benua dengan distribusi penduduk yang relatif merata terdapat di

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “benua dengan distribusi penduduk yang relatif merata terdapat di”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “benua dengan distribusi penduduk yang relatif merata terdapat di”

Indonesia merupakan negara yang terletak di benua Asia. Benua Asia memiliki luas 44,58 juta km2 dan merupakan yang terbesar diantara benua lainnya. Namun, bagaimana sebaran penduduk Benua Asia?
Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengetahui beberapa hal tentang benua Asia. Secara astronomis, letak benua Asia berada pada 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Sedangkan secara geografis, benua Asia berada di antara benua Eropa dan Australia serta antara Samudra Arktik, Hindia, dan Pasifik. .

Batas-batas Benua Asia meliputi:

· Utara: Samudra Arktik
· Barat: Laut Merah, Laut Mediterania, Pegunungan Ural
· Timur: Samudra Pasifik, Laut Bering
Selatan: Samudera Hindia
· Batas Benua Asia dan Benua Afrika : Laut Merah, Terusan Suez
· Batas Benua Asia dan Benua Eropa : Pegunungan Ural, Laut Merah
· Batas Benua Asia dan Benua Australia : Kepulauan Maluku, Papua Nugini

Distribusi Penduduk Benua Asia

Menurut buku World Regional Geography (2020), sebaran penduduk Benua Asia terbagi menjadi lima, yaitu Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat, dan Asia Selatan. Berikut penjelasannya:

BACA JUGA:  sistem pemerintahan kerajaan sriwijaya

1. Asia Tenggara
Asia Tenggara memiliki luas daratan sekitar 4.817.000 km² dan perairan laut Asia Tenggara sekitar 5.060.100 km2. Kawasan Asia Tenggara dilalui garis khatulistiwa (equator) dan juga Tropic of Cancer. Asia Tenggara terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Asia Tenggara Daratan (Indocina) dan Asia Tenggara Kepulauan.

Adapun negara-negara Asia Tenggara Daratan (Indocina), seperti Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Sedangkan negara-negara di Asia Tenggara Kepulauan adalah Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Persebaran penduduk di Asia Tenggara memiliki berbagai suku atau ras, seperti Khmer (Kamboja), Burma (Myanmar), Thailand (Thailand), Melayu (Brunei dan Malaysia), Jawa (Indonesia), dan Cina (Singapura).

2. Asia Tengah
Asia Tengah terbentang dari barat yaitu Laut Kaspia, ke timur yaitu China, dan dari Afganistan di selatan hingga Rusia di utara. Kawasan Asia Tengah ini juga sering disebut sebagai Black Hole, karena merupakan bekas jajahan dan kekuasaan banyak rezim kolonial seperti China, Mongolia, Islam, Budha, Ottoman dan lain-lain.

Kemudian, Asia Tengah memiliki luas sekitar 9.029.000 km2 dan memiliki lima negara yaitu Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Persebaran penduduk di Asia Tengah memiliki banyak suku atau etnis, mulai dari Uyghur, Tajik, Uzbek, Azerbaijan, hingga Turki.

Baca juga:
Memahami Ciri-ciri Flora Barat dan Contohnya
3. Asia Timur
Asia Timur memiliki luas geografis hingga 11.840.000 km2 dan memiliki jumlah penduduk hingga 1,5 miliar jiwa. Kawasan Asia Timur memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, sehingga negara-negara yang tergabung di dalamnya memiliki nilai pertumbuhan ekonomi yang lebih maju dibandingkan negara-negara di benua Asia lainnya.

Ada beberapa negara besar di Asia Timur, seperti Cina (China), Jepang, Mongolia, Korea Utara, Korea Selatan, dan Taiwan. Suku bangsa atau etnis yang mendiami Asia Timur mayoritas adalah Asiatic Mongoloid, Malayan Mongoloid, dan American Mongoloid.

BACA JUGA:  Pengabdian dalam Pendidikan Musik, Memupuk Bakat dan Apresiasi Musik di Kalangan Masyarakat

4. Asia Barat
Asia Barat atau sering disebut dengan kawasan Timur Tengah, karena kawasan ini berada di tengah belahan timur. Kondisi alam Asia Barat cenderung gersang dan kering akibat intensitas hujan yang rendah. Asia Barat terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Levant (Sham), wilayah ini meliputi Lebanon, Suriah, Yordania, Palestina, Israel, Irak, Turki, dan Siprus
· Jazirah Arab, wilayah ini meliputi Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman dan Yaman
Kaukasus, wilayah ini meliputi Azerbaijan, Armenia, dan Georgia
· Hamparan Iran, wilayah ini hanya mencakup Iran

5. Asia Selatan
Asia Selatan pada dasarnya merupakan wilayah yang terletak di bagian selatan benua Asia dan secara astronomis terletak pada 26º LU, 48º LS, dan 67º BT-125º BT. Sedangkan secara geografis, Asia Selatan berbatasan dengan Asia Tengah di sebelah utara, Asia Timur di timur, dan Asia Tenggara di tenggara.

Negara-negara di Asia Selatan, seperti India, Afganistan, Pakistan, Nepal, hingga Bangladesh. Suku bangsa dari Asia Selatan juga sangat majemuk, seperti Santhal, Andaman, Sentinel, Weddan, dan masih banyak lagi.***

`