santi berlatih melompati peti lompat aktivitas tersebut termasuk kategori senam

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “santi berlatih melompati peti lompat aktivitas tersebut termasuk kategori senam”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “santi berlatih melompati peti lompat aktivitas tersebut termasuk kategori senam”

Peti Lompat merupakan salah satu alat untuk senam lantai. Pelatihan melalui lompat kotak adalah salah satu kategori dalam gerakan senam lantai.

Pembahasan
Jump box merupakan salah satu alat untuk senam lantai. Pelatihan melalui lompat kotak adalah salah satu kategori dalam gerakan senam lantai. Pada senam lantai, gerakan dapat dilakukan di atas jump box dengan posisi jongkok atau dengan posisi menyamping.

Dalam senam lantai terdapat dua jenis gerakan yang dilakukan dengan jump cage yaitu squat jump dan sideways jump. Ini penjelasannya.

Lompat jongkok. Lompat jongkok adalah gerakan melompati kotak lompat dengan memposisikan tubuh seperti jongkok saat berada di udara.
lompatan intermiten. Lompat samping adalah gerakan melompati kotak lompat dengan kedua kaki terbuka lebar ke kiri dan ke kanan saat berada di udara.

Pengertian senam lantai menurut para ahli
Dalam hal ini para ahli juga memiliki pendapat mengenai pengertian senam lantai. Berikut pengertian senam lantai menurut para ahli.

Menurut Yusup Hidayat (2010), senam lantai adalah latihan fisik dengan gerakan yang sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

BACA JUGA:  Manfaat Magang di Perusahaan Swasta Bagi Mahasiswa

Menurut Mohager (2013), senam lantai merupakan salah satu kelompok senam. Gerakan senam lantai sangat beragam dan dilakukan sesuai kondisi yaitu di lantai.

Mohajer (2010) juga membahas senam lantai lagi dimana dikatakan bahwa senam lantai merupakan olahraga yang menghasilkan gerakan berupa rolling, bouncing, balance jumping, serta jumping. Untuk bisa melakukan senam lantai, Anda harus banyak berlatih.

Menurut Sayuti Sahara (2010), senam atau senam adalah suatu sistem latihan yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan fisik tubuh melalui latihan gerakan tubuh.

Menurut Budi Sutrisno (2010), senam lantai mengacu pada gabungan gerakan gabungan dari setiap anggota tubuh seperti mobilitas, keseimbangan, kecepatan, kekuatan, ketepatan, kelincahan dan kelenturan tubuh.

Senam enam irama merupakan salah satu jenis senam yang gerakannya bervariasi dan dilakukan seirama dengan musik pengiring. Senam ini bukanlah senam biasa, melainkan mengandung unsur-unsur yang harus dikuasai oleh pesenam, seperti kelentukan, keseimbangan, ketepatan dengan irama, dan lain-lain.

Serangkaian latihan biasanya diawali dengan berjalan, berlari, melompat, mengayun atau berputar. Senam ini juga sering disebut senam ritmik yang dapat dimainkan dengan alat bantu seperti tongkat, simpai, tali, pita, dan bola.

Pengertian senam ritmik

Sesuai dengan namanya, senam ini selalu dilakukan dengan iringan musik tertentu, oleh karena itu senam ritmik ini termasuk dalam cabang senam artistik. Pesenam yang tampil bisa perorangan atau kelompok, dan yang pasti gerakannya selalu memiliki koreografi yang bernuansa akrobatik, tari modern, dan balet.

Di olimpiade, senam ritmik sering dijadikan kompetisi, bahkan di tingkat internasional. Perannya dalam Olimpiade juga menjadi pembeda dengan senam aerobik yang hanya dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Terlebih lagi, saat melakukan senam aerobik, biasanya Anda diinstruksikan oleh instruktur olahraga.

BACA JUGA:  bentuk penyajian barang secara langsung disebut

Sejauh ini jenis olahraga ini hanya untuk wanita saja. Namun pada akhirnya, Jepang menjadi negara terdepan dalam senam ritmik putra. Pelopor senam ini awalnya berasal dari Eropa, dan diprakarsai oleh banyak ahli di bidang seni.

Kemudian dalam perkembangannya, senam ini banyak mengadopsi teknik dalam balet, sehingga senam ritmik ini semakin digandrungi kaum wanita. Oleh karena itu hingga saat ini gerakan senam masih identik dengan wanita, sehingga senam ritmik banyak dilakukan oleh wanita.***

 

`