contoh kerajinan bangun datar

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan membahas “contoh kerajinan bangun datar”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “contoh kerajinan bangun datar”

Contoh Kerajinan Tangan

Kerajinan dari bahan improvisasi dalam bentuk datar sangat beragam. Ada yang berbahan plastik bekas, kardus, kertas, dll. Untuk lebih jelasnya simak buku Kerajinan dan Kewirausahaan suntingan Nunung Kurniawati, simak uraian di bawah ini.
1. Kerajinan dari sisa kulit jagung
Sekam jagung, limbah pertanian, sering dianggap hanya sampah. Padahal, limbah kulit jagung bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Misalnya kipas angin, bunga, lampu hias, dll.
2. Kerajinan menggunakan daun pisang
Daun pisang kering biasanya dibakar begitu saja karena dianggap tidak berguna.Jika menggunakan daun pisang, warnanya harus kuning hingga coklat dan benar-benar kering. Contoh kerajinan tangan adalah tempat pulpen dan tempat gelas.
3. Kerajinan dari sampah plastik
Sampah plastik sulit terurai oleh mikroorganisme dan membutuhkan waktu lama untuk menyatu dengan tanah. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sampah plastik ini untuk kerajinan. Contoh kerajinan tangan yang terbuat dari sampah plastik adalah bunga plastik, tas dan dompet.
4. Kerajinan dengan kertas bekas
Kertas mudah pecah jika terkena air. Namun, saat digunakan sebagai substrat kerajinan, kertas bisa dirawat agar tidak mudah hancur. Hal ini dilakukan dengan memperbanyak kandungan perekat atau anti air seperti melamin atau poliester.Kertas bekas dapat dibuat menjadi kerajinan tangan dengan menggunakan berbagai teknik. Misalnya teknik menenun, teknik sobek, teknik melipat dan teknik memilin. Contoh kerajinan tangan dari kertas bekas adalah kotak tisu, tempat sampah dan tas.
5. Kerajinan dari limbah kain perca
Ketika pakaian dibuat oleh penjahit atau konveksi, sejumlah besar limbah kain yang disebut kain perca dihasilkan. Kain perca bekas dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan tangan yang unik dan menarik.Pakaiannya sendiri juga bisa dibuat dengan menjahit kain perca menjadi satu. Contoh kreasi limbah kain perca antara lain kain perca, tas jinjing, taplak meja dan keset.
6. Kerajinan menggunakan kardus bekas
Karton bekas sepertinya tidak berguna. Namun, ada cara lain agar kardus bekas ini lebih bermanfaat dan meningkatkan nilai jualnya.Untuk melakukan ini, ubah limbah karton menjadi kerajinan tangan. Contoh produk antara lain kotak aksesori, vas bunga, dan celengan.
7. Kerajinan dari sisa sisik ikan
Sisik ikan mencurigakan dan tidak berguna dan dibuang. Padahal sisik ikan bisa menjadi kerajinan tangan.Sisik ikan air tawar kuat dan tebal, sehingga sering digunakan dalam kerajinan tangan. Contoh kerajinan sisik ikan antara lain aksesoris seperti anting, bros, dan kalung.
8. Kerajinan dari pecahan tembikar
Pecahan gerabah dapat digunakan untuk hiasan seperti kerajinan tangan dan hiasan mozaik. Umumnya, mozaik tembikar retak ditempatkan untuk membuat gambar bermotif abstrak atau latar belakang lukisan, atau untuk menutupi dinding dan lantai agar unik.

BACA JUGA:  tegese njanur gunung

Secara umum, ada dua jenis limbah untuk pembuatan produk ini: limbah organik dan limbah anorganik.

Pengertian sampah organik adalah segala jenis sampah yang mudah terurai atau yang terurai dengan mudah dan cepat. Contohnya seperti:

  • tanaman
  • sayur-mayur
  • kotoran hewan
  • tanah malam

Sedangkan sampah anorganik merupakan jenis sampah padat yang sangat sulit terurai, bahkan tidak mungkin terurai. Berikut adalah contoh jenis sampah anorganik.

  • kaca
  • bisa
  • plastik sampah
  • botol kaca
  • bisa
  • plastik
  • besi

Mengetahui dua jenis limbah di atas, Anda bisa mengubahnya menjadi bahan kerajinan. Selain itu, ada dua jenis sampah yang bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Definisi limbah datar

Keahlian adalah setiap kegiatan yang berkaitan dengan kerajinan tangan atau barang yang dihasilkan oleh keterampilan tangan (craftsmanship).

