengan peristiwa Nabi Ibrahim yang mendapat izin menggunakan mikpi untuk menyembelih putrananya. Dikisahkan bahwa Nabi Ibrahim bersabda pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah, “Mimpinya benar.”

Untuk mewujudkan peristiw ini, Ustadz Imam menyatakan, “Hari kesembilan bulan Dzulhijjah harus bertepatan dengan hari Keyakinan atau hari Arafah, seperti halnya ketika Nabi Ibrahim duduk bertopi di kaki dari gunung.”

Lebih khusus lagi, Ustadz Imam menyatakan bahwa puasa Arafah memiliki makna khusus, yaitu:

1. Puasa Arafah dianggap muakkadah menurut syariat Islam, khususnya bagi jemaah haji yang sekarang sedang wukuf. Jemaah Haji yang sedang berada di Arafah tidak diperbolehkan memasuki Arafah untuk berpuasa.

BACA JUGA:  irama yang mengiringi senam ritmik adalah

2. Nabi Muhammad SAW menyebutkan kebolehan makan dosa sebagai ciri utama Puasa Arafah.

3. Setiap kali puasa membagikan dosa untuk tahun-tahun sebelumnya dan tahun-tahun berikutnya, itu berfungsi sebagai informasi dan motivasi untuk menjalankan kewajiban agama. Bukan berarti Anda boleh membangun segala macam karena puasa atau menyetor uang dalam bentuk apa pun, tetapi ada beberapa ketentuan dan syarat yang membuat kecil kemungkinan Anda melakukannya.

Niat Puasa Arafah Adalah

Puasa Arafah adalah amalan sunnah yang mampu menghapus dosa-dosa umat Islam selama dua tahun. Di mana meliputi satu tahun sebelum dan setahun yang akan datang.

Menurut jumhur ulama, dosa-dosa yang akan diampuni melalui puasa Arafah hanyalah dosa-dosa kecil yang sudah menumpuk. Tidak disebutkan jika puasa Arafah dapat menghapus dosa-dosa besar.

Adapun bacaan niat puasa Arafah adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَو ْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّ لِه تَعَالَى

Nawaitu shouma ‘arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya:
“Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala”.

Keutamaan Puasa Arafah

Salah satu keutamaan puasa Arafah adalah menghapus dosa-dosa selama dua tahun, meliputi satu tahun sebelum dan setahun setelahnya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW,

صِيَامُ يَوْ مِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ ع َلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِ ّرَ السَّنَة َ الَّتِى قَ بْلَهُ وَالس َّنَةَ الَّت ِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَ وْمِ عَاشُور َاءَ أَحْتَس ِبُ عَلَى ال لَّهِ أَنْ ي ُكَفِّرَ الس َّنَةَ الَّت ِى قَبْلَهُ

Artinya:
Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).***

BACA JUGA:  Lagu garuda pancasila memiliki pola irama
`