tuliskan 2 hikmah atau keutamaan tadarus alquran di bulan ramadan

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “tuliskan 2 hikmah atau keutamaan tadarus alquran di bulan ramadan”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “tuliskan 2 hikmah atau keutamaan tadarus alquran di bulan ramadan”

7 Ibadah di Bulan Ramadhan

1. Sholat berjamaah
Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan lebih dari dua orang. Salah satu orang akan berperan sebagai pendeta dan memimpin doa.

Shalat berjamaah merupakan ibadah yang memiliki keutamaan yang besar, apalagi di bulan Ramadhan, bahkan bagi yang rutin mengamalkannya, Allah SWT pasti akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Hal itu telah disabdakan oleh Rasulullah SAW, yang berbunyi:

“Segala amal kebajikan anak Adam di bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya dengan 10 hingga 700 kali lipat.” (HR. Muslim)

Shalat berjamaah lebih utama dari pada shalat sendirian. Memang, semakin banyak jumlah orang percaya (peserta doa), prioritasnya berlipat ganda. Rosulullah bersabda:

“Salat berjamaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan 27 kali derajat” (HR Bukhari dan Muslim)

Keutamaan solat berjamaah

  • Mendapatkan tazkiyah (pernyataan kesucian) dan anugerah besar dari Allah SWT
  • Mematuhi perintah Rasulullah SAW
  • Sebagai upaya mematuhi perintah Allah SWT
  • Mengagungkan dan menekankan apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW
  • Sebagai saksi keimanan. Dalam hal ini, salat berjamaah akan membuat masjid-masjid menjadi tidak sepi
  • Bebas dari api neraka
  • Doanya tidak ditolak
  • Mempererat tali persaudaraan dan kasih sayang
  • Menjaga diri dari setan
  • Berpahala besar
BACA JUGA:  manusia dapat berusaha mencapai surga pada waktu

2. Membaca Al-Qur’an
Berkaitan dengan bulan Ramadan, tadaruz adalah kegiatan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama atau sendiri-sendiri, yang dapat dilakukan di masjid, mushola, dan rumah-rumah. Sebagaimana di bulan Ramadhan yang penuh berkah, kita wajib membaca Al-Qur’an sesuai dengan firman Allah SWT, yaitu:

“…Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran…” (QS. Al-Baqarah: 185)

Keutamaan membaca Alqur’an

  • Ketika membaca Al-Quran, harus dengan hati yang ikhlas dan niat karena Allah Lillahi Ta’ala
  • Harus dalam keadaan suci dari hadas kecil maupun besar dan membaca di tempat yang bersih
  • Membaca ta’awudz, yaitu doa meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk pada awal membawa Al-Quran
  • Membaca Al-Quran dengan tartil dan secara perlahan-lahan saja
  • Hendaknya bersujud ketika membaca ayat sajadah. Sujud tersebut adalah sujud tilawah

3. Salat Tarawih

Perlu diketahui bahwa setiap malam dari malam pertama hingga malam ke-30 Ramadhan, shalat Tarawih akan selalu diganjar pahala oleh Allah SWT. Mulai dari ampunan dosa kedua orang tuanya dan dosanya sendiri, dia akan bangkit di hari kiamat dengan wajah berseri, mengangkat derajat seseorang di surga, dan meninggikan siksa kubur, hingga memudahkan penyeberangan Sherath Al- Mustaqim. setelah hidup.

4. Sholat Tahajud
Tahajud adalah shalat yang dilaksanakan pada malam hari. Waktu sholat setelah sholat isya hingga subuh. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa shalat tahajud lebih baik pada seperempat malam.

5. I’tikaf
Menurut bahasa, I’tikaf berarti “hidup”. Dikatakan: I’tikaf adalah tinggal di masjid untuk tujuan tertentu. Tujuan khusus ini harus berupa hal-hal yang baik, misalnya berdzikir, shalat, membaca Al-Qur’an.

6. Perbanyak sedekah
Sedekah memberikan bantuan jasmani dan rohani kepada mereka yang membutuhkan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang amalan sedekah, yaitu:

BACA JUGA:  Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Hubungan Internasional

“Setiap anggota tubuh manusia memiliki keharusan sedekah pada setiap harinya. Yaitu seperti mendamaikan dua orang yang berselisih adalah sedekah. Menolong orang yang naik kendaraan atau menolong mengangkatkan barangnya ke atas kendaraan, itu juga termasuk sedekah. Ucapan atau tutur kata yang baik adalah sedekah. Setiap langkah yang kamu ayunkan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Menyingkirkan sesuatu yang membahayakan di jalanan umum adalah sedekah.” (HR Muslim).

7. Zakat fitrah
Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam di bulan Ramadhan. Zakat fitrah ini nantinya diberikan kepada mereka yang berhak atas zakat, untuk menyucikan diri, dan untuk memperbaiki kekurangan yang mungkin terjadi selama puasa.***

 

`