urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah”

Di dalam struktur biologi, organisasi kehidupan terdiri dari berbagai tingkatan dari yang terkecil hingga yang terbesar. Tingkatan ini dimulai dari tingkat molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer

Organisasi kehidupan pada organisme hidup
Berikut urutan organisasi kehidupan dari yang terkecil sampai yang terbesar beserta penjelasannya :

1. Molekul

Molekul terdiri dari atom, yang merupakan unit terkecil dari unsur kimia. Itu dapat ditemukan di semua benda, hidup dan mati.

Molekul terbagi menjadi dua jenis, yaitu molekul elementer dan molekul majemuk. Biomolekul atau molekul organik kompleks pada organisme hidup, misalnya asam nukleat (DNA dan RNA), protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin.

2. Organel

Organel adalah struktur seluler yang memiliki satu atau lebih fungsi spesifik untuk dilakukan di dalam sel, seperti halnya organ. Organel adalah unit yang tertutup secara diskrit di dalam lapisan ganda lipidnya sendiri (juga disebut organel yang terikat membran) atau unit fungsional yang berbeda secara spasial tanpa lapisan ganda lipid di sekitarnya (organel yang tidak terikat membran).

BACA JUGA:  apakah yang dimaksud penyerbukan

Organel diidentifikasi secara mikroskopis, dan juga dapat dimurnikan dengan fraksinasi sel. Ada banyak jenis organel, terutama pada sel eukariotik. Mereka termasuk struktur yang membentuk sistem endomembran (seperti amplop nuklir, retikulum endoplasma, dan badan Golgi), serta struktur lain seperti mitokondria dan plastida.

3. Sel

Sel adalah unit dasar kehidupan. Ada dua jenis sel: sel tumbuhan, yang memiliki dinding sel kaku yang terbuat dari partikel selulosa, dan sel hewan, yang memiliki membran sel yang fleksibel.

Organisme bersel tunggal seperti bakteri, protozoa, dan ganggang melakukan aktivitas metabolismenya hanya dengan satu sel. Sedangkan organisme multiseluler seperti hewan dan tumbuhan mengandung sel yang memiliki fungsi dan fungsi yang berbeda.

4. Jaringan

Jaringan terdiri dari sel-sel yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Jaringan berperan dalam membentuk struktur dasar bagian-bagian tubuh makhluk hidup.

Jaringan yang bekerja serempak untuk melakukan serangkaian fungsi tertentu membentuk organ. Pada tumbuhan, contoh jaringan adalah meristem dan jaringan pembuluh. Pada hewan, contoh jaringan adalah jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

5. Organ

Organ adalah kumpulan jaringan yang melakukan banyak fungsi. Organ adalah sekelompok jaringan organisme hidup yang telah diadaptasi untuk melakukan fungsi tertentu.

Contoh organ hewan adalah otak, jantung, dan paru-paru. Contoh organ tumbuhan adalah akar, daun, dan batang. Sedangkan organ tubuh manusia terdiri dari organ dalam seperti jantung, ginjal, hati, limpa, dan usus serta organ luar seperti kaki, tangan, dan kulit.

6. Sistem Organ

Sistem organ adalah sekelompok organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu dalam tubuh. Misalnya, sistem pernapasan menggunakan paru-paru, saluran udara, dan otot pernapasan untuk menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida pada hewan.

BACA JUGA:  6 Manfaat Pengabdian Masyarakat bagi Dosen

Contoh sistem organ pada hewan antara lain sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan sistem reproduksi. Sedangkan pada tumbuhan, contoh sistem organ antara lain sistem transpirasi dan sistem transportasi.

7. Organisme

Organisme adalah organisme hidup yang terdiri dari banyak komponen yang saling terkait yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Makhluk hidup datang dalam berbagai ukuran, bentuk, dan gaya hidup, tetapi semuanya memiliki beberapa ciri yang sama.

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan, mengeluarkan limbah, tumbuh, berkembang biak dan akhirnya mati. Fitur umum lainnya yang ditemukan di banyak organisme adalah respirasi, penggerak, pertumbuhan, kepekaan terhadap rangsangan, dan adaptasi.

8. Populasi

Populasi adalah sekelompok beberapa organisme dari spesies yang sama di daerah tertentu. Misalnya, singa di Kenya, Afrika, merupakan populasi.

Suatu populasi tumbuh ketika jumlah kelahiran melebihi jumlah kematian, atau ketika menerima individu yang bermigrasi dari kelompok populasi lain. Sebaliknya, populasi berkurang ketika jumlah kematian melebihi jumlah kelahiran, atau ketika sejumlah individu bermigrasi ke populasi lain.

9. Masyarakat

Sebuah komunitas terdiri dari semua spesies yang berbeda di daerah tertentu. Jumlah singa di Kenya, bersama dengan jumlah rusa, jerapah, gajah, dan semua spesies lain di kawasan itu, membentuk satu komunitas.

Selain itu, pada tingkat kelompok kehidupan, komunitas berada di atas populasi dan di bawah ekosistem. Artinya, tujuan terbentuknya masyarakat adalah keinginan para anggotanya untuk mencapai tujuan yang disepakati bersama.

10. Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan masyarakat dan lingkungannya yang saling berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik. Ekosistem disebut juga ekosistem. Misalnya, komunitas ikan air tawar selalu diasosiasikan dengan tangki ikan, air, udara, tanah, dan sinar matahari.

BACA JUGA:  berikut ini termasuk persiapan pementasan drama

Berdasarkan proses terjadinya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk karena pengaruh alam sekitar seperti sungai, laut, dan pegunungan. Sedangkan ekosistem buatan adalah ekosistem yang dibentuk oleh manusia, misalnya kolam ikan, akuarium, waduk, dan sawah.

11. Bioma

Bioma adalah komunitas tumbuhan dan hewan yang berbagi karakteristik lingkungan tempat mereka ditemukan. Secara umum hewan dan tumbuhan tersebut dapat beradaptasi karena dipengaruhi oleh iklim daerah.

Bioma dicirikan oleh komunitas tumbuhan dan hewan yang berbeda. Di Bumi, bioma dapat dikelompokkan menjadi tujuh jenis bioma utama, yaitu hutan hujan tropis, savana, padang rumput, gurun, hutan gugur, tundra, dan taiga.

12. Biosfer

Biosfer adalah gabungan semua ekosistem di Bumi. Setiap hewan, tumbuhan, bakteri, batu, dan molekul adalah bagian dari biosfer Bumi.

Biosfer meliputi udara, tanah dan air, memungkinkan proses biotik dan biotik terjadi. Dalam arti luas menurut geofisika, biosfer adalah ekosistem global yang menyatukan semua organisme hidup dan hubungannya, termasuk interaksinya dengan unsur-unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air) dan atmosfer (udara).***