Asia Tenggara Merupakan Bentuk Kerja Sama

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “Asia Tenggara Merupakan Bentuk Kerja Sama”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “Asia Tenggara Merupakan Bentuk Kerja Sama”

A. Proses Pembentukan ASEAN

Sebelum membahas kerjasama ekonomi ini lebih jauh, kita perlu mengetahui lebih jauh apa itu ASEAN dan bagaimana sejarahnya terbentuk.

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, menurut terjemahannya. ASEAN merupakan organisasi tingkat regional yang menyediakan forum kerjasama bagi sepuluh negara di kawasan Asia Tenggara.

Organisasi ini terdiri dari lima negara: Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia dan Indonesia. ASEAN secara resmi berdiri dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967.

Seperti namanya, pernyataan itu diadakan di Bangkok, Thailand. Saat itu, masing-masing negara diwakili oleh seorang Menteri Luar Negeri. Indonesia diwakili oleh Adam Malik, Thailand oleh Thanat Khoman, Narcisco Ramos oleh Filipina, S. Rajaratnam oleh Singapura dan Malaysia oleh Tun Abdul Razak.

Adam Malik sebagai wakil Indonesia berperan aktif dalam perencanaan, penyuntingan dan pendirian organisasi ASEAN-nya pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Kisah lengkapnya dapat Anda baca dalam buku Seri A Para Pemimpin Nasional – Aktor Adam Malik dalam Deklarasi ASEAN.

Deklarasi Bangkok merupakan bukti komitmen kuat dari lima negara pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan yang aman, damai, sejahtera, dan stabil.

BACA JUGA:  bagaimana cara kita meneladani asmaul husna al-karim

Pembicaraan pembentukan forum bagi negara-negara Asia Tenggara muncul karena kawasan itu bercirikan kondisi rawan konflik di tahun 1960-an.

Salah satunya adalah adanya perebutan wilayah untuk menyebarkan pengaruh ideologi negara-negara besar. Tak perlu dikatakan, negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga berselisih satu sama lain.

Jika konflik tersebut berlanjut, mereka dapat mengancam stabilitas regional dan menghambat jalur pembangunan.

Seiring pertumbuhan organisasi ASEAN, lima negara Asia Tenggara lainnya secara bertahap bergabung.

Brunei Darussalam bergabung pada 8 Januari 1984, dan 11 tahun kemudian Vietnam bergabung pada 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar bergabung secara bersamaan dua tahun kemudian pada 23 Juli 1997. Aksesi Kamboja pada 30 April 1999 melengkapi sepuluh negara anggota ASEAN.

B. Tujuan Kerjasama ASEAN

Secara umum, ASEAN didirikan untuk membawa kerja sama, kemakmuran, dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara. Namun, rincian tujuan pembentukan ASEAN tertuang dalam Deklarasi Bangkok.

Mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, perkembangan budaya, dan kemajuan sosial melalui upaya bersama dalam semangat persahabatan dan kesetaraan untuk memperkuat fondasi masyarakat Asia Tenggara yang damai.
Mengatasi masalah koridor kepentingan bersama di berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, teknik, administrasi, khususnya ekonomi dan sosial, dengan memperkuat hubungan saling membantu dan kerjasama aktif
Memperkuat stabilitas dan perdamaian di kawasan dengan saling menghormati hukum, ketertiban dan keadilan dalam hubungan antar negara di kawasan Asia Tenggara, dan dengan berpegang pada prinsip-prinsip Piagam PBB.
Saling mendukung antar negara untuk menyediakan berbagai saran penelitian dan pelatihan di bidang profesional, teknis, pendidikan dan administrasi
Memperkuat pemanfaatan industri dan pertanian antar negara, memperluas perdagangan, melakukan penelitian komoditas internasional, meningkatkan sarana komunikasi dan transportasi, serta meningkatkan efektivitas kerjasama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Proses penelitian yang sukses di Asia Tenggara
Membangun dan memelihara kerja sama yang kuat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi regional dan internasional yang memiliki visi dan tujuan yang sama, serta menjaga semua kemungkinan untuk membangun hubungan yang lebih erat antar negara ASEAN.

BACA JUGA:  contoh limbah anorganik yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kerajinan adalah

C. Mendorong kerjasama antar negara ASEAN

Kerja sama antar negara tidaklah mudah, dan ada banyak hal yang harus diwaspadai. Hal yang sama berlaku untuk negara-negara Asia Tenggara.

