kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya disebut

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya disebut”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya disebut”

Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan serupa secara berurutan dengan cepat, atau kemampuan untuk menempuh jarak sesingkat mungkin.

Kecepatan adalah elemen fisik yang mendasar, sedemikian rupa sehingga merupakan faktor penentu dalam olahraga seperti lari cepat, renang, seni bela diri, dan olahraga permainan.

Kecepatan tidak hanya mencakup semua kecepatan tubuh, tetapi juga waktu reaksi pemain terhadap rangsangan.

Kemampuan ini mengurangi jarak Anda menggerakkan tubuh Anda. Kecepatan berarti tidak hanya menggerakkan seluruh tubuh Anda dengan cepat, tetapi juga menggerakkan anggota tubuh Anda dalam waktu singkat.

Dalam sprint, kecepatan lari ditentukan oleh gerakan kaki yang cepat dan berurutan, dan kecepatan tendangan ditentukan oleh pendeknya kaki saat menempuh jarak tendangan.

Kemampuan untuk menempuh jarak dalam waktu sesingkat mungkin

kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya disebut:

1. Kecepatan menembak
Slip-on speed adalah kemampuan tubuh atlet untuk bergerak maju dengan intensitas dan kecepatan maksimal untuk mencapai hasil terbaik. Misalnya pemain sepak bola yang mengejar bola.

2. Laju reaksi
Kecepatan reaksi adalah kemampuan tubuh atlet untuk bereaksi terhadap rangsangan secepat mungkin untuk mendapatkan hasil yang sebaik mungkin. Misalnya, jika seorang pemain sepak bola menerima umpan, maka pemain tersebut langsung menerimanya.

3. Kecepatan gerakan
Locomotion speed adalah kemampuan organ tubuh seorang atlet untuk bergerak secepat yang dia bisa dalam satu gerakan yang tidak terputus.

BACA JUGA:  jelaskan dengan contoh saat disebut barang bebas dan barang ekonomi

latihan untuk meningkatkan kecepatan

1. Ritsleting pinggul
Jenis latihan pertama untuk meningkatkan kecepatan adalah engsel pinggul. Salah satu latihan pinggul yang paling umum kita lihat adalah deadlift. Ini adalah pengembang otot punggung yang kuat dari tubuh.

Otot bokong, paha belakang, dan punggung atas diperkuat dengan deadlift. Namun, tidak semua orang harus melakukan deadlift dengan barbel.

2. Jongkok
Jenis latihan kecepatan kedua adalah squat. Menambahkan squat ke latihan Anda akan meningkatkan kemampuan Anda untuk memberi lebih banyak tekanan pada tanah.Ada alasan mengapa banyak pelatih kekuatan menggunakan jenis latihan ini sebagai cara yang ideal untuk membangun kecepatan. Jongkok menggunakan banyak otot besar di tubuh bagian bawah.

3. Lari cepat
Latihan lari sprint juga merupakan latihan yang dianjurkan untuk meningkatkan kecepatan lari. Jadikan sprint sebagai bagian dari latihan Anda, bahkan jika Anda terbiasa berlari jarak jauh.

Untuk mendukung hal ini, sebuah penelitian pada Maret 2018 menemukan bahwa seorang atlet yang berlatih sprint yang dia lakukan enam sesi mengalami peningkatan kecepatan performa larinya.
Tidak hanya itu, latihan sprint juga dapat meningkatkan daya tahan, kekuatan dan performa tanpa memerlukan waktu latihan yang terlalu banyak.

4. Latihan tabata
Jenis olahraga intensitas tinggi ini juga bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan kecepatan larinya. Metodenya terdiri dari 20 detik latihan intensitas tinggi diikuti dengan cooldown 10 detiknya. Lakukan ini 7-8 kali.

5. fartleks
Fartleks berasal dari kata Swedia untuk permainan cepat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kecepatan lari dan kebugaran Anda dengan cara yang menyenangkan.

Konsepnya adalah melakukan sprint dan jogging secara bergantian, tetapi tidak ada aturan yang ditetapkan. Misalnya dia sprint 2 menit, lalu joging 1 menit, dan sprint lagi 5 menit.

Anda juga dapat memilih objek tertentu sebagai penanda, seperti berlari ke ujung truk atau mencapai kotak surat. Fartlek tidak memiliki aturan formal. Jenis olahraga ini cocok untuk pelari maraton yang ingin meningkatkan kecepatan larinya.

