Berikut 4 Manfaat Kenaikan Titik Didih dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut 4 Manfaat Kenaikan Titik Didih dalam Kehidupan Sehari-Hari

Rumahteknologi.com – Pembahasan sifat-sifat agregat dalam larutan erat kaitannya dengan titik didih tinggi. Hal ini dikarenakan dalam kehidupan sehari-hari kita hampir menyadarinya atau tidak mudah untuk menemukannya. Untuk itu, artikel berikut akan membahas manfaat titik didih tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
titik didih tinggi

Kenaikan titik didih adalah suhu atau temperatur dimana tekanan uap suatu zat cair sama dengan tekanan lingkungan sekitarnya. Senyawa non-volatil atau non-volatil tidak akan mengalami penguapan karena memiliki tekanan uap yang sangat rendah dan dianggap nol.

Faktanya, ketika zat terlarut yang tidak mudah menguap ditambahkan ke pelarut, itu akan menyebabkan tekanan uap larutan turun di bawah tekanan uap pelarut murni. Titik didih yang meningkat juga berarti bahwa lebih banyak panas diperlukan untuk memanaskan larutan hingga mendidih. Titik didih berisi persamaan yang digunakan untuk mengukur seberapa tinggi titik didih.

Manfaat Kenaikan Titik Didih

Adapun fungsi yang menjadi manfaat dalam kenaikan titik didih, antara lain;

Memasak

Dalam memasak, kita pasti menggunakan garam sebagai penambah garam. Namun ternyata selain menambah rasa asin, garam juga memiliki manfaat dalam meningkatkan titik didih. Saat kita memasak dengan cara memanaskan air, tentunya air akan mengalami proses perebusan ketika sudah mencapai titik didih.

Ketika kita menambahkan garam ke piring, itu akan meningkatkan titik didih air. Akibatnya, air membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk mendidih. Hal ini berguna untuk memasak beberapa masakan yang membutuhkan proses pemanasan lebih lama dan lebih lambat atau slow cooking agar air yang digunakan terlebih dahulu tidak mendidih.

BACA JUGA:  Wow! Terungkapnya Ringkasan Cerita Misteri Asal Usul Danau Toba yang Membuatmu Kagum!

 

Cairan Antibeku

Senyawa etilen glikol merupakan suatu zat yang sering digunakan sebagai cairan antibeku dalam radiator kendaraan. Sebenarnya cairan ini berfungsi untuk mencegah air radiator untuk membeku dengan menurunkan titik beku larutan dalam radiator.

Namun ternyata cairan antibeku ini juga akan menaikkan titik didih larutan dalam radiator. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk radiator tersebut dimana adanya kenaikan titik didih akan mencegah air radiator untuk mendidih.

Pengukuran Massa Molar

Dalam perhitungan kenaikan titik didih akan bergantung pada jumlah pelarut dan juga konsentrasi molal partikel terlarut. Secara sederhana, kenaikan titik didih dapat digunakan untuk menentukan massa molar zat terlarut dengan adanya variabel mol pada rumusnya.

Untuk larutan elektrolit seperti larutan natrium klorida, maka senyawa tersebut akan mengalami disosiasi pada saat pelarutan. Hal ini akan menjadi lebih kompleks dalam pengukuran massa molar suatu zat menggunakan kenaikan titik didih

Meskipun saat ini dalam penentuan massa molar zat telah digunakan suatu alat atau instrumen yaitu spektrofotometer massa, namun metode ini tetap dapat digunakan sebagai alternatif yang murah.

Pemurnian Gula

Seperti yang kita ketahui bahwa gula terbuat dari suatu batang tebu. Ketika tebu telah dipanen maka dari batang tebu tersebut akan diekstrak cairan tebu yang kemudian akan digunakan dalam pembuatan gula kristal untuk konsumsi.

Dalam pembuatan gula, terdapat tahap dimana cairan tebu tersebut akan di didihkan. Suhu dimana cairan mendidih akan bergantung dari konsentrasi gula dalam cairan tersebut. Dengan mengetahui tingkat kenaikan titik didih ini maka itu akan digunakan untuk memantau tingkat kejenuhan larutan sehingga akan bermanfaat dalam proses kristalisasi untuk menghasilkan kristal gula yang sempurna.

BACA JUGA:  Pengabdian Di Bidang Teknologi Informasi, Solusi Digital untuk Masalah Komunitas

Demikianlah uraian lengkap yang bisa kami berikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan manfaat kenaikan titik didih yang mudah ditemukam dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan edukasi bagi segenap pembaca sekalian.

`