Kerja sama yang mereka bangun di ASEAN harus memiliki landasan yang kokoh. Setidaknya ada dua faktor utama yang mendorong kerja sama antar negara ASEAN. Kedua faktor tersebut adalah:

1. Sumber daya alam memiliki banyak persamaan dan perbedaan

Meskipun negara-negara ASEAN berada di kawasan yang sama, sebenarnya mereka tidak memiliki sumber daya alam yang seragam.

Sebut saja Singapura dan Indonesia. Jarak kedua negara yang pendek tidak berarti Singapura memiliki sumber daya mineral yang sama dengan Indonesia. Namun di sisi lain, Indonesia masih tertinggal dari Singapura dalam hal perjanjian pengelolaan pelabuhan.

Jadi keduanya berakhir dengan manfaat yang sama. Proses ekspor produk tambang Indonesia harus melewati pelabuhan Singapura. Pasalnya, Kota Singa terletak strategis di jalur perdagangan dunia yang menghubungkan negara-negara kawasan Asia Tenggara dan benua Eropa.

Selain sumber daya alam yang terkandung di dalam perut bumi, sumber daya pangan juga dapat menjadi alasan untuk mendorong kerjasama antar negara di kawasan. Dalam kasus ASEAN, keberadaan sumber pangan yang berbeda di negara-negara anggota menghubungkan mereka.

Misalnya, Indonesia menjual produk pertanian ke Singapura. Namun pada saat yang sama, negara kita membeli beras tidak hanya dari Myanmar tetapi juga dari Thailand untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri.

2. Persamaan dan perbedaan geografis

Kawasan Asia Tenggara, seperti namanya, adalah sejumlah negara yang terletak di benua Asia Tenggara. Negara-negara ini secara geografis dibatasi oleh dua benuanya, Asia dan Australia, serta dua samudranya, samudra Hindia dan Pasifik.

BACA JUGA:  ciri ciri boneka beruang

Karena lokasi geografisnya yang mirip, banyak negara dalam suatu kawasan biasanya bekerja sama. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan stabilitas kawasan secara keseluruhan dan khususnya negara itu sendiri. ASEAN adalah contoh kerjasama karena kesamaan geografisnya.

D. Hasil Kerjasama ASEAN

Kegiatan gotong royong antar negara anggota ASEAN akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan. Kerja sama di antara negara-negara anggota ASEAN berlangsung di hampir setiap bidang kehidupan. Di bawah ini adalah beberapa contoh capaian kerjasama ASEAN.

1. Capaian kerjasama ASEAN dalam bentuk infrastruktur:

ASEAN telah berhasil mendirikan beberapa pabrik untuk kebaikan bersama. Pabrik-pabrik ini dan lokasinya adalah:

Mendirikan Pabrik Pupuk ASEAN di Indonesia
Pabrik Pupuk Amoniak Urea berlokasi di Malaysia
Pembangunan pabrik tembaga ASEAN di Filipina
pabrik soda di thailand
Pabrik vaksin hepatitis B miliknya di Singapura

Selain dalam bentuk pabrik, negara-negara ASEAN juga bersinergi membangun infrastruktur untuk bidang pendidikan, khususnya dalam bentuk kampus. Tetap kokoh di kota Antal.

2. Capaian kerjasama ASEAN dengan negara maju di luar ASEAN:

ASEAN juga mengupayakan kerja sama dengan negara maju lainnya untuk menguntungkan negara anggotanya. Jepang menjadi sasaran kerjasama ini. Di Tokyo, ibu kota negara bunga sakura, ASEAN berhasil menciptakan hub untuk mempromosikan pariwisata, investasi, dan perdagangan di antara negara-negara anggotanya.

3. Capaian kerjasama ASEAN di bidang keamanan:

Penyelesaian sengketa wilayah di Laut China Selatan merupakan bentuk kerjasama antar negara ASEAN di bidang keamanan. Selain itu, ASEAN juga berhasil membentuk Kawasan Damai, Bebas, dan Netral yang disingkat ZOPFAN, yang berarti Kawasan Bebas dan Netral. ZOPFAN didirikan untuk melindungi kedaulatan Negara Anggota ASEAN.***

`