Pengertian sampah berbentuk pipih adalah sampah berbentuk dua dimensi, yaitu sampah dengan sisi panjang dan lebar sehingga tidak ada ruang.

Sampah berbentuk pipih dapat berbentuk planar beraturan seperti lingkaran, persegi panjang, segitiga, dan bentuk tidak beraturan. Contoh serasah datar:

  • kain perca
  • kertas
  • kardus
  • daun
  • plastik
  • Fitur kerajinan tangan

Setiap kita membuat produk handmade pasti ada fungsinya. Dua fitur produk buatan tangan adalah:

Fungsi kerajinan tangan sebagai hiasan. Artefak sebagai ornamen meliputi segala bentuk artefak yang dibuat atau dibuat dengan tujuan untuk dipamerkan atau digunakan sebagai unsur dekoratif atau estetika.
Fungsi keahlian sebagai barang sekali pakai. Kerajinan sekali pakai meliputi bentuk-bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat wadah atau dipakai sebagai aksesoris pakaian seperti barang sekali pakai. Produk buatan tangan ini diciptakan atau diproduksi dengan mengutamakan aspek fungsi, sedangkan unsur keindahan dan estetika hanyalah alat peraga.

BACA JUGA:  Mahasiswa Teknologi Pertanian Berperan Aktif dalam Pengabdian Masyarakat

Teknik pembuatan kerajinan dari kayu bekas

Sebelum bisa membuat kerajinan tangan berbentuk pipih dari bahan improvisasi, sebaiknya kenali dulu tekniknya. Di bawah ini adalah teknik membuat kerajinan tangan dari bahan bekas.

1. Teknologi cetakan

Teknik berguling (pirin) adalah metode latihan dengan tangan terarah. Teknik ini bisa digunakan untuk membuat kerajinan dari kertas bekas dan sampah plastik.
Teknik fusi adalah teknik yang digunakan pengrajin ketika ingin mendaur ulang kaleng, kaca, besi, dll (sampah anorganik) menjadi bentuk baru.
Teknologi percetakan, atau metode pelatihannya, biasanya melibatkan penggunaan mesin/alat. Sampah anorganik (kaleng, kaca, besi, dll) biasanya dicairkan, dicairkan, kemudian dibentuk dan dibentuk kembali.

2. Menenun

Dengan teknik menenun ini, kerajinan tangan dapat dibuat dari sampah organik dan anorganik dengan sifat tertentu seperti (lembut, kenyal). Misalnya: keranjang, tikar, topi, taplak meja, tas, hiasan dinding, dll.

3. Teknik sobek

Teknik sobek ini bisa digunakan untuk membuat kertas bekas dan kerajinan kain perca. Teknik pembuatan kerajinan tangan dari kertas bekas dilakukan dengan menggiling kertas menjadi potongan-potongan kecil. Nantinya, potongan-potongan kertas ini bisa kamu tempelkan ke pesawat untuk membuat kerajinan tangan yang menarik.

4. Teknik lipat

Teknik ini bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan dari kertas bekas. Contoh: Origami, Kumihimo (kertas dilipat sebelum kain), dan kerajinan lainnya.
Seni membuat kerajinan kertas dilakukan dengan cara melipat selembar kertas hingga membentuk suatu objek yang menarik dan indah.

5. Teknik bubur

Teknik ini dapat digunakan pada kerajinan yang mengubah kertas bekas, atau kertas bekas, menjadi pulp (bahan baku kerajinan).

6. Teknik adonan

Teknik pasta ini biasanya digunakan dalam produksi artefak yang terbuat dari sampah organik atau anorganik dan direkatkan menggunakan lem atau perekat lainnya.

BACA JUGA:  Persiapan Dokumen Magang yang Penting untuk Mahasiswa, Ini Ulasannya

7. Teknik menjahit

Merupakan teknik penyambungan potongan-potongan kain yang telah dipotong atau dipotong ulang sesuai dengan pola kertas. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan atau dengan mesin jahit otomatis.

8. Teknik pemotongan

Teknik pemotongan ini dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan dari sampah organik dan anorganik.***

`