berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah”

Endoskeleton

Endoskeleton adalah susunan kata-kata dalam struktur tubuh pada hewan vertebrata termasuk manusia yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga istilah endoskeleton lebih dikenal dengan kerangka tubuh yang terletak di dalam dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sebagai ciri umum vertebrata yang memiliki tulang punggung, endoskeleton dicirikan dengan adanya kolom tulang belakang yang memanjang.

Di sisi lain, sifat endoskeleton itu sendiri bersifat permanen, sehingga proses pembentukan tubuh dimulai dari embrio hingga dewasa. Bedanya, dari embrio hingga anak jenis tulangnya adalah tulang rawan. Namun, seiring berjalannya waktu, yang menyertai pertumbuhan dan perkembangan hewan ini, terjadi pengerasan atau pengerasan yang membentuk tulang rawan menjadi tulang sejati.

Kata endoskeleton pada dasarnya berasal dari kata Yunani endo yang berarti bagian dalam dan kerangka. Sedangkan skeletos berarti benda yang diisi atau dikosongkan. Ketika digabungkan, endoskeleton disebut sebagai kerangka internal.

Endoskeleton pada buaya atau manusia berupa otot yang terbungkus tulang dan berhubungan langsung untuk menghasilkan kekuatan dan kelenturan serta melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam hal ini, endoskeleton dapat menjamin terpeliharanya kesehatan makhluk hidup dan menjaga kelangsungan hidup.

BACA JUGA:  Kata Sambutan, Bagian Penting dalam Pembukaan KKN!! Berikut Contohnya

Di sisi lain, endoskeleton berfungsi sebagai jaringan internal sistem kerangka yang mendukung dan melindungi organ dalam yang lebih lunak dan lebih rapuh. Organ-organ tersebut adalah paru-paru, ginjal, dan jantung. Dimana endoskeleton tumbuh bersamaan dengan pertumbuhan makhluk hidup itu sendiri. Pertumbuhan endoskeleton memungkinkan fiksasi otot lebih mudah terjadi dan memiliki banyak sendi yang berperan dalam kelenturan tubuh. Ini adalah fitur khusus dari endoskeleton.

Pengertian Endoskeleton

Endoskeleton adalah struktur pendukung tubuh pada manusia dan beberapa hewan, struktur ini terletak di dalam tubuh. Endoskeleton berfungsi untuk mendukung gerakan anggota tubuh dan membentuk tubuh. Beberapa hewan ini memiliki tulang selangka seperti burung, ikan, dan mamalia. Sedangkan hewan lain dengan endoskeleton yang lebih rumit berfungsi sebagai jangkar untuk struktur dalam pengertian otot.

Jenis Penyuaun Endoskeleton

Endoskeleton yang sering disebut sebagai sistem kerangka pada makhluk hidup vertebrata memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. Endoskeleton terdiri dari tulang belakang, tulang belakang, kaki, dan banyak lagi. Penjelasan terkait jenis-jenis penyusun dalam endoskeleton. Diantara yang lain;

Tulang punggung
Bagian yang ada di belakang ditumpuk oleh piringan-piringan atau piringan-piringan yang tergabung. Kemudian tahapan proses cakram membentuk kolom yang diisi sistem saraf pusat makhluk hidup.

Tulang Belakang
Tulang belakang bagian atas disebut juga tengkorak, struktur tubuh ini merupakan bagian penting yang menampung otak dan melindunginya dari kerusakan. Ada pengecualian dari makhluk hidup yang tidak memiliki tengkorak yaitu echidoneremata, gerakan yang dilakukan oleh kelompok hewan ini secara keseluruhan diatur oleh sistem saraf pusat.

Tungkai
Juga, kerangka seperti kaki, sirip, dan ekstremitas lainnya merupakan perpanjangan dari tulang belakang. Sebagian besar hewan memiliki endoskeleton yang ditutupi oleh otot, jaringan, dan ligamen. Penutup struktur ini berperan dalam pengendalian motorik tubuh agar tubuh dapat bergerak.

BACA JUGA:  Sebutkan contoh cara memaknai proklamasi kemerdekaan indonesia

Struktur tulang yang tersusun dari endoskeleton memungkinkan tubuh melakukan gerakan seperti duduk, berdiri, membungkuk, dan sebagainya.

Contoh organisme yang memiliki rangka dalam adalah:
Ikan (Pisces)
Ular (reptil)
memasak (mamalia)
Manusia(mamalia)***