BACA JUGA:  sistem pemerintahan yang berlaku pada masa republik indonesia serikat adalah

Kebugaran adalah salah satu kunci untuk membuat semua orang tetap aktif dengan baik dan lancar. Pentingnya pendidikan jasmani sudah terlihat dalam mata pelajaran olahraga sejak masa sekolah. Seiring bertambahnya usia, upaya menjaga kebugaran tubuh dalam olahraga harus tepat agar cita-cita tercapai.

definisi kebugaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian kebugaran adalah kebugaran jasmani yang berkaitan dengan pengaruh latihan terhadap kondisi fisik, seperti kekuatan otot, daya tahan, daya tahan kardiorespirasi dan kelentukan. Mengenai bahan ajar SD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Iptek, disebutkan bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan jasmani seseorang untuk menyesuaikan diri dengan berbagai aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah atau lelah.

Berdasarkan pengertian tersebut, kebugaran melibatkan banyak faktor seperti komposisi, fleksibilitas dan daya tahan. Namun intinya kebugaran jasmani ditandai dengan memiliki energi dan kekuatan yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Ini membantu mengurangi risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung kronis dan diabetes.

unsur kebugaran

Menurut buku ajar di website Kemendikbud, ada 10 unsur kebugaran jasmani:

Kekuatan (strength) – kemampuan tubuh untuk menerima beban saat bergerak.
Endurance: Kemampuan untuk menggunakan sistem jantung, pernapasan, dan peredaran darah secara efisien dan efektif untuk melakukan aktivitas berkelanjutan.
Muscle Power : Kemampuan untuk menghasilkan kekuatan otot yang maksimal dalam waktu yang singkat.
Agility – Kemampuan untuk mengubah posisi tubuh dari satu tempat ke tempat lain.
Fleksibilitas: Kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan tepat melalui fleksibilitas anggota tubuhnya.
Explosive force (power) – kemampuan untuk mengatasi hambatan beban dengan kekuatan dan kecepatan yang besar dalam satu gerakan penuh.
Koordinasi: Kemampuan menggabungkan rangkaian gerakan dan mengoordinasikan seluruh tubuh dengan benar.
Keseimbangan : Kemampuan mengendalikan tubuh dan melakukan gerakan secara tepat dan akurat.
Akurasi – kemampuan untuk mengontrol gerakan bebas tubuh menuju target.
Reaksi : kemampuan bertindak dan bereaksi terhadap rangsangan dari panca indera.
Manfaat Kesehatan dari Kebugaran Jasmani

BACA JUGA:  cepat kaki ringan tangan artinya

Manfaat kesehatan yang diberikan oleh kebugaran tidak hanya fisik, tetapi juga mental. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kebugaran.

Umur panjang: Olahraga teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker, dan banyak penyakit yang mengancam jiwa lainnya.
Berat Badan Sehat: Olahraga dan diet seimbang dapat membantu Anda menurunkan, mencegah, dan mempertahankan berat badan.
Meredakan Depresi dan Stres: Olahraga dapat memiliki efek antidepresan dengan meningkatkan produksi hormon kebahagiaan tubuh seperti dopamin dan serotonin, yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan depresi.
Mempertahankan Kemampuan Kognitif: Aktivitas fisik secara teratur membantu menjaga kemampuan berpikir, belajar, dan membuat keputusan.
Mengelola Penyakit Kronis: Jika dia memiliki penyakit kronis, berolahraga untuk kebugaran adalah salah satu cara dia mengelolanya.
Tidur lebih nyenyak: Orang yang rutin berolahraga biasanya lebih cepat tertidur dan memiliki lebih banyak energi untuk aktivitas sehari-hari.
Perkuat tulang Anda: Banyak jenis olahraga yang dapat memperkuat tulang Anda, tetapi dapat diadu seiring bertambahnya usia.
Jenis olahraga yang dianjurkan untuk menjaga bentuk fisik

Pada dasarnya, semua jenis olahraga ini membantu Anda tetap bugar. Namun, beberapa lebih cocok untuk elemen tertentu. Sebagai contoh:

Lompat jongkok (jumping squat), push-up, sit-up, back-up, angkat besi untuk kekuatan.
Bangun ketahanan dengan meningkatkan intensitas dan durasi lari, aerobik, atau bersepeda secara bertahap.
Latihan, yoga, dan berenang untuk meningkatkan fleksibilitas.
Jalankan zigzag untuk ketangkasan.
Tingkatkan daya ledak dengan squat jump dan angkat beban.
Latih koordinasi Anda dengan berenang, mengayun, dan bola raket.
Tingkatkan keseimbangan dan fleksibilitas Anda dengan yoga dan latihan
Mainkan bola basket atau sepak bola dan latih akurasi Anda.
Lempar bola tangkap dan latih reaksi Anda.***